8 Indikasi & Cara Sederhana Cek Kampas Kopling Mobil Sudah Mulai Habis

OTOSPEEDMAGZ.COM – Tips Otomotif – Mesin mobil yang bertenaga dibarengi dengan perawatan yang baik pula.Begitu juga dengan komponen kampas kopling yang tidak kalah penting untuk diperhatikan bagi setiap pemilik kendaraan roda empat.Karena sistem transmisi akan bekerja baik jika kondisi kampas kopling juga baik.( sumber foto : suzuki.co.id )

Indikasi-Cara-sederhana-Cek--Kampas-Kopling-Mobil-sudah-Mulai-habis

8 Indikasi dan Cara Sederhana Untuk Mengetahui Kampas Kopling Mobil Sudah Mulai Habis

Bukan hanya kinerja mesin semakin buruk saja,namun sobat harus menyiapkan dana ratusan hingga jutaan untuk menebus harga kampas kopling mobil.Apalagi jika mobil yang sobat gunakan termasuk dalam golongan mobil mewah,tentunya harga kampas kopling juga turut mahal pula.Namun sobat sebaiknya mengganti kampas kopling merk original ( bukan KW meskipun harga kampas kopling lebih murah ) karena komponen ini mempunyai peranan yang penting dalam kendaraan.

Contohnya saja harga kampas kopling mobil sejuta umat ( seperti Toyota Avanza & Daihatsu Xenia ) yang dibanderol dikisaran ratusan ribu saja,sedangkan untuk mobil jenis Double Cabin tentunya harga bisa lebih dari satu jutaan.Oleh karenanya sobat harus tahu indikasi dan bagaimana cara mengetahui kampas kopling mobil yang sudah saatnya ganti atau habis.

Cara Sederhana Untuk Cek & Mengetahui Kondisi Kampas Kopling Mobil

Bentuk kampas kopling berupa clutch disc / piringan yang akan mentransfer tenaga mesin ke sistem transmisi.Kampas kopling yang masih baik akan mendukung kenyamanan dan keamanan saat sobat berkendara,lalu bagaimana cara mengetahui kondisi kampas kopling berikut cara sederhanya :

1.Hidupkan mesin mobil sobat dahulu

2.Kemudian aktifkan Hand Rem ( Rem Parkir ) mobil

3.Kemudian Injak pedal kopling dan tahan

4.Lalu posisikan gigi transmisi ke gigi 1 atau 3

5.Kemudian injak pedal gas secara perlahan ( jangan lupa kaki kiri untuk standby di pedal rem untuk membantu pengereman jika sesuatu terjadi,seperti hentakan mesin berlebih )

6.( Posisi pedal kopling masih ditahan ) kemudian lepaskan secara pelan-pelan

7.Jika pedal kopling sudah terlepas dan kondisi mesin lansung mati maka bisa diartikan kondisi kampas kopling mobil masih baik.Namun jika pedal kopling sudah terlepas dan mesin masih dalam kondisi menyala maka kampas kopling sudah aus / tipis / habis.


8 Indikasi Kampas Kopling Mobil Sudah Mulai Habis

tanda-kampas-kopling-mobil-sudah-habis

Selain dengan cara sederhana diatas,ada beberapa indikasi atau cirri-ciri mobil jika kampas kopling sudah mulai habis atau tipis,berikut ciri-cirinya :

1.Kendaraan kurang bertenaga 

Jika posisi gas sudah tinggi dan RPM juga sudah tinggi namun mesin  tetap meraung ( meskipung pedal kopling sudah di lepas ) maka ini salah satu tanda kampas sudah saatnya ganti.

2.Putaran mesin tinggi

Kampas kopling yang sudah aus maka kondisinya akan lebih licin pada bagian kampasnya.Hal ini bisa membuat putaran mesin akan lebih tinggi.Kondisi ini bisa membuat mobil hanya meraung tanpa ada tenaga.

3.Bau kampas kopling hangus / gosong

Jika sobat sudah mencium bau gosong atau hangus maka kampas sudah saatnya minta diganti,hal ini dikarenakan clutch disc yang sudah tipis /aus.Biasanya baunya akan masuk keruangan kabin saat sobat melitasi jalanan menanjak dan turunan tajam.

4.Akselerasi menurun

Kondisi kampas kopling yang sudah tipis dan licin bisa memicu akselerasi mobil menurun / melemah.Putaran mesin yang tinggi akan memicu suhu mesin yang lebih panas ( biasanya meningkat secara drastic ).

5.Terjadinya Selip Kopling

Dengan memburuknya kondisi kampas kopling,tentunya dapat membuat selipnya komponen ini.

6.Sulit pindah gigi saat mesin panas

Kondisi mesin mobil yang sudah panas tidak akan berpengaruh pada kampas kopling yang masih baik,namun jika kampas kopling sudah aus maka suhu panas tinggi pada mesin akan mempengaruhi kinerja kampas kopling yakni susahnya melakukan perpindahan gigi.

Biasanya sobat akan merasa perpindahan gigi lebih kaku dan keras,hal ini karena susahnya sistem transmisi untuk terhubung .

7.Power & kecepatan laju mobil tidak bisa maximal

Ciri kampas kopling mobil sudah mulai habis berikutnya yakni kecepatan maximal akan susah didapat ,hal ini karena tenaga yang keluar dari mesin tidak tersalur dengan baik.

8.Jarak Injak pada pedal kopling lebih pendek

Ciri yang terakhir yakni ditandai dengan jarak injak pada pedal kopling lebih pendek karena kampas yang sudah aus.Hal ini bisa sobat baca dari keberadaan pedal kopling yang lebih jauh dari dasar lantai kendaraan.


Jika ciri-ciri yang telah diuraikan diatas sudah terjadi maka sebaiknya sobat segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan penggantian kampas kopling.Kondisi kampas kopling yang baik tentunya akan membuat kendaraan akan lebih nyaman dan aman saat dibawa perjalanan.

Namun perlu diingat,sobat jangan mudah tergiur dengan harga kampas kopling mobil yang lebih murah karena produk KW.Lakukan penggantian kampas kopling dengan merk original / asli mengingat pentingnya peranan komponen kopling dalam kendaraan.Selain itu dengan mengganti komponen merk original maka kualitas kampas kopling akan terjamin dan tentunya sudah teruji,semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "8 Indikasi & Cara Sederhana Cek Kampas Kopling Mobil Sudah Mulai Habis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel