Jangan Sampai Fan Belt Putus,Begini Cara Merawatnya Agar Awet

OTOSPEEDMAGZ.COM - Jangan sampe fan belt kendaraan sobat putus dijalan ya…,karena hal ini sangat beresiko merusak part atau komponen-komponen kendaraan lainya,dan tentunya akan menggangu sobat diperjalanan jika hal ini terjadi di tengah-tengah perjalanan jauh.

Sangat dianjurkan sobat memperhatikan dan merawat komponen fan belt ini.Karena fan belt ini mempunyai fungi penting di mesin kendaraan sobat.Komponen ini begitu pentingnya karena mempunyai fungsi untuk menggerakan beberapa komponen vital di kendaraan.Berbeda dengan fan belt yang digunakan di mesin diesel yang hanya untuk menggerakkan pompa vakum.

Cara Merawat Fan Belt Mobil Agar Lebih Awet

sumber foto : pixabay.com
Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

Untuk kerusakan atau keausan fan belt mempunyai beberapa ciri tertentu saat di gejala awalnya,hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan lebih parah.Jika bunyi tidak biasa muncul di bagian mesin terutama ruang fan belt,maka segeralah sobat lakukan cek atau pemerikasaan kendaraan di bengkel terpercaya atau bengkel resmi kendaraan sobat.

Jika kondisi fan belt kendaraan telah putus,maka langkah tepatnya dengan segera ganti komponen ( fan belt ) dengan part yang baru. Namun yang perlu sobat ketahui jika fan belt putus kondisi mobil akan tetap bisa melaju secara darurat dengan jarak yang tak terlalu jauh,dan jangan lupa selalu melihat kondisi temperature mesin mobil untuk menjaga keamanan kondisi mesin.

Karena itu merawat fan belt sangat diperlukan agar lebih awet dan menghindari kerusakan lainya di mesin kendaraan sobat,berikut beberapa tips untuk merawat fan belt .

1.Selalu Periksa Fan Belt di Saat Servis Berkala

Pemeriksaan fan belt sangat diperlukan guna mengetahui apakah kondisi fan belt sudah aus atau pun getas dan kurang lentur.Hal ini pastinya akan dilakukan saat sobat menservis kendaraan secara rutin / servis berkala baik di bengkel resmi atau kepercayaan.

Penggantian fan belt akan disarankan saat kondisi komponen ini sudah mulai retak ,kondisi tipis dan juga tidak lentur lagi.

2.Penyetalan Ulang Fan Belt

Fan belt sangat berpengaruh pada laju kendaraan sobat,jadi jika fan belt dalam kondisi kendur atau renggang maka tenaga yang didistribusikan dari mesin akan kurang maximal,dan bahkan bisa terjadi slip.Jika hal ini terjadi maka semua komponen akan bekerja kurang maximal.

3.Hindari Pelumas Fan Belt Berlebihan

Saat sobat memeriksa / servis kendaraan,jika bagian fan belt ini saat bekerja mengeluarkan suara yang kurang nyaman / keras,maka biasanya pihak servis akan memberikan pelumas / grease yang di oleskan ke fan belt.

Namun jika pemberian pelumas yang terlalu banyak hanya akan menimbulkan slip pada saat komponen ini bekerja.Dengan terjadi slip yang berlebih maka fan belt ini juga bisa mengalami putus.

Jadi bagi sobat yang sudah mengalami hal seperti uraian di atas ,maka sebaiknya segera periksa atau cek servis ke bengkel resmi / terpercaya.Jika kondisi fan belt memang sudah tidak layak pakai segeralah untuk mengganti dengan kompone fan belt ini dengan yang baru.

Semoga beberapa uraian informasi diatas bisa bermanfaat dan sobat bisa mengenali kerusakan fan belt dan merawat agar lebih awet ,serta tentunya akan memberika rasa nyaman dan aman saat berkendara jarak jauh.Semoga bermanfaat,Salam Satu Hati Otomotif Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sampai Fan Belt Putus,Begini Cara Merawatnya Agar Awet "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel