10 Mobil Ini Kurang Laku di Indonesia,Kamu Punya Salah Satunya..?

OTOSPEEDMAGZ.COM – Mobil Tidak Laku-Penggunaan kendaraan roda 4 (empat ) saat ini begitu di minati dan semakin banyak pemiliknya.Mobil lebih dipilih dibanding motor karena fungsi dan manfaatnya yang lebih banyak.Dengan menggunakan mobil,tentunya semua anggota keluarga bisa ditampung untuk perjalanan jauh.

Mobil Kurang laku di Indonesia


Daftar Mobil Yang Tidak Laku Di Indonesia

Maka..,tidak heran jika peningkatan penjualan mobil bekas dan mobil baru begitu pesat.Meskipun pembelian mobil di lakukan secara kredit atau meng-angsur oleh beberapa konsumen.Namun,meskipun potensi penjualan mobil di Indonesia termasuk besar,ada beberapa merek mobil yang mengalami kelesuan dalam penjualan bahkan kurang laku di pasaran.

Dan berikut beberapa uraian daftar mobil yang kurang laku atau tidak laku di Indonesia,apakah sobat punya salah satunya..?.

1. Mazda VX-1

Mobil dengan desain mirip dengan Suzuki Ertiga ini,nyatanya kurang diminati di masyarakat.Padahal,mobil Mazda VX-1 ini sudah mengusung banyak fitur dan spesifikasi yang begitu baik.Yakni dengan menggendong mesin 1373 cc ,tipe DOHC + VVT tentunya performa mobil cukup menjanjikan dan irit bahan bakar.

Mazda VX-1


Dengan Daya Maksimum hingga  95 ps / 6000 rpm dan Torsi Maksimum : 13.25 kgm / 4000  rpm,tentunya memberikan kapasitas performa mesin yang cukup bisa diandalkan.Mobil ini mempunyai transmisi  5 Percepatan Manual dan  4 Percepatan untuk tipe  Automatic.

Karena penjualan yang kurang bagus,yang hanya bisa menembus angka kurang dari 1.000 unit di sepanjang tahun 2014.Maka produsen Mazda segera menghentikan produksi dari model VX-1 ini.

Padahal,untuk promosi pemasaran dari mobil Mazda VX-1 ini sudah besar-besaran hingga ikut dalam pameran.Namunpada kenyataanya,peminat mobil ini masih begitu sedikit atau kurang diminati di pasar Indonesia khususnya.

2. Nissan Murano

Mobil yang mempunyai varian  mesin 2.500 cc dan 3.500 cc ini secara desain sebenarnay cukup terlihat modern dan futuristic.Begitu juga dengan Daya Maksimum hingga : 180 HP @6.000 RPM (2.5L) ; 245 HP @5.800 RPM ( 3.5L ) ,sedangkan Torsi Maksimum : 45 Nm @4.000 RPM (2.5L) dan 333 Nm @4.400 RPM(3.5L).

Nissan Murano


Selain dari desain yang keren,mobil ini juga telah menggunakan tipe transmisi CVT serta penambahan fitur yang sudah lengkap.Mobil ini diluncurkan oleh Nissan guna mengambil kesempatan pada saat pamor dari Toyota Harrier mulai menurun.Lalu pihak Nissan mengeluarkan mobil SUV sebagai pesaing Harrier versi mereka.

Secara keseluruhan,mobil Nissan Murano ini tampil desain bentuk begitu keren ,namun lagi-lagi minat masyarakat kurang baik di mobil ini.Alhasil,mobil Nissan ini dihentikan produksinya ditahun 2013 silam.Ditambah lagi,karena adanya promosi yang kurang jelas,mengakibatkan mobil ini tidak terjual satu unit pun di tahun 2014.

3. Peugeot 107

Sejak mobil Peugeot 106 dikeluarkan dan dipasarkan oleh pihak Peugeot, sudah tampak kurangnya minat para pembeli mobil di pasar Indonesia dengan mobil ini.Dan sangat terlihat lagi kala mobil ini diteruskan dengan model Peugeot 107.

Peugeot 106-107


Secara harga memang mobil begitu terjangkau,dan memang menjadi salah satu mobil murah di pasar Eropa.Maka jangan heran,jika mobil ini juga tidak begitu direspon di pasar Indonesia.Karena selain desain bentuknya yang kurang mantap,mobil ini terlihat kurang memunculkan aura menarik buat para konsumen otomotif.

4. Infiniti Car

Siapa yang tahun akan merk ini,tentunya hanya sedikit orang yang mengenal akan merk mobil bernama nfiniti.Hal ini wajar,karena memang nama mobil nfiniti tidak bisa melambung tinggi seperti merk mobil lainya yang sama-sama dari negeri Sakura atau Jepang.

Infiniti Car


Bahkan untuk penjualan dari mobil nfiniti tidak pernah sampai 100 unit bisa terjual.Dan bahkan untuk tahun 2015,penjualan dari mobil nfiniti hanya bisa memukukan 8 ( delapan ) unit saja.Penjualan mobil ini juga sudah kalah dari “saudara tuanya” Lexus ,yang bisa mencatatkan penjualan hingga lebih dari 600 unit mobil ditiap tahunanya.

5. Chevrolet Spin

Tampil dengan desain MPV yang aerodinamis serta dengan harga terjangkau,teryata mobil ini tidak bisa menggaet minat pelanggan di pasar mobil Indonesia.Secara spesifikasi ,Chevrolet Spin telah mempunyai mesin  4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi untuk Tipe 1.2L, 1.5L,dan  4 Cylinder Commonrail Direct Injection with Turbocharger  untuk Type 1.3L.

Chevrolet Spin


Mobil asal Amerika ini juga mempunyai performa yang baik serta efisiensi konsumsi bahan bakar yang sudah baik pula. Untuk Daya Maksimumnya  bisa mencapai  86 PS/5,600 rpm (Tipe 1.2L), 109 PS/6,000 rpm (Tipe 1.5L),dan  75 PS/4,000 rpm (Tipe 1.3L).Sedangkan untuk Torsi Maksimum : 115 Nm /4,000 rpm (Tipe 1.2L), 142 Nm/3,800 rpm (Tipe 1.5L),dan  190 Nm/1,750 rpm untuk Tpe 1.3L.

Sebenarnya merk mobil Spin ini meluncur saat terjadi pergantian management di tubuh perusahaan Chevrolet pusat.Namun keluaran mobil Spin ini teryata kurang diminati oleh masyarkat Indonesia.

6. Toyota Nav1

Mobil yang sebenarnya di harapkan oleh pihak Toyota bisa menggempur pasar di segmen MPV atau Multi-Purpose Vehicle ,teryata malah dibawah eskpetasi dari hasil penjualannya.Mobil ini juga masuk kedalam catatan buruk di pihak Toyota,sebagai mobil yang kurang laku di Indonesia.

Toyota Nav1


Mobil Toyota Nav1 ini mempunyai tipe Mesin : 3ZR-FAE dengan dukungan 4 silinder segaris, serta 16 Valvematic berkapasitas 2,0 L.Kapasitas Silindernya  3456 dengan Sistem Suplay Bahan bakar teknologi  EFI.

Dengan menggendong mesin tersebut,mobil ini mampu memberikan Daya Maksimum  158 Ps/6200 rpm dan Torsi Maksimum mencapai  196 Kgm/1956 rpm.

Namun apadaya keberuntungan dari mobil merk Nav1 ini kurang berpihak.Meskipun mobil ini diproduksi oleh Perusahan besar Toyota ,tetap mobil ini tidak memberikan hasil yang terbaik dalam penjualanya.Malah penjualan  mobil ini semakin terpuruk dan hanya bisa terjual kurang dari +- 600 unit mobil.

7. Nissan Evalia

Mobil yang diharapkan bisa meneruskan dan meniru kesuksesan seperti Nissan Grand Livina ,teryata tidak membuahkan hasil yang diimpikan.Namun,nama Evalia tidak bisa memberikan hasil layaknya Grand Livina sebagai merk yang cukup diperhitungkan di segmen MPV.

Nissan Evalia


Bahkan mobil bernama Evalia ini,malah banyak digunakan dan mendapatkan image seperti mobil barang.Karena dimensi dan luas ruangan interior mobil ini yang begitu luas.

Nissan Evalia dibekali dengan mesin tipe  4 Cylinder Inline, 16 valve+Dual CVTC,dengan kapasitas kubikasi Isi silinder  1.498 cc.Tenaga dan daya mobil ini cukup baik yakni untuk Daya Maksimumnya  109 PS / 5600 rpm dan Torsi Maksimum : 14.6 kgm / 4000 rpm.

Namun,sekali lagi nasib baik belum diberikan untuk mobil Nissan Evalia ini,karena penjualanya tidak mampu menyetarakan dengan MPV Grand Livina sebagai mobil keluarga Indonesia .

8. Kia Morning

Mobil keluaran dari produsen KIA di tahun 2014 merupakan versi murah dari KIA Picanto.Mobil ini juga telah membawa spesifikasi mesin Jenis Kappa 1.0 3-silinder dengan  Dual CVVT DOHC,dengan Isi silinder 998 cc.Mesin Kia Morning mampu mengeluarkan Daya maksimum hingga 69 hp @ 6.200 rpm,dan Torsi maksimum 90 Nm @ 3.500 rpm.

Kia Morning


Karena mobil ini teryata kurang diminati oleh masyarakat maka pada masanya hingga 2016 mengalami keterpurukan dalam penjualanya.Kia Morning ini mengalami pengehentian produksi pada tahun 2015.Meskipun mobil ini di jual dengan angka 100 jutaan,terlihat tidak ada daya tarik ke konsumen layaknya Kia Picanto.

9. Suzuki Celerio

Merk yang sudah terkenal dengan produk mobil yang begitu efisien dalam konsumsi bahan bakar ini,teryata juga mengalami hal serupa yakni gagal penjualan.Hal ini mungkin dikarenakan tidak adanya perubahan inovasi mobilnya untuk memikat minat beli masyarakat Indonesia.

Suzuki Celerio


Namun,dengan kegagalan Suzuki Celerio ini malah memberikan jalan untuk unit Suzuki Ertiga dalam penjualanya.Dan dikabarkan juga jika perusahan Proton  Malaysia juga akan bekerja sama dengan Suzuki untuk memproduksi lagi Celerio ini.

10.Isuzu MU-X

Merk mobil yang sudah terkenal dengan julukan “ Rajanya Diesel” juga tak luput dari kegagalan.Hal ini terjadi di salah satu varian produk mobilnya MU-X.Sebenarnya mobil Isuzu MU-X ini sangat bisa bersaing dengan para rival-rivalnya.Karena mobil ini mempunyai spesifikasi dan fitur yang baik dan futuristic yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Isuzu MU-X


Namun,mobil yang cukup terihat bongsor,luas dan nyaman untuk 7 hingga 8 penumpang ini harus mau menerima kekalahan persaingan dengan Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota Fortuner.Al hasil penjualan Isuzu MU-X mengalami kemrosotan.

Dari 10 daftar mobil yang kurang laku diatas,sebenarnya apa penyebab dari semua kegagalan dan kemrosotan penjualan sebuah unit kendaraan.

Berikut beberapa penyebabnya.

  1. Harga yang kurang bersaing dengan produk mobil dari produsen atau APM lainya.
  2. Kepercayaan masyarakat kepada brand-brand APM besar karena sudah berpengalaman dan pastinya memberikan kendaraan yang berkualitas.
  3. Kemudahan dalam perawatan kendaraan,termasuk juga kemudahaan dalam ketersediaan spare part / komponen mobil.
  4. Strategi marketing yang cukup baik yang bisa menyakinkan masyrakat akan produk kendaraanya.
  5. Adanya penutupan pabrik dari suatu merk kendaraan.
  6. Kesiapan produsen dalam menangani permintaan unit mobil yang laris,sehingga konsumen tidak menunggu atau inden kendaraan terlalu lama.

Jadi sobat,tidak semua mobil yang kurang laku mempunyai kualitas yang jelek.Padahal bisa jadi unit tersebut mempunyai spesifikasi yang baik namun kalah tenar atau kalah dalam strategi pemasaran.Bisa juga karena kurangnya kesiapan produsen dalam pengadaan unit sehingga lama mengantri dan pindah ke merk lain.

Apakah sobat merupakan salah satu yang mempunyai unit dari ke 10 mobil diatas…?.Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "10 Mobil Ini Kurang Laku di Indonesia,Kamu Punya Salah Satunya..?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel