Deretan Teknologi Baru Di MotoGP 2019

OTOSPEEDMAGZ.COM - MotoGP merupakan ajang bergengsi sebagai ajang adu balap pabrikan dunia,tak hanya kecepatan saja tetapi teknologi pun disana menjadi ajang bahkan uji coba teknologi dunia otomotif terlebih motor balap.MotoGP memang menjadi lading untuk pengembangan teknologi demi meningkatkan performa mesin motor.Lalu apa saja teknologi di ajang MotoGP tahun 2019 ini,berikut uraianya.

teknologi motogp


Rem dan jok belakang Ducati
Bulan Novemver 2018 Ducati memamerkan jok dan rem belakang baru yang di uji coba di Jerez.Ducati melopori system linkafe radikal eksternal  yang sangat menarik di GP19  demi menyaingi pabrikan Honda.
Mesin Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci  memakai  'perangkat holeshot'  terlihat di antara penjepit rangkap tiga di Sepang hal ini untuk mengurangi ban depan terangkat saat start.

Swingarm Ducati
Swingarm yang digunakan oleh Dovizioso, Petrucci, dan Jack Miller dulu sempat dip rotes oleh tim lain menganggap illegal.Setelah dilegalkan oleh race direction ,Aprilia dan Honda juga meguji perangkat ini di Austin,dan Yamaha mengenalkanya di Jerez.Perangkat ini berguna untuk mengurangi suhu ban belakang motor.

Honda punya Tanki dan jok baru 
Insinyur HRC  berusaha menciptakan berbagai bentuk tangki bahan bakar demi kenyamanan pembalap Jorge Lorenzo dengan tungganganya Honda RC213V terutama saat pengeraman.Hal ini agar pembalap bernomor #99 ini lebih maximal saat mengendarai motornya karena akan didukung dengan fitur eksternal yang disematkan di jok dan tangki motornya.Hal ini serupa dengan Ducati yang juga menanamkan fitur ini di GP19.

Swingarm karbon baru KTM
Motor untuk Pol Espargaro di Prancis  ini di bekali swingarm karbon versi KTM ,dan hasilnya Espargaro bisa naik ke posisi keenam yang hanya terpaut enam detik dari pembalap Marc Marquez yang memenangkan race tersebut. ''Swingarm (dari karbon) sesuatu yang saya butuhkan, terutama saat kondisi aspal menurun,'' kata Espargaro dikutip dari Crash

Valentino Rossi pakai Knalpot baru
Pembalap yang sudah banyak dikenal bahkan menjadi idola di kalangan MotoGP ini mengambil contoh knalpot baru agar kefepatan tertinggi saat race tetap stabil atau tidak kehilangan speed di motor Yamaha M1 saat di Barcelona.

Sasis dan swingarm Suzuki baru
Hasil uji coba sasis dan swingarm ini oleh Alex Rins di balapan Montmelo teryata patah,akan tetapi hal ini memberi  banyak pelajaran dan pengalaman atau point positif dari percobaan sasis modifikasi tersebut.Hal ini disampaikan oleh Rins sendiri.

Mantapp kan kawan uji coba teknologinya…tapi mungkin masih ada lagi beberapa banyak lagi teknologi yang bisa  di ulas di ajang MotoGP,dan beberapa diantara adlah hal yang sudah kami sampaikan diatas.

Belum ada Komentar untuk "Deretan Teknologi Baru Di MotoGP 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel