Suzuki Baleno Generasi I (1995-2004) : Sedan Murah Suzuki Yang Mudah Perawatan

OTOSPEEDMAGZ.COM – Review & Harga Suzuki Baleno – Satu lagi mobil bekas murah model sedan yang yang tidak kalah dengan pesaingnya Toyota Great Corolla dan Honda Civic Genio yakni Suzuki Baleno.Mobil pabrikan Suzuki ini telah dirilis pada tahun 1995 silam ( global ) dan kemudian diperkenalkan ke tanah air Indonesia satu tahun kemudian.Mobil ini diluncurkan sebagai pengganti Suzuki Esteem.

Mobil yang telah mengalami beberapa penyegaran desain dan mesin ini dibekali dengan 2 varian dapur pacu.Meskipun mobil ini mempunyai usia yang cukup tua,namun masih banyak konsumen atau masyarakat yang mengincar mobil bekas murah dan terbaik ini.Pasalnya mobil bekas Suzuki Baleno sudah terkenal akan kemudahan dalam perawatanya.Tidak hanya itu,mobil ini juga termasuk dalam salah satu mobil irit bahan bakar yang pernah diproduksi oleh Suzuki era 90-an.

Pada masanya mobil ini juga bersaing dengan pabrikan besar lainya seperti Honda City Type Z, Toyota Soluna, Hyundai Accent,dan juga Timor S515.Selain mempunyai spesifikasi mantap dan desain yang tidak terlalu kuno,dipasar mobil bekas untuk harga mobil Suzuki Baleno Gen-1 ini sudah cukup terjangkau alias mobil bekas murah.Lalu apa kelebihan dan kekurangan lainya dari Baleno Gen-1 ini?,untuk lebih jelasnya mari simak spesifikasi hingga harga bekas Suzuki Baleno dibawah ini.( Sumber foto : common.wikimedia.org,edit ulang oleh :otospeedmagz.com )

harga-mobil bekas murah-suzuki baleno-generasi pertama

Review Suzuki Baleno Generasi I (1995-2004) : Salah Satu Mobil Bekas Sedan Terbaik & Harga Murah Serta Mudah Dalam Perawatan


Eksterior Suzuki Baleno Generasi I

Meskipun mobil ini sudah hampir +- 25 tahun,namun desain yang dibawa mobil sedan ini tidak tampak begitu ketinggalan.Pada bagian wajah depan mobil ini telah beberapa kali mengalami perubahan yang membuat mobil ini terlihat semakin muda saja.Perubahan tersebut meliputi desain headlamp,bumper hingga bentuk grill depan.Mulai dari lampu berbentuk kotak,kemudian bentuk bulat ( terkenal dengan nama Baleno Milenium ) dan menjadi bentuk lampu agak menyempit pada ujungnya ( lampu bonet ).

Sedangkan untuk bentuk pada desain belakang Suzuki Baleno kurang begitu signifikan untuk perubahanya.Selain itu,bentuk bodi keseluruhan mobil ini juga tidak terlalu mengkotak dan masih terlihat modern dan aerodinamis.Maka tidak heran jika untuk Suzuki Baleno tahun 2000 keatas banyak peminat dan pencarinya dipasar mobil bekas.


Interior Suzuki Baleno Generasi I

spesifikasi-interior-mobil bekas murah-suzuki baleno-1995-2001-2004

( Sumber foto : olx.co.id/mobil bekas,edit by:otospeedmagz.com )

Kita beralih ke bagian interior mobil,pada bagian dalam mobil ini telah didesain dengan begitu nyaman dan menawarkan ruang kabin yang cukup luas.Bentuk desain dashboard Suzuki Baleno Gen-1 sudah masih terlihat modern dan tidak ketinggalan jaman.Apalagi untuk desain Baleno Gen-1 tahun 2003 yang sudah lebih modern serta dengan perubahan letak AC dan tombol audio.

Pada bagian tempat duduk / kursi mobil Baleno mampu mengakomodir hingga 5 penumpang ( depan 2 orang dan belakang 3 orang ).Untuk material jok kursi masih menggunakan bludru,jika sobat ingin lebih nyaman saat duduk maka bisa sobat pasangkan lapis dengan berbahan jok kulit.

Begitu juga dengan kapasitas bagasinya mampu menampung banyak barang bawaan sobat semua.Untuk keluarga kecil,maka mobil bekas murah sedan Baleno Gen-1 akan cukup baik jika digunakan sebagai mobil keluarga kecil.

Baca juga : Daftar Lengkap Pajak Suzuki Baleno Terbaru Semua Tahun ( Update 2020 )


Mesin Suzuki Baleno Generasi I

mesin suzuki baleno

( Sumber foto : olx.co.id/mobil bekas,edit by:otospeedmagz.com )

Dapur pacu mobil sedan Suzuki Baleno Gen-1 telah ditenagai dengan kapasitas mesin 1.6L dan 1.5L.Mesin tersebut telah didukung dengan konfigurasi 4 buah silinder segaris dengan 16 katup tipe SOHC. Untuk Suzuki Baleno keluaran tahun 1996-1998 menggunakan dpaur pacu 1.6L dan untuk Baleno tahun 1999-2001 menggunakan mesin yang lebih efisien yakni 1.5L.

Mesin dengan kapasitas 1.6L ini mampu memberikan tenaga sebesar 99 HP dan torsinya 127Nm.Sedangkan untuk mesin Baleno 1.5L atau dengan kubikasi 1498 cc mampu menyemburkan tenaga lewat dapur pacunya hingga 106HP dan untuk akselerasi torsi mencapai 128Nm.

Untuk menyalurkan tenaga dan akselerasi mobil telah disematkan sistem transmisi tipe Manual 5 speed dan dan tipe matic 4 speed.Untuk perawatan mesin dan trasmisi mobil ini cukup mudah dan hemat,belum lagi didukung dengan ketersediaan spare part yang banyak serta harga terjangkau.

Dan berikut Spesifikasi Mobil Suzuki Baleno Gen-1 di Indonesia :

  • Jenis Mesin : 1.6L - G16B dan 1.5L - G15B
  • Konfigurasi mesin : 4 buah silinder tipe segaris 16 katup ,tipe mesin SOHC
  • Daya maksimal : 99 Hp / 6000 rpm (1.6L), 103 Hp / 6000 rpm (1.5L)
  • Torsi maksimal : 127 Nm / 3200 rpm (1.6L), 128 Nm / 4500 rpm (1.5L)
  • Tipe Transmisi : Manual 5 percepatan dan otomatic 4 percepatan
  • Tipe Suspensi Depan : MacPherson strut  independen
  • Tipe Suspensi Belakang : Independent  dengan jenis per keong
  • Tahun Penjualan : 1996-1998 (Mesin 1.6L) dan 1999-2001 ( Mesin 1.5L)
  • Kompetitor : Toyota Corolla AE111,Hyundai Accent, Honda Ferio, Honda City Type Z, Toyota Soluna dan juga Mobil Nasional Timor.

.

Baca Juga : Harga Bekas,Pajak,Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio Sedan Mantap 90-an


Kelebihan & Kekurangan Suzuki Baleno Gen-1

Kelebihan Suzuki Baleno Gen-1

  • Mempunyai desain yang tidak mudah termakan jaman
  • Ruang kabin yang lega dan nyaman
  • Konsumsi BBM sangat irit
  • Mempunyai sistem rem yang sudah mantap
  • Sudah menggunakan pemanas kabin,jadi saat hujan deras sobat tidak usah risau
  • Mesin yang mudah dirawat
  • Mesinnya yang tangguh dan bandel
  • Ketersediaan spare part yang melimpah 
  • Harga spare part yang terjangkau
  • Jaringan dealer yang sudah banyak


Kekurangan Suzuki Baleno Gen-1

  • Peredaman suara dalam kabin kurang maximal
  • Harga jual bekas sedikit turun
  • Untuk jok belakang terasa kurang nyaman
  • Jika mobil diisi pengemudi ( tanpa penumpang ) maka akan mudah limbung
  • Suspensi terlalu empuk


Harga Mobil Bekas Suzuki Baleno Gen-1

Setelah mengetahui ulasan mengenai spesifikasi,kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki ini,tentunya sobat juga penasaran dengan perkiraan harga bekasnya.Untuk sobat yang mencari mobil bekas model sedan pabrikan Suzuki dengan budget 30 juta hingga 60 juta,maka Suzuki Baleno gen-1 bisa menjadi pilihanya.

Pasalnya untuk harga bekas Suzuki Baleno Gen-1 tahun 1996-1998 diangka Rp.35 juta – Rp.45 jutaan,sedangkan untuk tahun keluaran 1999-2001 ( yang sudah facelift ) mempunyai perkiraan harga bekas 45 juta hingga 60 jutaan.Tentunya harga tersebut tergantung dari kondisi kendaraan dan kelengkapan surat.

Note : Harga diatas merupakan rangkuman dari situs mobil bekas OLX.co.id bulan Desember 2020,dan tentunya bisa mengalami perubahan tergantung dari sipemilik kendaraan.

Baca Juga : Suka Suzuki Escudo dan Sidekick,,Lihat Dulu Daftar Lengkap Biaya Pajak Setiap Tahunanya


Sekian beberapa ulasan tentang salah satu mobil bekas sedan terbaik dari pabrikan Suzuki,semoga bisa menambah wawasan dan juga referensi bagi sobat khususnya yang masih mencari kendaraan roda empat.Terima kasih.


Sumber referensi : olx.co.id,otospirit.com,& beberapa sumber tambahan lainya

Belum ada Komentar untuk " Suzuki Baleno Generasi I (1995-2004) : Sedan Murah Suzuki Yang Mudah Perawatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel