DUEL SENGIT.!! Mitsubishi New Pajero Sport 2021 vs Toyota New Fortuner 2021

OTOSPEEDMAGZ.COM – Komparasi New Pajero Sport VS New Fortuner 2021 – Persaingan mobil segmen SUV kelas mewah ditahun 2021 semakin menantang,pasalnya Mitsubishi New Pajero Sport tahun 2021 telah hadir membawa tampilan segar hingga mendapatkan penyempurnaan di fitur-fiturnya.Tentunya hal ini akan meningkatkan gengsi,kenyamanan,hingga keamanan saat melakukan perjalanan bagi penggunanya ,apalagi untuk varian tertingginya yakni Dakar Ultimate.

Begitu juga dengan tampang Toyota New Fortuner terbaru yang juga terlihat lebih agresif,modern dan elegan.Tidak lupa pihak Toyota juga telah membekali SUV unggulanya dengan berbagai fitur canggih dan lengkap yang akan mendukung kenyamanan dan keselamatan.Tentunya spesifikasi Toyota New Fortuner 2021 juga tidak kalah hebat dengan spesifikasi Mitsubishi New Pajero Sport 2021.

Untuk perbandingan harga mobil SUV Fortuner vs Pajero Sport keluaran 2021 juga begitu bersaing dari varian rendah hingga kasta tertingginya.Harga New Pajero Sport Exceed 4X2 tipe MT ( sebagai varian terendah ) dijual dengan harga Rp.502,8 jutaan.Sedangkan untuk harga jual Toyota New Fortuner G MT Diesel ( varian terendah ) dibanderol dengan harga Rp.512 jutaan.Jika dilihat data tersebut,harga Pajero lebih murah Rp.10 juta dibandingkan dengan New Fortuner.

Lalu perbandingan menarik apalagi dari kedua mobil model SUV mewah tersebut?,untuk lebih detailnya mari kita ulas kelebihan dari masing-masing unit dari sisi interior,eskterior,fitur hingga komparasi harga New Fortuner dan New Pajero Sport tahun 2021 ini.

komparasi-new-pajero-sport-vs-toyota-new-fortuner-2021

KOMPARASI Mitsubishi New Pajero Sport VS Toyota New Fortuner 2021


Perbandingan Eksterior 

Kesan elegan,modern gaya minimalis ditunjukan oleh desain baru Pajero Sport,gaya agresif justru ditunjukan oleh Toyota Fortuner.Pihak Mitsubishi kelihatanya ingin membuat mobil SUV-nya tampil dengan sedikit guratan yang minimal namun tetap memiliki kesan tegas dan tangguh di wajah barunya.

eskterior-new-pajero-sport-2021

Masalah desain dan gaya memang tidak semua orang sama,begitu juga jika kita melihat tampilan Fortuner 2021 yang seperti ingin tampak modern,futuristic dan juga elegan.Hal ini terlihat dari permainan garis bodi dan pahatan yang meliuk hingga adanya penggunaan Kit TRD.Semakin terlihat jika sobat melihat SUV New Fortuner TRD Sportivo yang begitu kental akan guratan tegas,modern dan elegan.

Pajero Sport lebih mengutamakan penggunaan fitur lengkap dan canggih dibandingkan harus merubah desain eksterior yang lebih menonjol.Kalau ingin tampil lebih mewah maka sobat bisa menambahkan aksesories tentunya dengan kisaran dana mulai Rp.2,5 juta hingga Rp.25 jutaan untuk bisa mendapatkan Full Aero Plus Package.

TOYOTA NEW FORTUNER 2021

design-eksterior-toyota-new-fortuner-2021

sumber foto: toyota.astra

Kalau dalam hal fitur untuk lampu uatama,lampu kombinasi LED belakang,DRL,fog lamp sudah ada pada kedua mobil SUV ini.Untuk varian kasta teratas Pajero Sport dan Fortuner telah dibekali dengan fitur bersensasi kemudahan dalam pengoperasianya ( seperti smartkey dan pintu elektrik kick sensor pada bagasi mobil).


Perbandingan Interior 

Sisi interior dari kedua SUV ini begitu mantap terutama di varian tertingginya.Kedua SUV tangguh dan gagah ini juga sangat mengedepankan akan kenyamanan hingga keamanan kelas atas untuk penggunanya.Hal ini ditunjukan dengan penggunaan material bahan untuk jok kursi yang telah disebar di bangku,setir,hingga pada bagian shift knob.

desain-interior-dashboard-pajero-sport-2021
sumber foto : mitsubishi


Semakin kerasan saat sobat didalam kedua mobil SUV ini,karena banyak fitur pendukung kenyamanan dari head unit tochscreenm,AC otomatis,bangku dengan sistem elektrik,USB,hingga koneksi ke smartphone dan juga telephone sudah disuguhkan buat sobat.

kursi-duduk-pajero-sport-2021
sumber : mitsubishi


Untuk penumpang dikursi belakang juga tidak kalah nikmat berkat adanya Rear Seat Entertainment yakni berupa Roff Monitor.Namun tentunya fitur-fitur yang disematkan pada New Fortuner dan Ner Pajero Sport mempunyai kelebihan atau keunggulan masing-masing.

Pajero Sport menggunakan head unit dengan ukuran 8 inci yang bisa terhubung ke Smartphone-Link Display Audio dengan dukungan  6 speaker.Digital meter cluster berukuran 8 inci juga bisa ditampilkan sesuai dengan selera pengendara untuk informasi kendaraan.Beberapa pembaharuan fitur lainya yakni terletak pada new auto dimming rear-view mirror, new floor console plus AC power outlet baru ,dan new hands Free steering switch, multi around view monitor, dan juga new design dual zone climate control AC.

desain-interior-dashboard-new-fortuner-2021

sumber foto : toyota

kursi-duduk-fortuner-2021

sumber foto : toyota

Untuk Pajero Sport varian Dakar juga lebih menarik lagi karena sudah dibekali dengan APP Mitsubishi Remote Control yang terhubung ke smartphone dengan adanya fungsi Car Finder, Vehicle Information, buka tutup otomatis power tailgate,dan beberapa notifikasi.Namun sayangnya pada Pajero belum diberikan kamera 360.

Untuk New Fortuner pada head unitnya juga telah disematkan Surround Monitor.Tidak luput juga kamera 360 derajat sehingga akan mempermudah pengendara melihat objek yang berada di sekeliling mobil.Kemudian ada juga Moving Object Detection, Lane Departure Warning, Headway Monitoring Warning ,Blind Spot Detection,serta wireless charger yang akan membuat mobil semakin begitu fungsional.


Perbandingan Performa Mesin

Mesin New Fortuner 2021

mesin-new-fortuner-2021
sumber foto : toyota


Dapur pacu New Fortuner 2021 menawarkan  2 varian mesin yang tangguh yakni 2.4L dan 2.7L.Untuk mesin berkapasitas 2.393cc / 2.4L telah didukung dengan 4 silinder segaris tipe DOHC ,VNT Intercooler,4 valve.Daya maximum yang mampu dikeluarkan yakni 149.6 PS / 3400 rpm dan dengan torsi 40.8 kgm / 1.600-2.000 rpm.Mesin dengan tipe diesel ini telah dipersiapkan tangki sebesar 80 liter dengan sistem suplay jenis Injeksi dengan Common Rail.

Sedangkan untuk mesin New Fortuner berbahan bakar bensin ini mempunyai kapasitas sebesar 2.7L atau 2.694 cc.Mesin ini didukung dengan 4 silinder segaris dengan 4 katup tipe DOHC plus Dual VVT-i.Keluaran tenaganya mampu menyemburkan output max hingga 163 PS / 3.400 rpm dan besar torsi 24.7 kgm / 4.000 rpm.Untuk tangki masih sebesar 80L dan suplay bahan bakarnya Fuel Injection jenis timbal.

Mesin New Pajero Sport 2021

mesin-new-pajero-sport-2021

sumber foto : mitsubishi

Pilihan mesin pada mobil SUV buatan Mitsubishi ini juga tidak seru karena juga menghadirkan 2 varian mesin yakni 2.4L dan 2.5L.Untuk mesin 2.4L merupakan tipe bensin dan untuk 2.5L yang masih suka akan mesin bertipe diesel.

Mesin dengan kapasitas 2.442 cc / 2.4L tipe 4N15 dengan teknologi MIVEC & Turbochangerd ini mampu menawarkan keluaran tenaga hingga 181 PS / 3500 rpm dan torsinya 430 Nm / 2500 rpm.Keluaran tenaganya memang cukup berbeda banyak dengan mesin Fortuner 2.4L.

Sedangkan untuk mesin 2447 cc / 2.5L dengan tipe 4D56 Commonrail plus Turbochangerd ini mampu menghasilkan tenaga 136 PS / 4000 rpm,sedangkan untuk besar torsi max yakni 324 Nm / 2000 rpm.Kedua mesin ini menggunakan tangki sebesar 68L dan sistem transmisi AT 8 percepatan & 5 percepatan,serta untuk transmisi manual dengan 5 percepatan.


Perbandingan Fitur

Fitur New Pajero Sport 2021

fitur-new-pajero-sport-2021

sumber : mitsubishi

SUV ini mempunyai banyak fitur dengan fungsi dan manfaat untuk pengendaranya dari asisten penjaga yang aktif seperti FCM atau Forward Collision Mitigation System yang akan membantu pengendara lebih aman jika kendaraan ada resiko akan menyundul mobil yang berada di sisi depan dengan peringatan hingga pengereman otomatis meskipun secara mendadak.Hal ini tentunya akan mengurangi tingkat kecelakaan dijalan.

Tidak hanya itu saja,ada juga ACC atau Adaptive Cruise Control yang akan menambah kenyamanan,kemudahaan dan juga meringankan pengemudi dengan laju kendaraan yang tetap konstan serta mampu menyesuaikan kecepatan mobil didepanya.Hadir juga Blid Spot Warning plus Lane Change Assist yang akan mendeteksi kendaraan di sisi samping & belakang.

Keamanan saat mau memakirkan kendaraan juga semakin terjamin berkat adanya Rear Cross Traffic Alert yang akan membantu mendeteksi objek yang mendekat.Fitur keamanan lainya seperti Smart Access Card Entry,Central Locking,Power Door Locks,Anti Theft Device,Engine Immobilizer.

Fitur Keselamatan New Pajero Sport yakni Airbag Penumpang Depan,Child Safety Locks,Kantong Udara Pengemudi,Anti Lock Braking System, ,EBD (Electronic Brake Distribution),Sabuk Pengaman Belakang,Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman,Spion Tengah Lipat,Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg,Kamera Belakang,Crash Sensor,Engine Check Warning,Pelindung Benturan Depan,Pelindung Benturan Samping,Pengingat Pintu Terbuka.

Beberapa fungsi fitur pada mobil SUV New Pajero Sport 2021 diantaranya

  • Fitur adaptive cruise control berfungsi pada kendaraan yang akan bisa menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan didepanya sehingga jarak aman tetap terjaga.( Fitur Adaptive Cruise Control ini hanya akan sobat temui di tipe Dakar Ultimate 4x2 AT dan Dakar Ultimate 4x4 AT,sedangkan untuk Dakar 4x2 AT menggunakan cruise control tipe biasa ).
  • Fitur power back door menggunakan kick sensor yang akan mempermudah membuka pintu bagasi belakang hanya dengan mengayunkan kaki ke kolong belakang mobil.
  • Fitur Mitsubishi Remote Control ( di varian Pajero Sport Dakar 4x2, Dakar Ultimate 4x2, dan juga Dakar Ultimate 4x4 ) berfungsi mempermudah penggunaan dengan menggunakan aplikasi ponsel untuk menjalankan banyak fungsi ( termasuk membuka dan menutup bagasi mobil ).
  • Adanya headlamp washer yang akan membilas lampu utama mobil jika terkena kotoran sehingga pencahayaan utama tetap optimal.


Fitur New Fortuner 2021

fitur-terbaru-toyota-fortuner-2021

sumber : toyota

Kelengkapan fitur yang ditanamkan pada SUV Toyota ini juga tidak unggul dengan New Pajero Sport 2021.Dari fitur keamanan,keselamatan hingga kenyamanan telah tersedia di mobil ini,diantaranya :

  • Fitur Control stabilitas mobil /  Vehicle stability control / VSC,dengan adanya fitur ini maka kendaraan akan selalu tetap terjaga kestabilanya saat melakukan manuver ( khususnya menikung dengan laju kecepatan tinggi ) yang tersedia di semua varian facelift.
  • Fitur Hill assist control / HAC ,fungsi fitur ini akan sangat berguna saat kendaraan melewati jalan menanjak yakni dengan menahan laju kendaraan saat pengendara melakukan perpindahan kaki dari pedal rem ke sisi pedal gas.
  • Fitur Hazzar lamp secara otomatis menyala ( baik lampu depan dan belakang ) jika pengendara melakukan pengereman secara mendadak.Hal ini tentunya akan memberikan keamanan lebih untuk pengendara lain yang harus waspada dengan adanya peringatan lampu hazzard.
  • Fitur A-TRC atau active traction control yang berfungsi untuk menyeimbangkan traksi dari ban kendaraan,fitur ini akan berjalan saat ban mobil mengalai spin.
  • Adanya kursi isofix yang akan berfungsi untuk mempermudah penempatan anak-anak atau baby chair.
  • Fitur SRS Airbag yang akan melindungi pengendara dan penumpang saat mobil mengalami benturan keras,pada varian 4X2 disediakan 3 airbag dan untuk varian 4X4 ada 7 buah air bag dengan posisi berbeda.
  • Fitur ABS atau Anti-lock Braking System & Fitur EDB atau Electronic brakeforce distribution,kedua fitur ini akan membuat pengereman lebih baik dan tentunya meningkatkan keselamatan saat berkendara.
  • Fitur Brake assist berfungsi untuk mencegah ban kendaraan terkunci atau slip saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak ,sehingga mobil tetap terkendali dan stabil.
  • Fitur Sensor Parkir yang akan memberikan indikator berupa bunyi sehingga mempermudah saat melakukan parkir kendaraan.Sensor terletak di bamper belakang berjumlah 4 sensor dan bamper depan dengan 2 sensor.

Jika sobat memilih tipe New Fortuner tipe TRD maka mobil ini sudah dilengkapi dengan New Surround Monitor,kamera belakang,kamera di bagian spion dan juga kamera di bagian bamper depan.Kursi kedua adanya soket charge smartphone berdaya 12 volt serta tempat / box untuk menempatkan ponsel.

Di mobil Toyota New Fortuner 2021 ada beberapa fitur yang telah mengalami pembaharuan diantaranya :

  • MID sudah ada indikator posisi dari ban depan
  • Spion tengah dibekali dengan auto electro-chromic yang akan membantu pengemudi tidak silau lagi saat ada sinar dari belakang mobil yang menyilaukan
  • Adanya Posisi layar hiburan di plafon tengah
  • Adanya Wireless charging untuk pengisian baterai smartphone
  • Penyegaran pada head unit entertainment dengan besar 9 inc yang telah disematkan Mirror Cast dan NFC


Perbandingan Harga

Setelah mengetahui beberapa ulasan spesifikasi kedua SUV terbaru ini,tentunya sobat juga penasaran dengan banderol harga dari kedua mobil keluaran baru ini.Untuk harga New Pajero Sport 2021 dibanderol mulai dengan harga Rp.502 jutaan hingga termahal Rp.733 jutaan,sedangkan untuk harga New Fortuner 2021 banderol termurah Rp.512 jutaan hingga Rp.711 jutaan.Untuk lebih jelasnya mari simak daftar harga di setiap varian kastanya.

harga-new-pajero-sport-dan-toyota-new-fortuner-2021

sumber : toyota-mitsubishi

Detail harga Mitsubishi New Pajero Sport facelift 2021 ( update : 16 Maret 2021 ):

  • Mitsubishi Pajero Sport Tipe Exceed 4x2 MT: Rp 502,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Tipe Exceed 4x2 AT: Rp 517,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Tipe GLX 4x4 MT: Rp 567,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Tipe Dakar 4x2 AT: Rp 575,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Tipe Ultimate 4x2 AT: Rp 624,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Tipe Dakar Ultimate 4x4 AT: Rp 733,7 juta.


Detail harga Toyota New Fortuner 2021 ( update : 16 Maret 2021 ):

  • Toyota New Fortuner Tipe 4x2 2.4 G M/T DSL : Rp. 512.000.000
  • Toyota New Fortuner Tipe 4x2 2.4 G A/T DSL : Rp. 529.700.000
  • Toyota New Fortuner Tipe 4x2 2.4 VRZ A/T DSL : Rp. 560.500.000
  • Toyota New Fortuner Tipe 4x4 2.4 G A/T DSL : Rp. 637.700.000
  • Toyota New Fortuner Tipe 4x4 2.4 VRZ A/T DSL : Rp. 711.600.000
  • Toyota New Fortuner Tipe 4x2 2.4 VRZ A/T DSL TRD : Rp. 575.100.000
  • Toyota New Fortuner Tipe 4x2 2.7 SRZ A/T BSN TRD : Rp. 599.100.000


Note : daftar harga diatas masih bisa mengalami perubahan menyesuaikan sumber masing-masing ( sumber harga toyota.astra.co.id & mitsubishi-motors.co.id )


Kesimpulan Perbandingan


Kesimpulan untuk New Pajero Sport 2021 :

  • Mempunyai desain yang lebih baru,segar dan terlihat modern
  • Dapur pacu mantap terutama di varian tipe Dakar dengan adanya Turbodiesel ( namun mesin baru hanya untuk tipe Dakar saja )
  • Jaringan dealer dan servis yang luas
  • Mempunyai banyak fitur terbaru 
  • Ruang bagasi masih cukup sempit jika semua kursi digunakan
  • Banderol harga barunya naik cukup banyak
  • Kapasitas tangki masih 68 Liter


Kesimpulan untuk New Toyota Fortuner 2021 :

  • Perubahan desain yang lebih modern,elegan dan juga menyeluruh namun masih kurang begitu agresif
  • Dapur pacu tipe diesel berkode 2GD-FTV mempunyai performa lebih baik dibandingkan mesin sebelumnya,namun mesin barunya masih kalah performa dengan rivalnya New Pajero Sport 
  • Di beberapa varian sudah mempunyai fitur yang begitu lengkap
  • Banderol harga untuk Fortuner bermesin jenis 4X4 masih terbilang mahal
  • Material pada jok kursi masih terasa biasa saja 
  • Kapasitas tangki sudah 80 Liter


Sekian ulasan tentang perbandingan mobil SUV gagah dan modern Toyota New Fortuner 2021 VS Mitsubishi New Pajero Sport 2021,dari ulasan diatas maka pilihan mana yang paling sobat unggulkan?,tentunya semua itu tergantung dari kebutuhan dan selera masing-masing karena keduanya begitu bersaing sengit baik dari segi eksterior,interior,mesin,fitur dan juga harganya.terima kasih.


Sumber referensi : oto.com, toyota.astra.co.id,mitsubishi-motors.co.id,dan beberapa sumber tambahan lainya

Belum ada Komentar untuk "DUEL SENGIT.!! Mitsubishi New Pajero Sport 2021 vs Toyota New Fortuner 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel