5 Kelebihan Mobil Bermesin Diesel,Lebih Awet dan Hemat Buat Kendaraan Operasional

OTOSPEEDMAGZ.COM - Di Indonesia mobil tipe apa yang makin banyak peminatnya sobat..? jawabanya pasti tertuju pada SUV dan MPV.Mobil tipe SUV  di Indonesia jika di lihat secara sepintas di jalanan saja,terlihat ikut mendominasi selain dari varian MPV.Masyarakat Indonesia sepertinya makin menyukai mobil dengan gaya desain besar dan gagah,lihat saja kemunculan Wuling Indonesia yakni dengan mengeluarkan jenis mobil SUV dan MPV.Mobil SUV yang mempunyai desain gagah dan kokoh serta dengan ground clearance tinggi ini sudah banyak terlihat begitu banyak baik di kota apalagi daerah dengan medan jalan yang kurang bersahabat.

Kelebihan Mobil Bermesin Diesel dibanding mesin bensin

sumber foto : pixabay.com

Kelebihan Mobil Bermesin Diesel 

Mobil-mobil SUV keluaran terbaru juga sudah banyak yang mengadopsi mesin bertipe diesel,pasalnya kelebihan mesin diesel ini mempunyai kekuatan atau daya yang lebih besar dibanding dengan mobil berbahan bakar bensin.

Hal ini sangat terlihat jika kelebihan mesin diesel yang diterapkan oleh pabrikan mobil sudah diterpkan banyak di mobil-mobil besar oleh perusahaan armada dan industry ,atau dengan kata lain mempunyai mobil berdaya angkut penumpang dan barang dengan kapasitas besar.Lalu apalagi kelebihan-kelebihan mesin diesel yang menempel di beberapa jenis mobil SUV,MPV,dan lainya..,berikut ulasanya.

1.Mesin Diesel Anti Overheat

Uap yang dikeluarkan kendaraan berbahan bensin  akibat dari konsumsi bahan bakar merupakan salah satu penyebab kenapa mesin mobil mudah terkena overheat .Hal ini tentunya berbeda dengan kendaraan dengan mesin  diesel berbahan bakar solar,mesin jenis ini tidak mengeluarkan uap sehingga potensi kebakaran dan over heat pada mesin mobil lebih kecil dibanding dengan mesin berbahan bakar bensin.

Sehingga hal ini mejadi kelebihan mobil bermesin diesel,apalagi untuk jalan raya yang padat kendaraan yang berpotensi menambah suhu panas kendaraan.

2.Mobil Bermesin Diesel Punya Torsi Baik ( Maximal ) Saat RPM Rendah

Mobil bermesin diesel memang sudah banyak diketahui para pengendara jika lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.Kenapa demikian..?,mesin diesel mampu menghasilkan torsi yang lebih rendah dibanding mesin bensin,hal ini juga dikarenakan untuk mesin diesel mampu melakukan saat RPM rendah sehingga akan membuat konsumsi BBM semakin efisien atau hemat.Jadi mobil bermesin diesel akan lebih memberikan performa atau tenaga yang besar meskipun dengan konsumsi bahan bakar yang relative sedikit.

3.Mesin Diesel Lebih Tangguh

Sudah banyak orang mengetahui jika mesin diesel relative lebih awet dibandingkan dengan mesin bensin.Hal ini dikarenakan mobil dengan bermesin diesel hanya membutuhkan sedikit pengapian sehingga kerusakan pada mesin akan sangat relative lebih sedikit.

Untuk mesin diesel di era sekarang yang lebih canggih,yakni dengan adanya perpaduan turbo pada mesin diesel akan lebih mengoptimalkan performa dan menutupi beberapa kekurangan yang dihasilkan oleh mesin diesel.Jika sobat ingin membeli mobil bekas maka hendaklah membeli mobil dengan bermesin diesel karena jelas ketahananya lebih  unggul disbanding bermesin diesel.

4.Tanpa Busi Untuk Pengapian Mesin

Kelebihan ini tentunya tidak banyak ada di mobil bermesin bensin,karena untuk mobil bermesin diesel sudah terdapat pengapian automatis,yakni untuk mobil bermesin diesel ini tidak menggunakan yang namanya busi dan kawat untuk pengapianya.Dengan adanya system pengapian seperti ini maka biaya perawatan mesin mobil lebih menguntungkan.

Jika mesin diesel hanya membutuhkan rangakain mesin sederhana untuk bisa beroperasi,namun untuk mobil bermesin bensin membutuhkan rangkaian yang begitu banyak untuk melakukan pengapian pada mesin.Sehingga tepatlah jika mobil diesel akan lebih hemat di kantong si pemilik kendaraan ini dari segi perawatan.

5.Nilai Jual Kembali Mobil Bermesin Diesel Lebih Baik

Mobil dengan bermesin diesel setelah beberapa ulasan diatas,tentunya terlihat jika mobil diesel mempunyai banyak kelebihan.Baik dari konsumsi bahan bakar,kemudahan dalam perawatan,serta ketahanan dari mesin itu sendiri.Mobil jenis ini pun sangat baik jika untuk mobilitas tinggi.

Belum lagi untuk nilai penyusutanya tidak begitu banyak,dan tetntunya kembali lagi akan lebih menguntungkan pemiliknya.Hal ini terbukti dari beberapa situs penjualan mobil bekas seperti OLX,Mobil123,dll mobil bermesin diesel cenderung lebih mahal untuk tahun yang sama.Dan belum lagi banyak masyarakat yang lebih suka akan performa daya mobil bermesin diesel.

Mobil bermesin diesel memang lebih banyak diminati oleh masyarakat karena memang dari beberapa segi kelebihanya yang begitu terlihat menguntungkan dibanding dengan mobil bermesin bensin.Tidak hanya dari segi perawatan dan biaya operasionalnya namun jika sobat mau membeli ataupun menjual mobil bekas dan baru bermesin diesel juga banyak yang melirik.
Semoga informasi ini bermanfaat dan Salam Satu Hati Otomotif Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "5 Kelebihan Mobil Bermesin Diesel,Lebih Awet dan Hemat Buat Kendaraan Operasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel