6 Langkah Cara Merawat Serta Optimalkan Kerja AC Mobil Dengan Dikerjakan Sendiri

OTOSPEEDMAGZ.COM-AC Mobil-Salah satu yang sangat mendukung akan kenyamanan saat mengendarai mobil yakni komponen AC.Dengan adanya AC,maka suhu dalam mobil akan bisa disesuaikan dengan keinginan si pengendara.Tak hanya itu saja,dengan AC maka saat sobat melakukan perjalanan jarak jauh terutama melewati daerah dengan suhu panas,maka semua penumpang didalamnya akan terasa nyaman dan betah.( sumber foto : pixabay )

merawat ac mobil


Cara Merawat AC Mobil dan Mengoptimalkan Kerjanya

Oleh karena itu,sobat harus selalu memastikan jika AC mobil dalam kondisi baik,sehingga suhu didalm mobil ( terutama suhu dingin ) akan selalu bisa dicapai.Namun,untuk perawatan AC dengan menggunakan jasa servis AC mobil tidaklah murah.Padahal hal ini bisa sobat lakukan sendiri tanpa harus membayar jasa servis AC mobil.Maka kali ini OTOSPEEDMAGZ mengutip dari Toyota.Astra akan berbagi bagaimana cara merawat  dan mengoptimalkan AC mobil dengan dikerjakan sendiri.

Berikut beberapa langakah yang bisa sobat praktekan untuk merawat AC mobil kesayangan sobat.

1. Bersihkan Bagian Kondensor AC

Bagian ini memang sangat mudah kotor,karena letak dari komponen ini terletak di bagian depan mobil ( lebih tepatnya dibagian belakang dari grill kendaraan sobat ).Hal ini menjadikan komponen Kondensor AC akan mudah mengalami kotor.

Maka sempatkanlah jika saat sobat membersihkan mobil untuk juga membuka bagian dari Kondensor Ac ini,kemudian sobat bersihkan.Pada saat membersihkan bagian ini,sobat harus menggunakan air dengan tekanan yang tinggi,agar debu dan juga kotoran terangkat serta hilang.

Atau jika sobat tidak ingin mearasa repot,bisa sobat langsung semprotkan air dengan tekanan langsung kearah grill kendaraan.Jika kondensor AC ini bersih,akan memperlancar serta menambah kecepatan dari hembusan AC mobil juga.

2. Dinginkan Kabin Kendaraan Sebelum Masuk

Hal yang perlu sobat lakukan sebelum masuk kedalam kabin mobil yakni usahakan untuk bisa mendinginkan suhu kabin terlebih dahulu.Lakukan hal ini tanpa harus terlalu dingin,yang terpenting suhu panas dalam kabin bisa berkurang dan keluar.

Maka saat sobat masuk kedalam mobil,akan terasa dingin dan nyaman.Dan yang lebih positif lagi,sobat tidak perlu mengatur suhu AC yang terlalu cepat,alhasil beban dari kerja mesin kendaraan tidak akan terlalu berat.

3. Pasanglah Kaca Film Di Kendaraan 

Dengan sobat memilih dan juga memakaikan kaca film di kaca mobil sobat,hal ini mampu mencegah dan mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam kabin kendaraan.Alhasil,sobat tidak perlu menyalakan AC dengan beban yang terlalu berat.

Selain penggunaan AC yang minim saat berkendara akan membuat konsumsi BBM mobil sobat lebih irit serta umur dan daya tahan AC juga akan lebih lama.

4. Selalu Menjaga Kebersihan Kabin

Kabin mobil yang selalu bersih tentunya akan membuat nyaman saat berkendara.Namun jika sebaliknya interior mobil terlalu kotor,maka akan membuat kinerja dari filter kabin secara perlahan akan berkurang dan tidak optimal.

Imbas dari ini yakni proses sirkulasi udara didalam ruang interior mobil akan terhambat.Hal ini terkait dengan system kerja sirkulasi AC yang tertutup,sehingga udara hanya akan berputar disekitaran dalam kabin saja.

Oleh karena sirkulasi ini tertutup,maka sobat harus selalu menjaga kebersihan akan interior mobil sobat karena udara yang terhirup juja hanya berasal dari interior mobil saja.
Hal ini untuk menghindari komponen filter AC tertutup oleh kotoran dan debu dari mobil yang jarang dbersihkan.

5. Selalu Cek Kondisi Freon & Tali Kipas

Freon merupakan salah satu bagian dari AC yang cukup penting,dengan kondisi Freon yang tercukupi jumlahnya maka akan membuat kerja AC akan selalu bisa terjaga dan optimal.
Jika kondisi Freon mobil cepat habis,maka pada bisa dipastikan ada kebocoran pada instalasi AC mobil.Maka pastikan jika jumlah volume Freon selalu dalam kondisi penuh,baik dan juga tidak ada kebocoran Freon AC.

Selain Freon,sobat juga harus memastikan jika tali kipas dari pemutar kompresor dalam kondisi baik.Segeralah menggantinya jika komponen ini sudah getas ,jangan sampai mengalami kejadian putus saat dalam perjalanan.

6. Cek & Selalu Bersihkan Komponen Filter AC

Pastikan sobat selalu menyepatkan dan rutin untuk selalu membersihkan serta menjaga kebersihan dari udara AC kendaraan sobat,biasanya komponen ini terletak di balik glove box.Hal ini terkait dengan udara yang sobat hirup dalam ruang mobil.

Sobat bisa membuka glove box ini,kemudian tariklah filter AC dari rumahanya.Bersihkan komponen ini dengan cara memukulkan ke permukaan yang keras agar kotoran-kotoran yang sudah keras bisa rontok.

Atau bisa juga sobat menyemprotkan udara dengan tekanan yang keras ,hal ini dirasa bisa lebih efektif dan mudah.Namun jika kompnen ini memang sudah tidak layak dan rusak ,sebaiknya segeralah untuk mengganti dengan yang baru.

Jangan sobat menunda-nunda dalam membersihkan langkah-langkah seperti diatas,karena dengan menjaga komponen tiap AC tetap optimal serta kabin mobil yang selalu bersih akan berdampak pula dengan kenyamanan dan kesehatan pengendara dan penumpangnya,karena udara yang dihirup dalam kendaraan.

Apalagi jika mobil tersebut memang digunakan untuk operasional harian sobat.Tentunya kenyamanan dan kebersihan mobil menjadi prioritas.Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Langkah Cara Merawat Serta Optimalkan Kerja AC Mobil Dengan Dikerjakan Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel