Perbedaan Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire,Luxury MPV Indonesia

OTOSPEEDMAGZ.COM – Siapa yang tak kenal dengan  mobil MPV Premium besutan Toyota yang mempunyai nama besar dan nama terkenal layaknya artis ini ,hehe.Tahun lalu Toyota telah mengeluarkan mobil Luxury multi purpose vehicle (MPV) yang sangat disukai oleh kalangan menegah ke atas ini.Beberapa ubahan di segi interior dan eksterior juga sudah diberikan  di kedua MPV premium ini.

Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire


Dengan adanya beberapa penyegaran di kendaraan MPV Preium Alphard dan Velfire,tentunya memberikan kesan dan gaya elit tersendiri bagi penggunanya.Penyegaran baik di segi interir dan eksterior juga tentunya menambah dari nilai jual dari harga Alphard dan Vellfire ini.Penambahan harga dari kedua unit ini masin-masing untuk harga barunya telah naik berkisar 20 juta sampai dengan 50 jutaan.

Dengan kenaikan harga itu ,pastinya juga Toyota telah memberikan sesuatu yang istimewa dan special  serta mempertahankan posisi yang sudah begitu baik dari unit MPV Premium ini.Dikutip dari data GAIKINDO atau Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia di tahun 2017 bahwa unit kedua MPV Premium ini telah terjual 4.126 unit  kendaraan atau dengan pangsa pasarnya 91,9 %.Tentunya ini menjadi gairah tersendiri bagi Toyota untuk tetap bisa mempertahankan omset dari unit MPV premium ini.

Jika dilihat secara sepintas kedua mobil ini begitu kembar atau mirip kawan,apalagi jika di lihat dari sisi interior mobil Alphard dan Vellfire ini.Kali ini kita akan membahas apa sih Perbedaan Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire ini.Kita akan bahas sisi demi sisi berikut ini .

Perbedaan Eksterior New  Alphard dan  New Vellfire

Sebenarnya jika dilihat dari segi eksterior dari kedua MPV ini tampak jika New Alphard lebih resmi ya kawan.Sesuai yang diutarakan oleh pihak Toyota bahwa Toyota Alphard memang di desain untuk mobil Luxury MPV yang bernuansa lebih ke formal dan dynamic.Sedangkan untuk Toyota Vellfire lebih condong ke mobil MPV Premium dengan stylish ,modern dan syarat dengan teknologi canggih atau hightech.

Toyota Alphard mempunyai grill yang lebih besar dengan penambahan aksen krom dengan bilah vertical.Grill tersebut menampakan seolah-olah membelah bagian depan sampai dengan bawah.Sementara untuk grill Toyota Vellfire lebih ke ornament dengan desain horizontal.Kedua logo dari MPV ini dilekatkan di tengah-tengah grill di kedua unit ini.Perbedaannya lagi untuk Toyota Alphard menggunakan logo khusus sedangkan Vellfire memakai logo Toyota biasa.perubahan dari kedua unit ini terletak pada headlamp,grill,foglamp dan hood moulding.

Beralih ke sisi lampu lampu Toyota Alphard lebih ke desain tunggal lampu,sedangkan vellfire lebih ke lampu yang di split menjadi dua atau menjadi dua bagian dengan bagian bawah yang menyesuaikan alur grill.Perbedaan lainya terletak pada desain  lampu kabut di kedua MPV ini. Untuk sisi samping dari kedua MPV ini terlihat mirip dari kedua sisi Alphard dan Vellfire.

Perbedaan Interior New  Alphard dan  New Vellfire

Jika kita masuk kedalam dari kedua unit MPV premium ini akan tampak terlihat sama,baik dari posisi tombol ,interior dan sampai dengan captain set.Perbedaanya yakni terletak pada ornament panel kayu,untuk Vellfire tipe 2.5 G menggunakan metal wood yang masih didominasi warna hitam.Sedangkan untuk Toyota Alphard varian dari 3.5 Q yakni adanya aksen brown olive ash brull woodgrain dengan dominasi warna hitam.

Melangkah ke bagian instrument audio Alphard ,untuk pengaturan audionya terletak dibawah layar dari system multimedia yang berada di dasboard Toyota Alphard.Sedangkan untuk Toyota Vellfire pada multimedia sudah dioperasikan dengan touchscreen atau bisa juga lewat tombol yang berada di setir kemudi.Toyota telah memberikan fitur Digital Rear View Mirror dengan kamera parkir dengan penambahan angle pada saat melakukan parkir.

Untuk Toyota Vellfire varian 2.5 G, 3.5 Q, 2.5 G Vellfire, atupun Hybrid telah diberikan penambahan Blind Spot Monitor sebagai penambah luas area pandangan pengemudi khusunya untuk bagain blind spot.Dan untuk Vellfire varian 3.5 Q telah menggunkan teknologi berupa auto idling terbaru yang bisa mengoptimalkan kinerja dari system konsusmi bahan bakar.

Perbedaan Mesin dan Transmisi New  Alphard dan  New Vellfire

Mesin dari kedua MPV premium ini memang terlihat cukup berbeda kawan,Toyota Alphard  memiliki 3 tipe mesin yakni 2,5 G AT, 2,5 X AT serta 3,5 Q AT.Untuk Alphard tipe G dan X telah dibekali mesin 4 silinder dengan dukungan 16 katup tipe DOHC dan Dual VVT-I dengan kapasitas mesin 2.494 cc atau lebih dikenal dengan 2.500 cc.Mesin Toyota Alphard ini mampu memberikan tenaga sebesar 180 PS dengan trosi 239 Nm yang di dukung dengan transmisi CVT atau Continuous Variable Transmission.

Untuk varian tertingginya yakni 3.5 Q dengan transmisi AT / 6-speed Sequential  dibekali mesin V type dengan 6 silinder didukung dengan 24 katup, DOHC,serta Vhain Drive with Dual VVT-I dengan kapasitas mesinnya mencapai 3.456 cc.Tenaga yang diberikan mesin sebesar ini yakni 275 PS dengan torsinya 347 Nm.

Beralih ke dapur pacu Vellfire ,MPV ini hanya memiliki tawaran satu jenis mesin saja kawan.Vellfire tipe 2.5 G bertransmisi AT telah memakai mesin dan tipe transmisi yang sama dengan Toyota Alphard tipe G dan X.

Perbedaan Harga New  Alphard dan  New Vellfire

Selanjutnya setelah mengetahui beberapa perbedaan baik dari segi eksterior dan interior dari  kedua MPV kelas premium ini,maka pastilah bertanya-tanya tentang perbedaan harga dari Alphard dan Vellfire.Berikut harga New  Alphard dan  New Vellfire :
  • Toyota Alphard 3.5 Q A/T  dibanderol +- Rp 1.775.000.000
  • Toyota Alphard 2,5 X A/T dibanderol +- Rp 930.000.000 
  • Toyota Alphard 2.5 G A/T dibanderol seharga Rp 1.080.000.000. 
  • Sedangkan untuk Toyota Vellfire 2.5 G A/T dibanderol seharga +- Rp 1.113.000.000.
Catatan : Harga diatas perkiraan OTR Jakarta dan harga sewaktu-waktu bisa berubah,beda daerah bisa berbeda harga unitnya.

Dari harga diatas tampak layak jika mobil MPV premium ini dibanderol dengan harga tersebut.Pilihan warna baru pun juga ikut diberikan oleh Toyota yakni Steel Blonde Metallic dan Graphite Metallic  di kedua MPV ini.MPV  premium dengan fitur canggih dan modern ,desain yang modern dan stylish serta yang sangat mencolok yakni nama besar dari kedua Luxury MPV New  Alphard dan  New Vellfire  untuk kalangan menengah keatas bahkan elit .

Sekian artikel OTOSPEEDMAGZ.COM semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dunia otomotif di Indonesia buat kawan-kawan semua.Salam Satu Hati Otomotif Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire,Luxury MPV Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel