Beda Mobil Penggerak tipe 2WD, 4WD, RWD, FWD, dan AWD,pecinta otomotif harus tahu..

OTOSPEEDMAGZ.COM – Kalau kawan-kawan membeli suatu kendaraan khusunya mobil ,maka ada beberapa kawan-kawan yang tidak hanya mencari desain atau pun kapasitas dari mesin mobil tersebut.Hal yang pastinya ingin diketahui yakni system penggerak dari suatu mobil tersebut,dikarenakan system penggerak suatu kendaraan juga akan berpengaruh pada tenaga dan kekuatan suatu kendaraan dalam melewati medan karena sebagi penerus tenaga ke mesin roda kendaraan.

 2WD, 4WD, RWD, FWD, dan AWD


Nah…kali ini kita akan berbgai informasi mengenai apa si itu beda dari sitem penggerak mobil dengan tipe 2WD, 4WD, RWD,FWD, ataupun AWD.Kode tersebut pasti sudah tidak asing bagi para pecinta otomotif bahkan yang gemar mereparasi mobil pastilah akan sangat tahu bedanya dari tipe-tipe dari penggerak diatas.Mari simak beberapa pembahasan tentang perbedaan mobil berpenggerak 2WD, 4WD, RWD, FWD, ataupun AWD berikut ulasanya.

1. Mobil berpenggerak 2WD (Two Wheel Drive)

Untuk mobil 2WD pada system penggeraknya yakni hanya menggunakan atau lebih tepatnya hanya bertumpu pada 2 ( dua ) roda saja.Sistem 2WD mempunyai 2 jenis atau 2 pembagian yakni tipe penggerak RWD dan FWD ( dibahas di point berikutnya ) .

2. Mobil berpenggerak 4WD (Four Wheel Drive)

Kalo 2WD menggunakan 2 roda sebagau tumpuan,tapi kalo untuk 4WD telah menggunakan 4 roda  sebagai tumpuan di system penggeraknya.Tenaga yang dihasilkan mesin mobil akan disalurkan ke 4 roda kendaraan.4WD mempunyai bagian lagi yakni penggerak tipe AWD ( dibahas di point berikutnya ).

3. Mobil berpenggerak FWD (Front Wheel Drive)

FWD dengan kata front maka jelas bahwa system penggerak FWD menggunakan dua roda depan kendaraan sebagai penggerak.Sistem penggerak FWD merupakan badian dari penggerak 2WD.Kendaraan dengan mobil FWD biasanya paling cocok untuk jalan yang datar atau daerah perkotaan. Contoh kendaraan yang memakai FWD (Front Wheel Drive) yakni Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, dan dari pabrikan  Suzuki yakni Ertiga merupakan  kubu LMPV dengan mesin depan atau berpenggerak roda depan .

4. Mobil berpenggerak RWD (Rear Wheel Drive)

Kalau untuk RWD juga merupakan bagian dari system 2WD ,dimana system penggerak RWD menggunakan dua roda belakang sebagai tumpuan penggeraknya.Beda dengan tipe FWD yang cocok untuk perkotaan yang mempunyai medan datar,untuk penggerak tipe RWD ini malah cocok dengan medan yang banyak tanjakan seperti jalur ke kawasan Dieng atau bertipe pegunungan.

Dengan menggunkan tipe RWD maka permasalahan roda slip akan berkurang jika mobil melewati medan tanjakan dengan kapasitas penumpang yang banyak.Salah satu kendaraan yang sangat diminati oleh para konsumen Indonesia dengan tipe RWD yakni Toyota Avanza,mobil ini sangat cocok untuk medan jalanan Negara Indonesia yang mempunyai banyak macam / tipe medan. Untuk  mobil lainya di Indonesia  yang bertipe RWD dari Daihatsu ada Xenia, sedangkan mobil keluaran baru yakni  Wuling Confero ,ketiga contoh mobil ini ( Avanza,Xenia,Wuling Confero ) adalah kelompok mobil Low MPV (LMPV) bermesin depan dengan penggerak roda belakang.

5. . Mobil berpenggerak AWD (All Wheel Drive)

Sistem AWD ini merupakan bagian dari kendaraan yang bertipe 4WD.AWD merupakan system penggerak dengan bertumpu pada ke-4 (empat) roda kendaraan.Ke-4 (empat ) roda ini akan selalu bergerak saat mobil berjalan,serta untuk tipe AWD tidak akan bisa diubah menjadi 2WD.

Bagaimana kawan-kawan ..sudah tahu kan sekarang bedanya mobil penggerak 2WD, 4WD, RWD, FWD, dan AWD.Jadi sekarang kawan-kawan saat melihat spesifikasi kendaraan yang mau dibeli bisa mencari mana tipe penggerak yang cocok dengan medan yang sering di lewati sehari-harinya.Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi bagi kawan-kawan yang mau membeli kendaraan roda 4 (empat)

Belum ada Komentar untuk "Beda Mobil Penggerak tipe 2WD, 4WD, RWD, FWD, dan AWD,pecinta otomotif harus tahu.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel