Tips Berkendara Sehat dan Aman Untuk Pengemudi Bus dan Truk Saat Pandemi Covid-19 & Puasa Ramadhan 2020

OTOSPEEDMAGZ.COM-Tips Berkendara Saat Pandemi & Ramadhan-Meskipun adanya larangan mudik bagi mereka yang berada di luar kota karena dampak Covid-19,namun ada beberapa sobat kita yang tentunya harus tetap mengemudikan kendaraanya terutama untuk bus dan truk.Mereka harus berjuang untuk mengantarkan beberapa kebutuhan logistik untuk sampai ke wilayah tertentu dengan aman dan selamat hingga tujuan.( Sumber foto : id.wikimedia.org )

Tips Sehat dan Aman Pengemudi Bus dan Truk Di Situasi Darurat Pandemi COVID-19

Tips Sehat dan Aman Pengemudi Bus dan Truk Di Situasi Darurat Pandemi COVID-19 & Puasa Ramadhan 2020

Selain kondisi kendaraan yang harus dalam performa terbaik,kondisi kesehatan dan kebugaran pengemudi juga sangat penting untuk harus selalu diperhatikan dan dijaga.Belum lagi dipandemi Covid19 ini kita juga masih menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Dengan kondisi tubuh yang kurang fit atau prima maka pengemudi justru akan sengan rentang mengalami kelelahan dan akan mudah tertular penyakit khususnya Corona.Tidak hanya itu saja,pengemudi juga akan bisa mengalami microsleep atau keadaan tubuh yang tiba-tiba tertidur dalam waktu berkisar 1 – 2 menitan,hal ini sungguh berbahaya jika dalam perjalanan yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Kali ini kita akan berbagi informasi tentang bagaimana agar sobat kita yang menjadi pengemudi truk dan bus bisa selalu terjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya di bulan Ramadhan ini.

1.Sebelum perjalanan tidur yang cukup

Usahakan bagi sobat yang mengendarai truk dan bus yang selalu dikejar oleh target waktu harus selalu utamakan istirahat / tidur selama 7 hingga 8 jam sebelum berangkat.Memang terkadang pekerjaan menjadi sopir truk dan bus selalu harus mengurangi jam istirahat demi target waktu kerja yang sudah ditentukan.

Dengan tidur / istirahat sebelum kerja,tentunya akan membuat tubuh semakin prima saat akan melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermuatan berat.

2.Jika berpuasa maka sebelum sahur perbanyak air mineral dan mengurangi minuman mengandung kafein

Memang jika kita meminum air mengandung banyak kafein akan membuat tubuh prima namun hanya sesaat saja.Hal ini dikarenakan organ jantung yang dipicu untuk bekerja lebih kencang dan peredaran darah juga lancar.

Namun ketikan zat kafein ini habis,maka akan berakibat tubuh menjadi lebih lelah dan kurang konsentrasi.Tidak hanya itu saja,tubuh sobat juga akan terasa lebih dehidrasi.

3.Jika mengantuk segera menepikan kendaraan

Saat kita melakukan perjalanan yang cukup jauh,terkadang kita mengalami rasa kantuk yang tidak bisa ditahan.Oleh karenanya,jika sudah terasa akan gejalan kantuk berat maka bersegeralah sobat untuk menepikan kendaraan.

Disaat sudah menepi,maka lakukan peregangan otot dan usahakan berjalan-jalan sekitar 5 hingga 10 menitan.Namun jika sangat lelah,maka segeralah beristirahat secukupnya untuk bisa memulihkan kebugaran tubuh.

4.Lakukan aktivitas menyenangkan saat berkendara agar tetap terjaga

Melakukan aktivitas yang kita sukai tentunya juga akan membuat kita semakin terjaga disaat melakukan perjalanan jauh.Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan misalnya mendengarkan musik kesukaaan atau bisa juga mengobrol dengan asisten pengemudi atau teman.

Nah untuk musik yang dipilih sebaiknya tipe music yang mempunyai tempo cepat agar semangat ikut terbawa saat mendengarkanya.

5.Posisi duduk tegak

Jika kita mengemudikan kendaraan dengan posisi tempat duduk yang terlalu nyaman,maka justru akan membuat tubuh semakin terbawa kantuk.Maka aturlah posisi kursi kemudi dengan lebih tegak sehingga akan membuat sobat lebih fokus dan semangat.

6.Jagalah kebersihan kabin

Hal yang penting lagi disituasi Covid-19 ini yakni pentingnya menjaga kebersihan kendaraan sobat.Dengan kondisi kendaraan bersih,tentunya akan mencegah penularan macam-macam bentuk virus terutama virus Corona.

Selain menjaga kebersihan,sobat pengemudi truk dan bus juga sebaiknya menggunakan masker,sering mencuci tangan dengan hand sanitizer yang dilakukan secara rutin.

Dimasa pandemi Covid-19 seperti ini menjaga kebersihan sangatlah penting untuk dilakukan agar terhindar dari tertularnya virus.Begitu juga dengan mereka sobat pengemudi bus dan truk yang tentunya juga harus menjaga kesehatan dan kebugaran kondisi tubuh.

Pasalnya keselamatan,keamanan hingga kesehatan saat berkendara sangatlah penting untuk dijaga demi kelancaran pengantaran logistik maupun muatan lainya.Sekian informasi mengenai Tips berkendara sehat untuk pengemudi truk dan bus.Terima kasih

Sumber referensi : PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI)

Belum ada Komentar untuk "Tips Berkendara Sehat dan Aman Untuk Pengemudi Bus dan Truk Saat Pandemi Covid-19 & Puasa Ramadhan 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel