Beli Vios Harus Tahu Ini..!! Perbedaan Vios Asli dan Vios Palsu Alias Limo Ex-Taxi

OTOSPEEDMAGZ.COM-Perbedaan Vios dan Limo-Setelah kemarin kita membahas besaran pajak Toyota Vios dan Limo,kali ini kita akan berbagi membahas perbedaan dari mobil yang banyak digunakan sebagai armada Taxi ini.Mungkin sobat semua sudah banyak mendengar atau membaca mengenai mobil sedan dati Toyota ini di beberapa artikel lainya,jika mobil Ex-Taxi ini banyak diperjual belikan kembali setelah tidak digunakan sebagai armada Taxi.

Salah satu perusahaan yang menjual unit Taxi yang sudah tidak beroperasional sebagai armadanya lagi yakni Blue Bird.Toyota Limo sebagai salah satu mobil sedan terbaik ini terlihat sebagai unit mobil pilihan oleh perusahaan ini.Lebih menarik lagi,beberapa penawaran juga telah diberikan oleh pihak Blue Bird saat menjual Toyota Limo ini,baik dari pengecetaan ulang,pencabutan berkas,hingga penawaran harga Toyota Limo yang terjangkau dan menarik.

Toyota Limo sendiri memang jika dilihat secara sekilas akan terlihat mirip dengan Toyota Vios yang bukan digunakan sebagai Taxi.Banyak orang disana yang belum paham akan otomotif akan kesulitan untuk mengetahui perbedaan Vios Asli dengan Vios Taxi atau Vios Limo Palsu.

Perbedaan Vios Asli dan Vios Palsu  Alias Limo Ex-Taxi


Perbedaan Vios Asli dan Vios Palsu  Alias Limo Ex-Taxi


Dibutuhkan kejelian dan ketelitian saat sobat akan membedakan kedua mobil ini,karena sekilas kedua unit ini begitu mirip dan bahkan nyaris sama tanpa perbedaan.Bahkan banyak konsumen yang tertipu jika Toyota Vios yang dibelinya beranggapan sebagai Vios Asli,namun sebenarnya bukan.

Jika sobat berminat dengan mobil sedan yang sudah teruji tangguh dengan performanya,namun menginginkan budget dana terjangkau bisa memilih Toyota Vios Generasi Pertamanya.Karena memang untuk harga mobil Vios generasi pertama untuk saat ini lebih murah atau terjangkau dibandingkan dengan generasi selanjutnya.

Spesifikasi,Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Limo

Sebelum kita melangkah ke pokok bahasan dari perbedaan Vios asli dan palsu,perlu sobat ketahui  informasi dari spesifiksai ,kelebihan dan kekurangan Toyota Vios ini.Dan untuk spesifikasi secara umum,sobat bisa melihat data dibawah ini tentang spesifikasi Toyota Vios Gen1 ini.

Berikut Spesifikasi Toyota Vios Generasi Pertama :

  • Tipe Mesin : 1NZ-FE
  • Kapasitas Mesin : 1.497 cc
  • Daya Maksimal : 107 Hp / 6.000 rpm
  • Torisi Maksimal : 141 Nm / 4.200 rpm
  • Tipe Suspensi Depan : MacPherson strut independen
  • Tipe Suspensi Belakang : Poros kaku plus ETA beam dengan stabilizer
  • Jenis Bahan Bakar : Bensin
  • Kompetitor : Hyundai Accent, Honda City,dan Hyundai Avega

Selain sobat perlu mengetahui akan spesifikasi Vios Gen-1 ini,kita lanjut ke beberapa point kelebihan dan kekurangan Vios di generasi ini.Dengan mengetahui plus dan minus yang dibawa mobil ini,setidaknya akan menjadi pertimbangan jika sobat akan membeli Toyota Vios bekas ini.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen1

Kelebihan Toyota Vios Gen-1 : 

  • Banderol harga yang cukup terjangkau
  • Performa mesin yang cukup responsive
  • Desain bodi yang masih modern dan muda ( belum ketinggalan jaman )
  • Biaya perawatan yang relative terjangkau
  • Konsumsi bahan bakar yang begitu efisien
  • Spare part akan mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau
  • Mudah jika akan dimodifikasi
  • Jaringan Dealer yang banyak

Kekurangan Toyota Vios Gen-1 :

  • Tingkat kenyamanan suspense yang masih kurang nyaman
  • Kurangnya fitur keselamatan
  • Desain dashboard ditengah,sehingga akan menyulitkan saat akan melihat informasi mobil bagi pengemudi
  • Kurang fitur dibagian dashboard 


Perbedaan Interior Eksterior  Toyota Vios dan Toyota Limo ( Ex-Taxi )

Jika sobat ingin membeli unit sedan bekas ini,ada beberapa ciri yang bisa sobat lihat dan teliti saat membelinya.Berikut beberapa poin yang bisa sobat cek jika ingin tidak tertipu saat membeli mobil Vios asli,bukan mendapatkan Vios bekas Taxi.

Sisi Interior Vios

Bagian Dasboard : untuk Vios Asli mempunyai dua varian warna yakni hitam dan silver ( pada head unitnya ),sedangkan untuk Vios Limo mempunyai 1 warna saja yakni full black.

Bagian Setir : untuk Vios asli sobat akan menemukan control audio pada bagian setir kemudinya,sedangkan untuk Limo sobat hanya akan disuguhkan dengna desain setir polos  tanpa ada satunpun tombol control.

Bagian Speedometer : Vios Asli mempunyai desain yang cukup berwarna dan menarik,sedangkan untuk Limo masih berdesain speedometer polos tanpa ada variasi apapun.

Bagian Air Bag & ABS : untuk Vios asli sudah disematkan fitur keselamatan yakni adanya air bag dan rem ABS,sedangkan untuk Limo belum dilengkapi dengan fitur ini.

Sisi Eksterior Vios

Bagian lampu sen : untuk lampu indikator arah atau lampu sen pada Vios asli sudah menempel dengan atau menyatu dengan komponen spion,sedangkan untuk Limo hanya menempel pada bodi samping saja.

Bagian Fog Lamp : Vios asli sudah dibekali dengan lampu kabut atau foglamp,sedangkan untuk Vios palsu alias Limo belum terdapat foglamp.

Bagian Bodi Belakang : Untuk Vios asli ini sudah dilengkapi dengan fitur sensor parkir,sedangkan untuk Limo belum ada fitur ini.

Bagian Emblem Vios : Untuk Toyota Vios asli sobat akan melihat emblem bertuliskan Vios G dan juga 1.5 ),sedangkan untuk Limo atau Vios palsu hanya terdapat emblem nama “Limo” saja.

Bagian Spion : Untuk urusan kemudahan tentunya spion Vios asli sudah menggunakan fitur electric mirror yang mudah dioperasikan,sedangkan untuk spion Limo sobat harus melipat spion dengan cara manual.

Memang untuk membedakan Vios dan Limo bukan perkara mudah bagi mereka yang masih kurang paham akan otomotif.Terlebih jika Limo bekas taxi ini sudah diupgrade oleh penjualnya ke Limo yang semua fitur dan desain sama dengan Vios aslinya.

Namun untuk Vios yang mengalami upgrade masih ada celah yang masih bisa sobat lihat yakni pada bagian Rem Belakang.Karena untuk mengubah bagian atau komponen Vios ini akan memakan cukup banyak biaya.Pada Rem bagian belakang Vios asli  sudah menggunakan tipe Rem Cakram,sedangakn untuk Limo masih menggunakan rem tromol.

Sederhana dan cepatnya..,jika kesulitan akan pengecekan beberapa poin yang sudah kita bahas,sobat bisa secara sederhana melakukan pengecekan yakni pada rem belakangnya.Jika rem belakang tipe cakram itu berarti Vios asli,sedangkan tipe rem belakang tromol berarti itu Limo / Vios palsu.

Berapa Harga Bekas Toyota Vios Gen-1

Jika kita melihat beberapa situs jual beli mobil bekas seperti mobil123.com,OLX.com,cintamobil.com,dll maka kisaran harga bekas mobil sedan ini cukup beragam.Untuk Vios keluaran tahun 2003 dibanderol dengan harga dikisaran Rp.70 juta hingga Rp.90  jutaan.

Sedangkan untuk harga bekas Toyota Limo ( Bekas Taxi ) dikisaran Rp.40 juta hingga 65 jutaan saja,tentunya harga ini tergantung dan menyesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Sekian beberapa uraian informasi tentang perbedaan Vios dan Limo ( Ex-taxi ) ini,semoga bermnfaat dan sobat semua bisa lebih berhati-hati saat memilih dan membeli sedan ini dipasar mobil.Terima Kasih dan masukanya dikolom kometar ya..

Belum ada Komentar untuk "Beli Vios Harus Tahu Ini..!! Perbedaan Vios Asli dan Vios Palsu Alias Limo Ex-Taxi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel