Komparasi SUV Terbaru : Suzuki XL7 VS Mitsubishi Xpander Cross

OTOSPEEDMAGZ.COM-Komparasi XL7 VS Xpander Cross-Dengan kehadiran SUV terbaru Suzuki XL7 semakin membuat persaingan akan mobil segmen LSUV atau Low Sport Utility Vehicle semakin ketat.Pasalnya,sebelum pihak Suzuki menghadirkan SUV terbarunya Mitsubishi sudah gencar dahulu dalam meluncurkan model ini yakni SUV Mitsubishi Xpander Cross.Mitsubishi meluncrukan model ini karena melihat dari kesuksesan MPV Xpander yang begitu sangat diminati konsumen mobil Indonesia.( Sumber foto : suzuki.co.id & mitsubishi.motors.co.id )



Pilihan SUV Terbaik : Komparasi Suzuki XL7 VS Mitsubishi Xpander Cross


SUV milik Mitsubishi ini memang dibangun dari basis MPV / Multi Purpose Vehicle terlaris mereka yakni Xpander.Dengan memberikan beberapa ubahan dan penambahan aksesories pada MPV Xpander,maka terciptalah SUV gagah dan modern dari Mitsubishi.Perubahan yang diberikan pada MPV Xpander seperti bertambahnya tinggi ground clearance yang akan mampu melewati medan berat atau OffRoad sekalipun.

Teryata pihak Suzuki tidak tinggal diam,dengan pelan-pelan dan melihat pasar SUV ditanah air,akhirnya Suzuki menawarkan mobil SUV yang tidak kalah gagah dan fururistik yakni Suzuki XL7.Peluncuran SUV XL7 juga dibarengi dengan harga yang relatife lebih murah ketimbang rivalnya,strategi ini tentunya untuk mencuri minat dan perhatian dari consumen mobil Indonesia.
Oleh karenanya,mari kita ulas perbandingan dari kedua SUV mantap dan keren ini.Mana pilihan SUV sobat semua..?,berikut ulasanya perbandingan spesifikasi XL7 VS Expander Cross.

Ukuran Bodi / Dimensi

Ukuran dimensi untuk model SUV memang mempunyai pengaruh tersendiri bagi yang melihat dari sisi eksteriornya.Dengan semakin besar dan gagah bodi mobil SUV mereka,maka akan semakin mantap pula saat mata melihat bodi mobilnya.

Suzuki XL7 : mempunyai ukuran bodi dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, serta tinggi 1.719 mm.Sedangkan untuk ukuran wheelbase 2.740 mm dan diberikan ground clearance yang mencapai 200 mm.

Xpander Cross : berbasis mengambil dari Xpander,SUV ini mempunyai ukuran bodi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, serta untuk tingginya 1.700 mm.Mitsubishi memberikan ukuran Panjang wheelbase 2.775 mm dan untuk ground clearancenya sendiri mencapai 225 mm.

Hasil Komparasi: 

  • Jika melihat ukuran dimensi keduanya,maka terlihat jika Xpander Cross mempunyai Panjang dan ukuran wheelbase yang lebih panjang yakni 35 mm,serta Xpander Cross juga mempunyai ground clearance yang lebih mantap yakni lebih tinggi 25 mm dibandingkan XL7.
  • Sedangkan XL7 mempunyai ukuran lebar dan tinggi bodi yang lebih unggul yakni 25mm dan 19 mm.


Spesifikasi Mesin / Dapur Pacu

Mesin yang digunakan pada mobil model SUV tentunya akan menjadi  bahan pertimbangan yang utama.Pasalnya dengan spesifikasi mesin yang mumpuni,maka laju kendaraan saat melalui medan berat akan begitu tersokong.Lalu bagaimana perbandingan kedua mesin SUV Suzuki dan Mitsubishi ini.

Suzuki XL7 : mesinya dipersenjatai dengan kapasitas mesin 1.462 cc berteknologi VVT DOHC dengan 16 katup.Mesin XL7 mampu memuntahkan tenaga hingga 103 ps pada putaran 6.000 rpm,dan untuk besar torsinya 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Xpander Cross : Sesuai dengan basis dapur pacu yang dibawanya yakni MPV Xpander,sector mesinnya mempunyai kapasitas yang lebih unggul ketimbang XL7 yakni 1.499 cc.Dimana untuk dapur pacunya didukung dengan mesin 4 silinder yang sudah berteknologi MIVEC.Dengan adanya teknologi MIVEC Mitsubishi juga akan banyak menghemat konsumsi bahan bakar SUV ini.Untuk keluaran tenaganya mampu menghasilkan 104 PS dan dengan tosri puncaknya 141 Nm.

Hasil Komparasi:

  • Mitsubishi Xpander mempunyai tenaga dan torsi yang lebih baik dibandingkan XL7,hal ini terlihat dari kapasitas mesin yang dibawanya .


Fitur Kendaraan

Penggunaan fitur yang terkini dan terbarukan,tentunya akan semakin mendukung kenyaman hingga keselamatan pengendara dan penumpang.Oleh karenanya,sector fitur juga menjadi hal penting saat memilih mobil SUV,mengingat model ini sangat banyak digunakan untuk Adventur yang melewati banyak medan.

Suzuki XL7 : Fiturnya tidak kalah dengan Xpander seperti segi keselamatan,keamanan,hingga kenyamanan.( fitur terdapat : ABS, EBD, HSC , kamera mundur,sensor parkir ,dll pada tipe tertingginya )

Xpander Cross : Fitur yang dibawa kendaraan ini juga tidak kalah hebat dengan rivalnya XL7,namun untuk system hiburan Head Unit nya mempunyai ukuran yang lebih  besar yakni 7 inci.Untuk fungsi Head Unitnya juga hampir sama dengan XL7 seperti fungsi Bluetooth, AUX, dan Radio.

Hasil Komparasi :

  • Untuk XL7 masih tidak tersedianya fitur Engine Start/Stop Button, Keyless Entry, Central Console Armrest.sedangkan untuk Xpander Cross sudah tersedia fitur-fitur tersebut.


Kelebihan dan Kekurangan 

Suzuki Xpander Cross : 

  • Tampilan di ubah semakin gagah
  • Perubahan suspense yang semakin tinggi
  • Fiturnya terlengkap
  • Harga mahal dibandingkan rivalnya
  • Hanya mempunyai 2 airbag

Suzuki XL7 :

  • Kelegaan dan kepraktisan seperti Ertiga
  • Tampilan yang sporty dan gagah
  • Mesin efisien
  • Performa mesin kurang mendukung model SUV
  • Perubahan dari basis Ertiga kurang menyeluruh


Banderol Harga 

Setelah membandingkan beberapa kelebihan akan kedua SUV baik dari segi mesin hingga fitur canggihnya,tidak kalah penting kita juga membandingkan harga yang dibanderolnya.

Harga OTR Suzuki XL7 / Harga OTR ( Situs resmi : www.oto.com ) 

  • XL7 Zeta MT banderol harga Rp.230 Jutaan
  • XL7 Zeta AT banderol harga Rp.240,5 jutaan
  • XL7 Beta MT banderol harga Rp.246,5 jutaan

Harga Xpander Cross  / Harga OTR ( Situs Resmi : www.mitsubishi-motors.co.id )

  • Premium Package A/T banderol harga Rp 289.700.000
  • Xpander Cross A/T banderol harga Rp 280.700.000
  • Xpander Cross M/T banderol harga Rp 270.700.000

Catatan : Harga XL7 dan Xpander Cross diatas update bulan April 2020 dan harga bisa berbeda disetiap daerah.

Jika melihat harga kedua SUV ini,maka XL7 mempunyai rentang harga mulai Rp.230 juta – Rp.246 jutaan ( tipe terendah-tertinggi ).Sedangkan harga untuk Xpander menawarkan harga lebih mahal dari tipe terendah ke tertingginya yakni Rp.270 juta – Rp.289 jutaan.

Secara harga memang Suzuki XL7 mempunyai banderol yang lebih hemat dan murah terpaut hingga Rp.40 jutaan.Namun tentunya dengan harga yang lebih mahal Mitsubishi memiliki spesifikasi yang lebih disbanding dengan XL7.

Begitu juga dengan XL7,meskipun harganya lebih murah tentunya kualitas dan spesifikasinya pun juga tidak kalah hebat.Harga murah inilah yang akan menjadikan kelebihan tersendiri dan akan semakin menarik minat konsumen tanpa mengurangi kualitas akan spesifikasi yang dibawanya.

Semoga ulasan mengenai Perbandingan Suzuki XL7 VS Mitsubishi Xpander Cross diatas bisa bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan.Terima kasih.

Sumber Referensi :Oto.com,Mitsubishi.motor.co.id,Suzuki.co.id

Belum ada Komentar untuk "Komparasi SUV Terbaru : Suzuki XL7 VS Mitsubishi Xpander Cross"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel