Mobil Esemka Buatan Anak Bangsa

OTOSPEEDMAGZ.COM - Polemik mobil buatan anak bangsa ini, sudah banyak didengar oleh berbagai kalangan masyarakat luas dari seluruh penjuru wilayah Indonesia. Mobil ini, diprakarsai oleh Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Surakarta.


Mobil ini terkenal sejak 12 tahun yang lalu tepatnya bulan oktober tahun 2009 ketika dipamerkan di acara yang di selengarakan oleh dinas Kependidikan tahun 2009 silam. Dahulu mobil Esemka Ini adalah mobil yang digagas oleh seorang pemilik bengkel motor yang bernama Sukiyat, tahun 2007 itulah awal sejarah dimulainya perjalanan mobil Esemka.

Mobil yang berasal asli dari Indonesia, atau buatan lokal ini memang sudah banyak yang memesan mobil tersebut pada awal mobil ini dipamerkan. Namun berbagai kendala yang harus di hadapi membuat hal tersebut tertunda, karena belum ada uji kelaikan produksi dan biaya yang memadai.

Karena pemerintah yang seperti tidak peduli dengan karya anak bangsa, bukan hanya hal tersebut persaingan dengan produk produk asing yang sudah terkenal terlebih dahulu membuat sulit untuk memproduksi mobil karya anak bangsa ini.

Mobil Esemka, adalah mobil asli buatan anak bangsa yang patut kita apresiasi dan pemerintah harus mendukung hal tersebut karena dapat mengurangi kegiatan pembelian barang dari luar Indonesia. Jika hal tersebut, didukung oleh pemerintah ada kemungkinan produk buatan negeri sendiri ini bisa mencapai pasar global.

Justru hal tersebut akan menjadi sumber pendapatan negara yang akan sangat menguntungkan. Sehingga nama Indonesia akan terkenal diluar negeri dan pengangguran di indonesia ini berkurang.

Keinginan memproduksi mobil Esemka ini perlahan lahan mulai terwujud Presiden Jokowi atau Joko Widodo Meresmikan pabrik pembuatan mobil Esemka tersebut pada hari jumat, 6 September tahun 2019.

Ketika itu Presiden ketujuh Republik Indonesia ini juga merilis mobil pick up Bima buatan Esemka. Setelah rangkaian peristiwa tersebut akhirnya mobil Esemka tersebut dapat diproduksi masal. Karena sudah mengantongi ijin dari berbagai pihak.

Mobil Esemka memang mobil buatan asli Indonesia, mobil ini memiliki 96,5 horse power dengan torsi 119 Nm. Produk mobil Esemka Bima ini memang memiliki suku cadang asli buatan perusahaan dalam negeri.

Tangki mobil Esemka ini di buat oleh PT INKA perusahaan BUMN yang bergerak dibidang transprtasi kereta api, Dashboard dan Kemudi mobil Esemka di buat oleh PT Usra Tampi adalah perusahaan yang bergerak dibidang plastik.

Radiator di buat oleh Perusahaan yang bekerjasama dengan orang jepang namun produk dan bahan asli buatan diambil di dalam negeri yaitu PT Tokyo Selamat Sempurna, Blok mesin dan transmisi dipasok oleh PT Cikarang Manufacturing yang bergerak dibidang manufacturing.

Kaca mobil ini diproduksi oleh PT Armada Indah Agung Glass perusahaan yang bergerak dibidang kaca, Seluruh komponen komponen dibuat olehh perusahaan asli indonesia yaitu PT Indospring perusahaan ini membuat perdaun mobil Bima dan PT ABC yang bergerak dibidang karoseri.

Belum ada Komentar untuk "Mobil Esemka Buatan Anak Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel