7 Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar Dengan Mudah

OTOSPEEDMAGZ.COM- Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar-Bagi pengguna kendaraan dengan mobilitas yang cukup tinggi ,tentunya akan sangat memperhatikan akan keiritan  konsumsi bahan bakar kendaraanya.Namun cara mengemudi setiap orang berbeda-beda,ada yang asal-asalan dan juga ada yang sudah sesuai dengan ilmu mengemudi yang baik. ( sumber foto : pixabay )

7 Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar Dengan Mudah dan Sederhana


Bagaimana Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar Dengan Mudah

Dengan sobat mengendari kendaraan dengan asal-asalan,tentunya akan membuat mobil boros bahan bakar dan akan membuat pengeluaran keuangan juga akan bertambah.Oleh karena itu,kali ini OTOSPEEDMAGZ akan berbagi bagaimana caranya agar mobil kesanyangan konsumsi bahan bakarnya tetap efisien alias irit dengan cara sederhana.

Berikut beberapa tips dan cara menghemat konsumsi bahan bakar mobil kesayangan dengan mudah dan sederhana.

1. Selalu Menganti Oli Mesin Dengan Teratur

Jika mobil sobat ingin selalu dalam kondisi prima maka sebaiknya jangan sampai telat untuk mengganti oli mesin secara periodik.Jagalah selalu kondisi oli mesin kendaraan dengan tidak melampaui batas pemakaian umur oli kendaraan.

Komponen oli merupakan salah satu komponen penting dalam mesin mobil sobat,hal ini agar kerja mesin dapat selalu optimal dan berjalan baik.

Dengan kegunaan oli sebagai pelumas,pelindung,dan juga membersihkan bagian-bagian dalam mesin saat terjadi gesekan antara komponen mesin satu dengan lainya.Oleh karena oli juga mempunyai umur dan sifat kimia,maka dalam jangka waktu tertentu oli juga akan berkurang tingkat kekentalan dan berubah pula sifat kimianya dikarenakan umur dan pemakaian dalam mesin.

Dengan keadaaan oli yang sudah tidak baik ,tentunya akan menghambat kinerja dari dalam mesin kendaraan.Jadi selalu teraturlah dalam mengganti oli kendaraan kesayangan sobat.

2. Selalu Menjaga Tekanan Angin Ban Kendaraan

Selain oli mesin,kondisi angin ban juga sangat berpengaruh akan keiritan konsumsi bahan bakar kendaraan sobat.Jika tekanan angin ban kendaraan terlalu kurang,maka akan membuat kendaraan sobat memerlukan tenaga yang lebih besar untuk melaju dibandingkan dengan kondisi angin ban yang standart.

Apalagi jika sobat harus mengalami kemacetan yang mengakibatkan mobil harus selalu stop & go.Oleh karena itu selalu cek kondisi dari tekanan angin ban kendaraan di bengkel ban terdekat,yang biasanya sudah menggunaka alat pengukur tekanan ban agar lebih tepatnya minimal satu bulan sekali.

3. Berkendaralah Dengan Rileks,Nyaman,dan  Aman

Memang saat berkendara di jalanan banyak sekali godaan nafsu amarah ketika kita terpancing emosi dengan pengendara lainya.Misalnya saat kita berjalan sesuai aturan ada pengendara lain yang ugal-ugalan,menyalip kendaraan sobat dan sebagainya.

Karena sobat terpancing emosi,sobat langsung berusaha mengejarnya dan berusaha menyalipnya.Alhasil kendaraan sobat harus berkerja extra dan juga semakin membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Selain kendaraan bekerja keras dan juga boros BBM,ada resiko lain yang lebih penting yakni keselamatan sobat dan penumpangnya.Seperti terjadi cek cok dengan pengendara lain hingga terjadi kecelakaan hanya karena kecerobohan dan emosi sesaat.

4. Selalu Berkendara Dengan Hemat atau Mode ECO

Di poin ke tiga keselamatanlah yang lebih penting,hal ini juga berlaku di poin ke empat ini dengan yang juga menambahkan agar sobat jangan terlalu terburu-buru saat menginjak pedal gas kendaraan.

Berkendaralah dengan halus dan tenang,urutlah saat menekan pedal gas sehingga transmisi pindah dengan sendirinya ( ini untuk mobil matik ),sedangkan untuk manual tentukan gas sesuai dengan perpindahan gigi percepatan,yakni pindahlah gigi saat diputaran mesin 2.000 rpm dan jaga momentum  mesin mobil agar melaju dengan tenang.

Ada baiknya sobat juga menggunakan mode ECO dalam berkendara.Dengan adanya kecanggihan teknologi sekarang,akan dengan mudah kendaraan jaman sekarang untuk membaca cara berkendara sobat.Komputer dalam mobil akan membaca dan memberikan input ke mesin sesuai gaya dari cara sobat berkendara.

Dengan sobat berkendara irit,tentunya komputer akan mengatur mesin untuk dalam kondisi santai.Jadi berkendaralah dengan mode ECO atau gaya berkendara hemat konsumsi bahan bakar.

5. Selalu Servis Berkala Dengan Rutin

Bukan hanya penggantian oli dan pengisian tekan angin ban saja,namun sobat juga harus selalu rutin dalam menservis kendaraan secara berkala dibengkel resmi atau kepercayaan.Pada saat servis kendaraan maka teknisi bengkel sobat akan melakukan beberapa poin penting untuk pengecekan mobil hingga itu tune up mesin supaya mesin selalu dalam kondisi prima.

Selain melakukan tune up,mobil juga akan di bersihkan tiap komponen pendukung seperti filter,suspense,dan lainya.Dengan kondisi mobil yang selalu fit / prima,maka kerja mesin dan komponen lainya pun akan optimal.Alhasil konsumsi bahan bakar mobil juga akan selalu efisien.

6. Menggunakan GPS atau Peta Digital

Dengan kemajuan yang sudah sangat berkembang ,tidak dipungkiri jika untuk bepergian jauh tidak akan sesulit jaman dahulu.GPS salah satunya,teknologi ini memberi kemudahan saat sobat mencari jalan pintas atau alternative saat bepergian.

Keakuratan GPS atau peta digital saat ini juga sudah sangat baik jika untuk digunakan sebagai petunjuk jalan dalam perjalanan menuju tempat tertentu.Hal ini dikarenakan untuk algoritma GPS sudah sangat kompleks.

Dengan begitu sobat bisa melihat dan memilih mana jalur alternative yang mempunyai jarak yang lebih dekat dan cepat untuk bisa ditempuh.Maka konsumsi BBM kendaraan pun akan semakin irit dan hemat.

7. Selalu Membuat Perencanaan Untuk Perjalanan

Mempunyai perencaan untuk perjalanan tentunya akan membantu sobat mengurasi kesalahan rute ataupun juga bisa menghindari kemacetan.Bagi sobat yang mempunyai rute yang selalu sama untuk aktivitas harinya,tentunya sudah hafal dimana jalan yang mempunyai tingkat kemacetan terparah.

Memang untuk memprediksi rute mana yang mengalami kemacetan tidaklah mudah,apalagi untuk perjalanan jauh.Namun dengan merencakan rute perjalanan akan membuat sikap sobat menjadi lebih tenang saat berkendara dan juga akan meminimalisir kemacetan.

Dan,,,tentunya sudah pasti akan lebih menghemat waktu perjalanan dan juga konsumsi bahan bakar kendaraan kesayangan sobat.

Sekian beberapa tips cara sederhana untuk bisa menghemat konsumsi bahan bakar atau BBM mobil.Jangan abaikan hal-hal kecil saat sobat mengendarai bahkan mempunyai kendaraan khususnya mobil.Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel