Komparasi Nissan Juke VS New Honda Jazz : City Car Memikat Dengan Gaya Sporty

OTOSPEEDMAGZ.COM – Sama-sama diproduksi oleh perusahaan besar dan juga banyak pengamalam,kedua mobil ini tampil dengan desain memikat dan berkarakter.Salah satu pertanyaan yang cukup menarik jika dilontarkan untuk kaula muda tentang pilihan kedua mobil ini.Pasalnya pilihan mobil Nissan Juke atau Honda Jazz memang akan sangat cocok untuk mereka kaula muda.Hal ini tentunya didasarkan pada desain sporty nan muda yang ditampilkan oleh kedua mobil.

Komparasi Nissan Juke VS New Honda Jazz

Pilih Nissan Juke Atau Honda Jazz,Mobil Anak Muda Dengan Desain Sporty & Modern 

Honda Jazz mempunyai desain,performa hingga nama yang sudah melekat baik di masyarakat.Sedangkan Nissan Juke mempunyai desain berbeda dan unik hingga performa yang juga tidak kalah mantapnya.Oleh karenanya kali ini kita akan mencoba membandingkan Spesifikasi Honda Jazz dan Nissan Juke sebagai mobil yang banyak dipilih oleh kaula muda.

Komparasi Juke dan Jazz yang akan kita bahas meliputi eksterior,interior,mesin dan performa,fitur,hingga banderol harga setiap tipenya.Langsung saja kita simak uraiannya dibawah ini.


Komparasi Nissan Juke dan New Honda Jazz,Mana Yang Unggul?


EKSTERIOR Mobil

Nissan JUKE

spesifikasi nissan juke
Sumber foto : wikimedia.org

Dengan membawa desain mobil yang tidak biasa,membuat mobil Juke ini mempunyai daya tarik tersendiri.Mobil yang didominasi dengan lengkungan fender garis bodi berotot,mengambarkan mobil dengan gaya modern di eranya.Namun jika kita melihat bentuk mobil ini maka akan terasa seperti kodok dengan bodi yang menggelembung dan besar.

Namun dengan ukuran ground clearance yang tinggi,membuat mobil Juke ini semakin terlihat gagah dan kokoh.Bentuk wajah semakin menarik dan berbeda berkat perpaduan lampu utama yang berbentuk bulat tipe bohlam dan desain lampu senja serta sein yang unik.

Mobil ini semakin modern dengan adanya penyegaran pada generasi terakhir Nissan Juke.Perubahan tersebut yakni pada lampu utama yang sudah projector xenon yang sudah auto on/off yang berpadu dengan lampu kombinasi LED.Semakin diperkuat juga dengan bentuk grill depan V motion yang sangat khas dengan Nissan.

Beberapa perubahan lain pada New Nissan Juke yakni New front combination lamp LED with signature,New front bumper,New head lamp with projector Xenon,New side mirror with LED turn signal lamp,New Rear bumper,dll.Begitu juga dengan perubahan bagian eksterior belakang yakni tail lamp LED signature dan high mounted stop lamp.Desain bumper belakang juga semakin modern dan berotot.

Apalagi jika sobat memilih Nissan Juke Revolt yang mempunyai garis bodi dan desain lebih agresif dan modern.Ukuran dimensi Nissan Juke ( PxLxT ) 4135mmX1765mmX1565mm dengan ground clearce 178 mm.

New Honda JAZZ

spesifikasi_new honda jazz
sumber foto : wikimedia.org

Desain Honda Jazz generasi ke-3 terbaru ini membawa perubahan yang cukup banyak atau signifikan dibandingkan desain sebelumnya.Perubahan dilakukan pada bagian eksterior dan juga interior.Hal ini dilakukan oleh pihak Honda tentunya untuk semakin memikat para pecinta mobil hactback pabrikan logo H ini.

Desain Honda Jazz memang sangat digemari oleh kaula muda khususnya Indonesia.Garis dan lekukan bodi Jazz memang mempunyai perpaduan yang melambangkan generasi mobil mobil yang sporty dan modern.

Selain itu,tampilan Honda Jazz dengan ground clearance yang tidak terlalu tinggi,semakin membuat mobil hatchback ini terlihat lebih elegan.Dengan ukuran dimensi (PxLxT) 3955 mmX1694mmX1524mm memang masih kalah besar dengan Nissan Juke.Begitu juga dengan ukuran jarak terendah 150 mm yang masih kalah tinggi dengan Juke.



INTERIOR Mobil

Nissan JUKE

interior nissan juke terbaru
sumber foto : oto.com

Masuk kedalam interior Juke,sobat akan dihadapkan pada pilihan 2 warna yakni interior dengan warna hitam dan hitam perpaduan merah.Head unit dengan ukuran layar 7 inc tipe touchscreen juga telah terpasang pada dasborad mobil ini.Head unit ini juga sudah mempunyai fitur yang cukup lengkap dari FM / AM Radio,Aux,Bluetooth,sambungan wifi hingga voice command juga telah disediakan.

Yang menarik lagi pada fitur Nissan Juke telah menggunakan teknologi  Detachable Wide Screen Audio Sistem.Dengan adanya fitur ini maka pengendara bisa berbagai video,music,gambar dengan smartphone melalui koneksi wifi yang dibungkus dengan layar touchscreen.

Tidak hanya itu saja,melalui layar MID maka pengendara juga bisa mengetahui akan kondisi kendaraan dari rata-rata penggunaan BBM hingga driving time dan juga jam.Semakin nyaman saat berkendara berkat adanya fitur I-CON untuk pengaturan suhu dan mode berkendara yang membuat kendaraan lebih agresif.

Untuk kapasitas penumpang Nissan Juke mampu mengakomodir hingga 5 orang penumpang.Karena ruang bagasi belakang cukup sempit,maka sobat bisa melipat kursi bagian belakang agar lebih lega dan luas.

New Honda JAZZ

interior honda jazz
sumber foto : oto.com

Aura sporty begitu terpancar saat sobat melihat desain interior dari mobil ini.Baik dari bentuk speedometer hingga tombol-tombol yang melekat pada bagian kemudi dan dashboard.Semakin terlihat modern berkat adanya penyegaran pada panel AC yang menjadi tipe digital.Belum lagi dengan adanya tambahan fitur smart touch auto.

Head unit dengan ukuran 8 inc juga terlihat menarik dengan tipe touchscreen.Fitur head unit seperti AUX dan port USB juga terlihat melengkapi dengan baik.Fitur terbaru juga telah terpasang seperti sistem audio,bloutooth,audi mirroring hingga fitur panggilan.

Semakin elegan dan sporty dengan adanya perubahan warna pada jok dan juga pilar berwarna hitam.Untuk visibilitas penglihatan kedepan juga terlihat luas.


MESIN DAN PERFORMA

Nissan Juke

mesin nissan juke
sumber foto : ortizaku.com

Juke mengandalkan mesin berkapsitas 1498 cc dengan kode HR15DE sebagai mesin generasi terbaru dengan 4 silinder segaris.Mesin jenis FWD ini didukung dengan sistem transmisi Xtronik CVT terbaru.Dengan transmisi ini maka akselerasi mobil semakin optimal saat akan melakukan perpindahan gigi.

Konfigurasi mesin diatas menghasilkan performa apik dengan tetap menjaga konsumsi bahan bakar yang irit.Kecepatan bawah hingga menengah juga semakin stabil baik.Pemilihan mode berkendara juga telah ditawarkan pada mesin ini dari mode Normal,Eco hingga Sport sesuai dengan kebutuhan kondisi jalan.

Untuk performa mesin Nissan Juke ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 114 PS / 6.000 rpm.Sedangkan untuk torsinya mampu mencapai 150 Nm / 4.000 rpm.

New Honda Jazz

mesin new honda jazz
sumber foto : honda indonesia

Kapasitas dapur pacu yang diungsung mobil ini lebih kecil 1 cc daripada Nissan Juke yakni 1497 cc.Mesin jenis FWD didukung dengan konfigurasi L15A dengan jumlah 4 silinder.

Mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis tipe CVT yang sudah dilengkapi dengan teknologi Eart Dreams Technology.Teknologi ini mampu menghasilkan perpindahan gigi dengan lebih halus serta tetap dengan performa yang maximal.

Selain itu,penerapan teknologi yang handal juga telah terpasang pada mobil ini yakni teknologi Drive by Wire atau DBW.DBW mampu mengatur buka tutup throttle valve sehingga akselerasi mesin menjadi lebih pasti dan presisi dengan tetap mempertahankan efisiensi konsumsi BBM.

Konfigurasi mesin dan teknologi pada New Honda Jazz ini mampu menawarkan keluaran tenaga hingga 120 PS pada putaran 6.600 rpm,serta untuk keluaran torsinya 145 Nm / 4600 rpm.

Untuk tenaga lebih besar New Honda Jazz,namun untuk torsi putaran bawah  lebih besar Nissan Juke.


FITUR KEAMANAN & KESELAMATAN

Nissan JUKE

fitur nissan juke
sumber foto : oto.com

Fitur ini merupakan bagian penting pada setiap kendaraan,begitu juga yang telah diterapkan secara baik pada mobil crossover Nissan Juke.Fitur mobil ini sudah begitu lengkap dari Dual SRS Airbag hingga penggunaan sealtbelt pada semua kursi duduk.

Fitur aktif Nissan Juke sudah lengkap dari Anti Lock Braking sistem,Brake Assit,Sensor parkir,Stability control sistem,ABS,EBD dan BA,dll  juga telah disediakan dari Nissan.Dengan fitur ini maka tingkat keselamatan dan keamanan semakin optimal.

Fitur kemudahan serta kenyamanan juga telah tersedia seperti immobilizer dan Alarm with Shock Sensor serta penggunaan Keyless Remote.Untuk keamanan pada anak kecil juga telah diterapkan pada fitur Child Safety Lock.

New Honda Jazz

fitur new honda jazz
sumber foto : honda

Honda Jazz merupakan salah satu mobil tipe hactback dengan standar global,maka mobil ini harus bisa memenuhi 3 kriteria yakni keamanan,keselamatan,dan kenyamanan.

G-CON + ACE merupakan salah satu fitur keselamatan yang telah diterapkan pada Honda Jazz terbaru.Tidak hanya fitur itu saja beberapa fitur berstandar international juga telah disematkan seperti Side Impact Beam,Dual SRS Front Airbag,Sealbelt Adj & Seltbealt 3P ELR,hingga Pendestrian Protection .

Fitur lain yang semakin melengkapi kendaraan Jazz terbaru ini yakni Key tipe Wave / Smart Key,Keyless entry,immobilizer,serta Alarm Sistem.Semakin aman pula untuk balita saat ikut berkendara dengan mobil ini berkat adanya jok ISOFIX dan Tether pada ruang kabin.

Fitur kenyamanan sudah disiapkan sistem audi double din ( Jazz tipe S dan New Jazz CVT ) serta dengan ukuran 6 inc tipe layar sentuh pada Jazz tipe RS & RS CVT ) .Berbeda dengan All New Jazz RS CVT Limited Edition yang sudah mengusung layar audio video sebesar 7 inci Advandce.Tidak hanya itu saja,AC Double Blower juga telah terpasang pada mobil hactback ini.


KAKI-KAKI ( SUSPENSI,VELG & BAN )

Nissan JUKE

Suspensi depan mengandalkan tipe MacPherson Strut with Spring dan suspensi belakang menggunakan Torsian Beam.Tipe Rem depan meggunakan Ventilated disc serta Solid Disc untuk rem belakang mobil ini.

Ukuran velg Nissan Juke sebesar 17 inc tipe Alloy wheels yang dipadukan dengan ban berukuran 215 / 55.Velg dan ban Nissan Juke juga semakin menambah aura gagah pada kaki mobil Crossover ini.


New Honda JAZZ

Kaki Honda Jazz depan telah dipasangkan suspensi MAcPherson Strut dan H-Shape Torsian Beam untuk suspensi belakangnya.Rem depanya menggunakan Ventilated Disc Brake dan belakang Drum Brake.

Semaki tampil elegan nan sporty berkat penggunaan ban berukuran 175 / 65 dengan dukungan material velg 15 inc tipe Alloy wheel.


Banderol HARGA,TIPE & WARNA

Nissan JUKE

Banderol harga mobil baru Nissan Juke ini direntang  Rp.303 juta hingga Rp.332 jutaan.

  • Juke 1.5 CVT Black Interior banderol harga Rp.303 jutaan
  • Juke 1.5 CVT Red Interior harga Rp.312 jutaan
  • Juke 1.5 Revolt II dibanderol seharga Rp.326 jutaan
  • Juke 1.5 Revolt CVT Red Interior harga Rp.332 jutaan
  • Juke 1.5 Revolt CVT Black Interior dengan harga Rp.323 jutaan.

Untuk pilihan warna ada 7 macam yakni burning red min,Diamond Silver metalic min,floral white min,pasific blue min,phantom black min,dan smoke grey metalic min.


New Honda JAZZ

Banderol harga New Honda Jazz kondisi baru lebih murah dibandingkan dengan Nissan Juke.Pasalnya dengan budget dana Rp.250 jutaan sobat sudah bisa memboyong mobil baru New Honda Jazz ini.

  • New Honda Jazz tipe MT harga Rp.250 jutaan
  • New Honda Jazz tipe CVT harga Rp.260 jutaan
  • New Honda Jazz tipe RS MT banderol harga Rp.282 jutaan
  • New Honda Jazz tipe RS CVT dengan harga Rp.292 jutaan.

Pilihan warna Honda Jazz terbaru ini juga banyak macam dari warna Crystal Black Pearl,Modern Steel metalic,carnival yellow,phoenix orange pearl two  tone,rally red dan white orchid pearl.

Note : untuk banderol harga mobil baru New Honda Jazz dan Nissan Juke diatas masih OTR dan bisa berubah-ubah.


Kesimpulan Komparasi

Dari hasil komparasi kedua mobil diatas,baik Nissan Juke dan New Honda Jazz dari segi eksterior dan interiornya sama-sama menawarkan aura sporty dan juga karakter agresif.Desain mobil sporty pada New Honda Jazz semakin memikat dengan balutan garis bodi elegan.Sedangkan gaya sporty modern pada Nissan Juke juga telah didukung dengan bodi yang gagah dibungkus bentuk tidak biasa atau berbeda.

Untuk performa tenaga dari mesin New Honda Jazz nampaknya lebih besar dibandingkan dengan keluaran tenaga mesin Nissan Juke,namun untuk mesin pada putaran bawah lebih besar dan berakselerasi pada Nissan Juke.

Sedangkan untuk fitur keamanan ,keselamatan hingga kenyamanan kedua mobil ini mempunyai kelebihan masing-masing yang sudah begitu baik dan lengkap.

Namun untuk urusan banderol harga mobil baru teryata New Honda Jazz lebih murah dibandingkan harga Nissan Juke.Honda Jazz mempunyai selisih Rp.50 jutaan lebih murah dibanding Juke,nominal yang cukup banyak untuk hemat dana sobat.

Sekian ulasan mengenai komparasi dua mobil dari pabrikan besar yakni New Honda Jazz vs Nissan Juke yang bisa OTOSPEEDMAGZ sajikan.Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat oto semua,terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Komparasi Nissan Juke VS New Honda Jazz : City Car Memikat Dengan Gaya Sporty"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel