Renault Kwid 2020 vs Toyota Agya 2020,Mana Yang Lebih Baik?

OTOSPEEDMAGZ.COM – Komparasi Mobil – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan gairah produksi otomotif khususnya roda empat.Seperti halnya yang dilakukan dua pabrikan besar ini.Terlihat jika tampilan dan harga mobil Renault Kwid 2020 semakin memikat konsumen mobil di Indonesia.Dengan peluncuran Renault Kwid facelift semakin menambah persaingan mobil city car.Begitu juga dengan perubahan yang dilakukan Toyota Agya 2020 yang juga terlihat semakin sporty.

Perbandingan Renault Kwid 2020 vs Toyota Agya 2020


Bukan hanya ubahan desain saja yang membuat kedua mobil Renault Kwid dan Toyota Agya yang menarik untuk dibahas,namun untuk banderol harga juga semakin terjangkau dan menggiurkan untuk keluaran tahun 2020.Pasalnya kedua mobil ini juga patut diperhitungakan jika sobat mendambakan mobil baru dengan rentang harga 150 jutaan.

Renault Kwid sebenarnya mobil jenis city car  namun dibungkus dengan desain bodi bak SUV gagah.Begitu juga dengan Toyota Agya sebagai salah satu pilihan city car terbaik yang juga mempunyai desain begitu sporty dan semakin keren.Ditahun 2020 ini memang keduanya telah sama-sama mendapatkan facelift baru.

Hal ini tentunya akan semakin menarik jika kita membandingkan Renault Kwid dan Toyota Agya keluaran tahun 2020 ini,langsung saja kita simak uraian dibawah ini.


Perbandingan Mobil Renault Kwid dan Toyota Agya Keluaran 2020


Performa Mesin 

Salah satu hal terpenting dalam pemilihan kendaraan tentunya terletak pada konfigurasi mesin yang ditawarkan.Pasalnya dengan pemilihan kapasitas mesin yang tepat,maka sobat juga akan mendapatkan tenaga & torsi yang diinginkan pula.

Performa Renault Kwid 2020

Renault membekali mobil ini dengan mesin 999 cc / 1.0L dengan tipe petrol engine.Dengan bertumpu pada sistem penggerak tipe FWD plus 3 silinder, mobil ini disandingkan dengan sistem transmisi Manual dengan 5 percepatan.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin Kwid terbaru ini sebesar 67 HP / 5500 rpm,sedangkan untuk torsinya 91 Nm / 4250 rpm.Untuk kapasitas tangki bensinnya telah disiapkan sebesar 28 Liter.Dari beberapa informasi pengguna,jika untuk konsumsi BBM Renault Kwid ini mampu mencapai +- 22 Km / liternya.

Performa Toyota Agya 2020

Sama halnya dengan Kwid,yang mengusung mesin 1.0L.Untuk mesin Toyota Agya varian 1.0L juga menggunakan 3 buah silinder tipe segaris 12 valves DOHC + VVTi.Kapasitas 998 cc ini telah dipadukan dengan sistem transmisi Manual yang juga dengan 5 percepatan.

Namun untuk kapasitas tangki BBM lebih besar dibandingkan dengan Kwid yakni 33 Liter.Konsumsi BBM Agya terbaru ini juga sangat bersaing dan bahkan hampir sama dengan Kiwd.Mobil bodi hactback yang semakin terlihat sporty ini mampu menempuh jarak +- 22 Km /liternya.

Sedangkan untuk keluaran performa tenaga Agya 2020 ini mencapai 66 HP / 6000 rpm,torsinya yang ditorehkan sebesar 89Nm / 4400 rpm.


Kaki-Kaki

Suspensi depan Kwid menggunakan MacPherson strut yang dilengkapi lower transverse link,sedangkan untuk belakang Twist beam suspension dengan coil spring.Ukuran ban dari Kwid sebesar 165 / 70 dengan ring R14 tipe ban radial.

Toyota agya masih mengandalkan Macpherson Strut dengan Coil Spring untuk suspense depan dan Semi-Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring untuk suspense belakang city car ini.Semakin terlihat gagah dengan ukuran velg R14 yang disandingkan dengan ban tipe radial berukuran 175 / 65 R14.


Foto Interior Renault Kwid & Toyota Agya Tahun 2020

interior_fitur_kwid_vs_agya_2020


Fitur Mobil

Fitur Renault Kwid 2020

Sebagai mobil baru dengan merk yang masih belum dikenal dekat dengan masyrakat Indonesia,Renault Kwid membawa fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Toyota Agya.Beberapa fitur yang tidak terdapat pada Agya 2020 yakni fitur Traffic Assist Mode ,navigasi dan lampu kabut.

Dengan fitur Traffic Assist Mode maka mobil akan tetap melaju dengan stabil meskipun melewati jalan kondisi licin.Lampu kabut juga akan semakin membantu pencahayaan saat kondisi udara penuh kabut dengan jarak pandang yang terbatas.

Fitur lain yang bisa dijumpai pada Kwid yakni Child Safety Locks, Driver Airbag, Anti-Lock Braking System, Ebd, Rear Seat Belts, Seat Belt Warning, Parking Sensors, Crash Sensor, Engine Check Warning, hingga Side Impact Beams and Door Ajar Warning.

Fitur Agya 2020

Memang untuk lampu kabut pada Agya masih ada,namun Toyota telah memberikan Daytime Running Light / DRL untuk semakin mengoptimalkan pencahayaan.

Untuk fitur lain pada Agya 2020 telah tersedia Anti Theft Device,Alarm Mobil,dan Engine Immobilizer untuk fitur keamanan.Sedangkan untuk menunjang keselamatan telah terpasang beberapa fitur seperti Airbag Penumpang Depan,Child Safety Locks,Kantong Udara Pengemudi,Anti Lock Braking System,Brake Assist,Sabuk Pengaman Belakang,Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman,dll.


Banderol Harga

Tawaran harga mobil baru Renault Kwid dengan mesin 999 cc tipe MT ini dkisaran Rp.149 hingga Rp.159 juta.

Sedangkan untuk banderol harga Toyota Agya bermesin 998 cc tipe MT diharga Rp.143,9 hingga 169,2 juta.


Kesimpulan

Toyota Agya 2020 memang mempunyai konfigurasi mesin yang lebih baik dibandingkan dengan Renault Kwid.Namun untuk tenaga dan torsi yang dihasilkan memang masih unggul Renault Kwid.Sedangkan untuk fitur yang dibawa kedua mobil ini memang sama-sama bersaing dan menarik,baik untuk menunjang keamanan,keselamatan hingga kenyamanan untuk pengendaranya.

Untuk desain eksterior kedua mobil juga cukup menarik,Agya membawa desain yang lebih sporty dan modern untuk kelas city car saat ini ( bahkan bisa dibilang desain tersporty untuk mobil city car ).Sedangkan untuk Renault Kwid merupakan mobil city car yang mempunyai bentuk seperti mobil SUV yang menampilkan kesan gagah dan modern.

Namun ada satu perbedaan lagi yakni penggunaan tipe spion pada kedua mobil ini.spion Renault Kwid masih menggunakan kaca seperti spion biasa,sedangkan Agya telah dipasangkan spion tipe Electric Mirror.

Kedua mobil memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Sedangkan untuk harga sama-sama bersaing dengan selisih nominal yang cukup sedikit.

Sumber referensi : oto.com ( spesifikasi & harga )

Belum ada Komentar untuk "Renault Kwid 2020 vs Toyota Agya 2020,Mana Yang Lebih Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel