Tips Ini Bisa Membuat Anda Mengurangi lelah Saat Berkendara Jarak Jauh

OtoSpeedMagz.com – Tips Mengemudi Jarak Jauh - Saat sobat bepergian jauh menggunakan kendaraan pastilah banyak resiko yang harus sobat antisipasi.Baik itu dari jalan dan lingkungan yang dilalui sampai dengan keamanan untuk sobat sendiri serta orang yang sobat bepergian juga.Tak hanya soal keselamatan pribadi dan orang lain,namun kendaraan sobatpun menjadi factor penting yang harus dijaga saat menggunakan jarak jauh.

Tips Mengemudi Jarak Jauh
sumber foto : pixabay.com

Tips Mengemudi Jarak Jauh

Namun ada factor penting lainya yang harus sobat lebih pahami,yakni kondisi tubuh sobat saat mengendara perjalan jarak jauh.Seperti yang disampaikan oleh beliau Sonny Susmana sebagai praktisi di komunitas Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) jika salah satu pemicu yang seringkali menjadi factor kecelakaan yakni dari faktor internal seperti kelelahan saat berkemudi.

Ada juga factor lainya yakni terjadinya pecah ban kendaraan,hal ini dikarenakan ban yang dipakai sudah tidak layak ataupun bisa juga kekurangan angin.Dan untuk factor kelelahan itu terjadi karena si pengemudi sudah mengabaikan sinyal atau peringatan dari tubuh itu sendiri seperti sudah ngantuk dan tubuh terasa lelah namun tetap dipaksakan mengemudi.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut ada beberapa tips dari beliau Bapak Sonny,beberapa tips ini harus dilakukan oleh pengemudi baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat.

1.Beristirahat  Yang Cukup

Bapak Sonny sendiri juga menyarankan kepada sopirnya untuk beristirahat sejenak kurang lebih 3 jam saat melakukan perjalanan jarak jauh.Hal lain yang sobat tahu yakni meskipun sudah meminum kopi sebagai obat rasa ngantuk,namun tetap disarankan untuk tidur sejenak.Karena dengan meminum kopi yang berkafein ini akan berkasiat setelah 1 jam setelah minum bukan secara instan.

Dengan melakukan istirahat tidur sejenak akan memberikan effek lebih segar untuk kondisi tubuh kita,apalagi jika kita sudah meminum kopi akan menambah hilangnya rasa kantuk.

2.Perhatikan Asupan Makanan dan Kondisi Tubuh

Untuk melakukan perjalanan jauh ada baiknya sobat sebelumnya makanlah makanan yang banyak mengadung asupan gizi yang baik,terutama makan yang mengandung Vitamin C .Hal ini agar tubuh mendapatkan asupan yang sebaik mungkin untuk tetap fresh dan bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Kandungan makanan yang harus dikonsumsi sebaiknya juga lebih banyak kandungan karbohidrat tinggi dan gas.

3.Atur Waktu Untuk Berkendara

Untuk melakukan perjalanan jauh,sebaiknya sobat lakukan saat waktu pagi ataupun siang hari.Waktu inilah menjadi waktu yang baik karena memang bukan masuk waktu untuk beristirahat atau tidur.Namun banyak juga sobat-sobat kita yang melakukan perjalanan berkendara di malam hari karena untuk menghindari kemacetan jalan dan kepadatan lalu lintas.

Bagi para pengemudi pemula atau dengan jam terbang yang rendah ada baiknya lakukan perjalanan pagi atau siang hari ,karena untuk tingkat resiko rendah baik mengalami ngantuk atau jika ada resiko lainya .Dan bagi sobat yang sudah terbiasa dengan jam terbang yang tinggi ,maka sobat hanya lalukan penyesuain waktu yang sekiranya sesuai dengan kondisi tubuh yang baik atau prima.

Semoga beberapa tips tadi bisa bermanfaat bagi sobat yang laukan perjalan jauh,semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Ini Bisa Membuat Anda Mengurangi lelah Saat Berkendara Jarak Jauh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel