Kelebihan Teknologi Rangka Terbaru Honda Genio


OTOSPEEDMAGZ.COM - Honda Genio menerapkan rangka atau frame baru dengan teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame),hal ini belum pernah diterapkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM)  pada skutik untuk produk massal. Frame ini mempunyai kontruksi mengkotak yang terlihat dari underbone sampai belakang sasis.Rangka ini pelat yang di tekuk dan di press,yakni dengan proses produksi laser welding serta press.Sehingga bentuknya tidak lagi membulat.

Teknologi Rangka Genio

Rangka Ringan 
Rangka ini diklaim lebih ringan 8% dari rangka sebelumnya menurut Kaori Kaneko, Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center.Rangka ini juga diklaim lebih stabil dan lincah untuk pengendalian motor karena rangka ini lebih kuat dan ringan.
Honda Genio hanya memiliki bobot 89 kg tipe CBS dan 90 kg tipe ISS,sedangkan Scoopy tipe CW (92 kg) dan CBS-ISS (93 kg),untuk Beat eSP 92kg Tipe CW, 93kg Tipe CBS dan CBS-ISS,maka jika dibandingkan antara Honda Genio lebih ringan dari Scoopy dan Beat eSP  serta akan lebih unggul saat bermanuver di tikungan.

 Proses Produksi  Cepat
Proses produksi jika menggunakan rangka ini akan lebih cepat ,karena untuk pengerjaan mudah dan cepat hanya menggunakan las laser serta cukup dengan satu orang saat system produksi.Maka dari itu biaya produksi bisa ditekan dan mempercepat alur produksi.Hal ini memberikan keuntungan tersendiri oleh pihak Honda.Sasis dan rangka seperti ini termasuk pertama kali telah  diterapkan di kendaraan roda dua di Indonesia.

Mesin motor ini juga menggunakan generasi terbaru ,karena banyak perbedaan dari matik seperti Honda BeAT  yang menggunakan mesin 110cc.Dengan spesfikasi 110 cc 4-langkah SOHCeSP dengan pendingin udara serta system injeksi di suplay bahan bakarnya.Ditambah teknologi ACG maka akan memperhalus mesin saat di starter.

Motor ini berdiameter x Langkah, 47,0 x 63,1 mm, berasio kompresi 10,0:1. Serta langkah pistonnya dibuat lebih panjang untuk berakselerasi.Sementara  ukuran piston 50 mm dan langkah 55,1 mm. Jika disbanding BeAT  kompresi mesin Honda Genio lebih tinggi, 10:1, karena Beat eSP hanya 9,5:1. Selain kompresi yang dihasilkan tinggi Genio juga tetap bisa memakai bahan bakar beroktan rendah.Seperti yang disampaikan oleh  Assistan Chief Engineer Honda Co., Ltd, Makoto Dohi di sela acara peluncuran Honda Genio ini.

 Berapa Tenaga Mesinnya
Jika dikomparasi dengan Honda BeAT  torsi Genio lebih unggul karena Honda Beat hanya 9,01 N.m (0,92 kgf.m) pada 6.500 rpm dengan tenaga 6,38 KW (8,68 PS) pada 7.500 rpm .Sedangkan untuk Genio torsi mencapai 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm dengan tenaga di angka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm.

Honda Genio ini dari data internal Honda mampu berjalan 60 km/liter untuk konsumsi bahan bakarnya.Dengan angka sekian motor ini termasuk irit bahan bakar serta power yang dihasilkan juga besar berkat mesin barunya,hal ini disampikan Makoto.

Motor skutik Honda ini dijual seharga Rp.17 Jutaan,sangat kompetitifkan kan kawan…,Semoga artikel ini menjadi informasi bermanfaat untuk para pencari motor baru ataupun para pecinta otomotif di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Teknologi Rangka Terbaru Honda Genio "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel