Perbandingan Tes Uji Tabrak 6 Merk Besar,Wuling Sungguh Mengecewakan

OTOSPEEDMAGZ.COM-Tes Mobil-Jika sobat membeli sebuah kendaraan khususnya roda 4 ( empat ),tentunya bukan hanya desain dan performa saja yang diperhatikan.Hal lain yang tak kalah penting saat sobat membeli mobil yakni tingkat keselamatan perlindungan mobil untuk pengemudi dan penumpang.

Uji Tabrak Xpander

Sumber foto : euroncap.com 

Tes Tabrak Mobil 

Seperti halnya produsen mobil Mitsubishi yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk mobil produksi bernama Xpander.Kontrak Garuda Indonesia juga sekaligus putus dengan APM Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Pihak Garuda Indonesia juga menyampaikan untuk tingkat keselamatan juga sangat penting untuk melindungi para pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Dan untuk bisa memastikanya melalui uji tabrak mobil telah dilakukan berdasarkan lembaga yang berfungsi dan bertugas untuk menguji kelayakan suatu mobil yang akan dipasarkan kepada konsumen yakni ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).NCAP ini dikhususkan untuk wilayah Asia Tenggara.

Lalu apakah tingkat keselamatan mobil Xpander itu rendah..?,simak beberapa ulasan sebagai berikut.

Toyota Avanza

Mobil yang merajai atas penjualan mobil MPV di pasar mobil Indonesia pernah melakukan uji tabrak pada bulan juli 2013 dengan hasil yang cukup baik.Mobil MPV Avanza ini mendapatkan skor hingga 4 bintang dari total lima bintang yang ada.Untuk rincian skornya sendiri,tingkat perlidungan keselamatan untuk orang dewasa mendapat 12,98 poin dari total 16 poin ( maximal ).

Dan untuk tingkat perlindungan anak-anak,Toyota Avanza meraih hingga 18,47 poin / 38 % saja dari total nilai maksimal 49 poin.Toyota Avanza yang digunakan sebagai mobil uji tabraknya yakni adalah Toyota Avanza varian 1.3 E tipe manual.

Daihatsu Xenia

Sebagai kembaran dari Avanza,Daihatsu Xenia juga sudah melakukan tes uji tabrak bersamaan dengan tanggal dari Toyota Avanza diuji.Pihak Daihatsu mengeluarkan Xenia R 1.3 dengan transmisi Manual untuk dilakukan uji tabrak.

Hasil yang diperoleh Xenia dalam sesi uji tabrak pun sama dengan Toyota Avanza yakni meraih bintang 4 ( empat ) dari total 5 ( lima ) bintang,meskipun dengan poin yang lebih kecil dari Avanza.

Daihatsu Xenia hanya mampu mendapatkan poin 12,34 poin untuk perlindungan orang dewasa,sedangkan untuk perlindungan anak-anak Xenia mendapatkan poin 15,95 poin.

Mitsubishi Xpander

Selanjutnya ada mobil idaman yang tengah menjadi tren dan impian para keluarga Indonesia.Mobil ini mempunyai desain yang begitu gagah dan menarik minat para pembelinya.Untuk tes uji tabraknya Xpander telah dilakukan pada awal 2018 lalu,dengan membawa varian Xpander tipe GLS bertransmisi Manual sebagai mobil uji tabaraknya.

Hasilnya…mobil dari Mitsubishi ini mampu mendapatkan 4 ( empat ) bintang dari total 5 bintang.Tidak hanya itu,mobil Xpander juga mendapatkan poin nilai yang lebih baik dari Avanza dan Xenia.Dengan perolehan poin sebesar 13,89 poin untuk perlindungan keselamatan orang dewasa,sedangkan untuk perlindungan keselamatan anak-anak meraih 18,69 poin.

Tidak hanya sampai situ,Xpander juga mampu meraih penilaian dengan fitur keamanan baik sebesar 13,89 poin.Dan pengujian Xapnder ini telah menggunakan metode terbaru yang mempunyai metode ketat dibandingakn dengan metode uji tabrak yang lama.

Suzuki Ertiga

Dengan membawa kendaraan Suzuki Ertiga 1.4 dengan tipe transmisi Manual produksi tahun 2016,pihak Suzuki melakukan uji tes tabrak pada bulan April 2016 oleh ASEAN NCAP.Dari hasl pengujian itu,Suzuki Ertiga mendapatkan poin 4 ( empat ) bintang dengan rincian untuk perlindungan orang dewasa meraih 12,39 poin dan untuk anak-anak mendapatkan 16,37 poin.

Honda Mobilio

Yang menarik dari Honda Mobilio ini yakni belum adanya data di pihak ASEAN NCAP,oleh karena itu mobil ini hingga saat ini belum ada informasi mengenai berapa besar poin perlindungan yang didapat dari hasil tes uji tabrak.

Namun,ada informasi lain yang memberikan kabar jika Honda Mobilio telah dilakukan uji tabrak di Global NCAP dengan hasil yang kurang baik atau tidak memuaskan.Dimana untuk Honda Mobilio di varian terendahnya hanya bisa mendapatkan sebanyak 3 ( tiga ) bintang dari total 5 bintang.

Wuling Confero

Sebagai pendatang baru di pasar mobil Indonesia,Wuling juga telah melakukan uji tes tabrak untuk mobil produksinya.Dengan membawa Wuling varian Confero 1.5 L DVVT ( tidak mempunyai airbag ) telah dilakukan uji di Di ASEAN NCAP.

Namun sangat disayangkn untuk uji tabrak ini mobil pendatang baru Wuling hanya mampu mendapatkan 36,94 poin saja.Dengan poin tersebut maka hanya 1 ( satu ) bintang saja yang bisa diperoleh.

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Tes Uji Tabrak 6 Merk Besar,Wuling Sungguh Mengecewakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel