Daftar Pajak Mobil Timor Semua Tahun & Tipe,MobNas Tetap Eksis Dijalanan

OTOSPEEDMAGZ.COM-Pajak Mobil Timor Indonesia-Sekarang sudah banyak sekali varian mobil sedan yang mempunyai desain dan spesifikasi mesin yang baik dan terjamin.Namun ada satu mobil yang begitu melegenda dan tenar yang pernah dinobatkan sebagai MobNas dengan model sedan juga.Desain mobil Timor ini meskipun sudah mempunyai umur banyak namun tidak kalah dengan model mobil-mobil keluaran saat ini.

Apalagi jika sobat mau menyisihkan sedikit dana untuk memodifikasi Timor ini,tampilan Timor akan semakin menarik dan kekinian.Belum lagi dengan harga mobil bekas Timor yang sudah cukup murah ,bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga motor sport baru.Dengan menyiapkan budget berkisar Rp.25 juta hingga 40 juta saja,sobat sudah bisa memboyong sedan bekas ini.

Selain harga yang sudah begitu terjangkau atau bisa dibilang mobil sedan murah serta tampilan yang cukup menarik dan mudah dimodifikasi ada satu kelebihan lagi yakni pajak.Pasalnya untuk besaran pajak mobil Timor ini begitu murah dan hampir sama dengan pajak motor sport 150cc / 250cc dengan kondisi baru.Oleh karenanya beberapa kelebihan diatas bisa menjadi pertimbangan buat sobat yang memang berencana membeli mobil bekas dengan harga 20 jutaan saja.

pajak mobil timor lengkap

Sumber foto : id.wikimedia.org

Namun sebelum kita beranjak ke bagian biaya pajak tahunan serta perkiraan harga  bekas mobil sedan ini,kita ulas dahulu tentang sejarah akan keberadaan Mobil Nasional ini.

( Sekilas ) Sejarah Mobil Nasional Timor Indonesia

Mobil Nasional Indonesia ini resmi masuk ke tanah air setelah adanya penandatanganan antara perusahaan mobil Malaysia, Proton, serta perusahaan otomotif  milik Indonesia yakni PT Adi perkasa Citra Lestari (ACL).Penandatangan ini dilakukan pada hari Jumat di kota Shah Alam, Malaysia.

Sebenarnya pihak Indonesia sendiri sudah sempat membangun tempat industry untuk kendaraan MobNas ini dengan merk Timor,sebelum adanya kerjama perjanjian antara Proton Malaysia dengan PT ACL Indonesia ini.

Awal kemunculannya yakni berdasarkan Inpres Nomor 2 Tahun 1996 yang dikeluarkan dan diinstruksikan kepada beberapa instansi pejabat diantaranya Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Menteri Keuangan, dan juga Menteri Negara Penggerak Dana Investasi atau Ketua Badan Koordinasi Penanaman modal,agar impian untuk mempunyai Industri MobNas ini segera terwujud.

Sebagai pioner dalam rencana proyek besar ini maka Pemerintahan Pusat menunjuk kepada salah satu perusahaan besar yakni PT. Timor Putra Nasional (PT. TPN).Perusahaan ini juga dipegang oleh salah satu putera dari mantan Presiden RI ke dua Bapak Soeharto yang bernama  Hutomo Mandala Putra yang terkenal dengan nama panggilan Tommy Soeharto.

Baca Juga : Daftar Biaya Pajak KIA Sportage Lengkap 2020

Pada tahun 1996 tepatnya tanggal 8 Juli di Kota Jakarta,mobil Timor ini resmi diluncurkan.Dalam kesempatan ini,beliau Bapak Tommy menggandeng atau berkerjasama dengan pihak Kia Motors.Tentunya sudah tahu kan jika Kia merupakan salah satu produsen mobil besar yang berasal dari Korea Selatan.

Dengan adanya kerjasama ini maka PT TPN berencana membuat mobil dengan model Kia Sephia dengan versi Indonesia.Pada awalnya mobil-mobil ini diproduksi sepenuhnya oleh Korea Selatan atau bisa disebut mobil CBU (completely build up) yang diimport secara utuh ke Indonesia.Hal ini dikarenakan untuk beberapa fasilitas penunjang dalam perakitan mobil Timor belum sepenuhnya siap ( sumber : Asian Storm: The Economic Crisis Examined ).

Salah satu metode untuk mendongkrak akan penjualam mobil Timor ini,maka mobil sedan Kia Sephia ini mendapatkan hak istimewa yakni pembebasan pajak barang mewah.Oleh karenanya banderol harga mobil Timor ini menjadi terjangkau alias murah dibandingkan dengan harga mobil lainya.

Maka tidak heran jika harga yang ditawarkan mobil Timor ini lebih murah setengah harga dari mobil merk kompetitornya.Pada saat itu harga mobil Timor dibanderol Rp.35 juta yang setengah dari harga mobil sedan lainya.

Namun disayangkan terjadi beberapa kontra dari beberapa negera besar seperti Jepang, Amerika Serikat, dan negara Eropa mengenai hal istimewa mobil Timor ini.Masalah ini juga sudah masuk ke tingkat Organisasi yang tinggi yakni WTO (World Trade Organization) yang kemudian memutuskan agar Indonesia harus mencabut tentang penghapusan bea masuk dan pajak barang mewah MobNas.

Kemudian pada tahun 1997 produksi Timor ini dihentikan dikarenakan berhentinya Presiden Soeharto dan juga dampak dari krisis moneter.

Itulah mengenai sejarah akan hadirnya mobil Timor di Indonesia ini.Maka tidak heran jika banderol bekas mobil ini begitu murah namun mempunyai spesifikasi dan desain yang cukup menarik.

Daftar Perkiraan Biaya Pajak Tahunan Mobil TIMOR Indonesia

Dan berikut daftar beban biaya tahunan mobil Timor di Indonesia :

  • Timor SOHC 1.5 1996 Biaya Pajak Rp.530,100
  • Timor SOHC 1.5 1997 Biaya Pajak Rp.563,200
  • Timor SOHC 1.5 1998 Biaya Pajak Rp.593,100
  • Timor SOHC 1.5 2000 Biaya Pajak Rp.683,200
  • Timor DOHC S515i 1.5 1997 Biaya Pajak Rp.538,250
  • Timor DOHC S515i 1.5 1999 Biaya Pajak Rp.638,250
  • Timor DOHC S515i 1.5 2001 Biaya Pajak Rp.713,300
  • Timor DOHC S515i 1.5 2003 Biaya Pajak Rp.749,200

Catatan : Daftar pajak mobil Timor diatas masih bisa berubah-ubah menyesuikan dengan bertambahnya umur kendaraan setiap tahunya.

Spesifikasi dan Harga mobil Timor bekas

Bagaimana sobat,selain harga murah mobil ini juga mempunyai biaya tahunan yang cukup terjangkau juga kan.Untuk beberapa model varian mobil Timor yang sobat bisa ketahui diantaranya :

  • Timor S515 berkapasitas mesin 1498cc tipe SOHC Karburator
  • Timor S515i berkapasitas mesin 1498cc tipe DOHC Injeksi
  • Timor SW516i berkapasitas mesin 1600cc tipe DOHC Injeksi
  • Timor R Coupe
  • Timor Sport Edition berkapasitas mesin 1600cc Prodrive License
  • Timor SOHC Injection
  • Timor SL516i Limousine dengan 4 pintu & 6 pintu
  • Timor S513/s2 tipe City Car

Sedangkan untuk Spesifikasi secara umum mobil Timor ini sebagai berikut :

  • Mesin/Enjin: 1.5 L B5-ME I4 (BBM : bensin); 1.6 L I4 (BBM : bensin); 1.8 L BP I4 ( BBM : bensin)
  • Masa produksi mobil : Tahun 1995-2000
  • Panjang bodi : 4360 mm (171,7 in)
  • Lebar bodi : 1695 mm (66,7 in)
  • Jarak sumbu roda kendaraan : 2500 mm (98,4 in)
  • Tipe Transmisi: 4-speed F4A-EL tipe otomatis dan Transmisi 5-speed tipe manual
  • Tinggi bodi : 1390 mm (54,7 in)

Sedangkan untuk harga bekas mobil Timor yang banyak beredar di Indonesia berkisar :

  • Timor SOHC 1996 Berkisar Rp 25 juta – 29 juta
  • Timor DOHC 1997 Berkisar Rp 27 juta – 30 juta
  • Timor DOHC 1998 Berkisar Rp 30 juta – 32 juta
  • Timor DOHC 1999 Berkisar Rp 30 juta – 33 juta
  • Timor DOHC 2000 Berkisar Rp 33 juta – 36 juta
  • Timor DOHC 2001 Berkisar Rp.34 juta – 37 juta
  • Timor DOHC 2002 Berkisar Rp.36 juta - 40 juta

Catatan : Harga bisa berubah dan berbeda setiap daerah,serta tergantung dari kondisi kendaraan.

Baca Juga : SUV Keren KIA Meluncur,Simak Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos 2020

Sekian beberapa informasi mengenai spesifikasi,harga hingga pajak tahunan Mobil Nasional Indonesia ini ,semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan bagi sobat yang mengiginkan mobil bekas bekas sedan Timor harga murah ini.Terima kasih.

Sumber Referensi : otodetik.com & id.wikipedia.org (Sejarah & Spesifikasi Timor),OLX.com/mobilbekas (Harga bekas timor)

Belum ada Komentar untuk "Daftar Pajak Mobil Timor Semua Tahun & Tipe,MobNas Tetap Eksis Dijalanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel