Bingung Pilih Mana Agya Atau Ayla,Ketahui Dulu Perbedaannya

 OTOSPEEDMAGZ.COM – Mobil LCGC saat ini terlihat sudah menjadi banyak idaman keluarga ataupun masyarakat di Indonesia.Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang begitu manarik sehingga sudah banyak orang / konsumen kendaraan roda empat di Indonesia memilih mobil model ini.Diantara faktor-faktor tersebut yakni karena harga mobil LCGC yang cukup terjangkau dan juga mempunyai spesifikasi dan ukuran bodi  yang bisa dibilang cukup.Apalagi bagi sobat oto yang tinggal di daerah perkotaan.

Perbandingan dan Perbedaan Daihatsu Ayla VS Toyota Agya

Perbedaan Duet Agya – Ayla 

Diantara beberapa mobil yang berada di segmen LCGC diantaranya yakni ada Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.Kedua mobil ini memang terlihat sama namun tentunya mempunyai perbedaan karena memang di produksi oleh perusahaan yang berbeda pula.Duet mobil Agya – Ayla ini juga sering sekali dijadikan patokan bagi mereka yang akan memilih atau bahkan membeli mobil baru dengan jenis LCGC.

Tentunya bagi mereka yang sedang mencari mobil di segmen ini karena menginginkan mobil baru namun dengan harga terjangkau,irit bahan bakar,dan yang lebih penting lagi di naungi oleh pabrikan merk besar seperti Toyota dan Daihatsu.Lalu apa saja perbedaan kedua mobil yang hampir kembar ini?,berikut akan kita ulas sekaligus  juga berbagi informasi  tentang perbedaan dari kedua mobil ini.

Eksterior Agya vs Ayla

Jika dilihat secara sekilas kedua mobil ini terlihat hampir sama,namun sebenarnya ada beberapa perbedaan diantara keduanya.Untuk Agya ,mobil pabrikan Toyota ini lebih mengedepakan desain dengan membawa konsep stylish,minimlais namun  tetap elegan.Hal ini telihat dari desain grill depan yang tampak wise.

Berbeda dengan Ayla,mobil LCGC milik Daihatsu ini lebih memberikan nuansa ekterior yang dinamis dan lebih tampak kalem.Grill depan Ayla yang telah menampakan tampilan ini dengan perpaduan dari desain lampu depanya.

Interior  Agya vs Ayla

Konsep kedua mobil ini tidak hanya mempunyai perbedaan pada segi eksteriornya saja,namun juga masuk kedalam interiornya.Hal ini terlihat pada desain pada Ayla yang lebih tampak minimalis,namun tetap mengedepankan kenyamanan penggunanya.Hal ini terasa pada bagian jok kursi belakang yang cukup nyaman dan bisa dilipat.

Berbeda dengan Ayla,untuk interior Agya lebih terlihat modern,stylish dan juga fungsional.Untuk jok kursi dan juga bagasi Agya terlihat dan terasa lebih lapang sehingga menambah tingkat kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Perbedaan spesifikasi dan interior Agya dan Ayla


Lampu Depan ( Headlamp ) Agya vs Ayla

Kedua mobil ini Agya-Ayla juga terlihat dari desain yang disematkan pada lampu depanya.Toyota Agya menggunakan lampu depan dengan memberikan tipe LED ,lebih detailnya yakni tipe LED positioning lamp.

Sedangkan untuk Ayla menggunakan lampu depan tipe LED DRL.Dengan posisi terletak pada bagian bawah bumper depan posisi bawah,meskipun tidak terambung lansung pada headlamp mobil.

Spesifikasi Dapur Pacu Agya vs Ayla

Spesifikasi mesin Agya-Alya mempunyai penerapan yang sama soal dapur pacunya yakni dengan membawa mesin 3 silinder 1.0L DOHC dan juga  4-silinder.LCGC ini menggunakan mesin berkapasitas 1.2L,namun ada yang beda pada jenis mesin berkapasitas 1.0L.

Daihatsu New Ayla dengan kapasitas mesin 1.0L tidak ada perubahan dan juga masih belum menggunakan teknologi Variable Valve Timing Intelligent  / VVT-I .

Sedangkan pada Toyota Agya 1.0L,untuk dapur pacunya sudah menggunakan teknologi lebih baik yakni VVT-I yang akan sangat berpengaruh pada performa dan efisiensi mesin kendaraan.Dengan adanya penggunakan VVT-I pada Agya,maka mobil ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga +- 30 persen.Tidak hanya itu saja,getaran mesin juga akan lebih berkurang berkat teknologi ini.

Head Unit Agya vs Ayla

Tidak hanya Eksterior,Interior dan juga dapur pacu saja yang mempunyai beberapa perbedaan pada kedua mobil ini,namun untuk sector hiburan juga ada lho.Hal ini terlihat pada bagian Head unit mobil Agya & Ayla baik untuk bentuk hingga fitur yang dibenamkan.

Untuk Head unit milik New Agya  yakni New Advanced Entertaiment  sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth untuk pairing device lain dan juga MP3, CD, WMA, AUX serta USB.

Sedangkan untuk Headunit New Ayla justru lebih baik dengan membawa banyak fitur-fitur tambahan seperti DVD dan touchscreen serta tentunya juga telah disematkan Bluetooth juga.

Handling Agya vs Ayla

Handling sebuah kendaraan memang sangat ditentukan oleh ukuran ban yang dipakai oleh kendaraan itu sendiri.Maka jika ukuran tapak ban lebih lebar,tentunya pergerakan dari handling kendaraan itu juga akan lebih baik.Begitu juga dengan ukuran rasio velg kendaraan juga akan turut mempengaruhi kenyamanan mobil saat melaju.

New Agya tipe TRD S transmisi AT dibekali dengan velg ukuran 144 inci dan menggunakan ukuran ban 175/65,berbeda dengan New Ayla tipe X transmisi AT yang mengandalkan velg 13 inci dengan ukuran ban 155/80.Maka jika melihat profil ban dan kedua mobil ini,New Agya akan mempunyai tingkat handling yang lebih baik dan presisi karena profil ban yang mempunyai ukuran lebih besar yakni 175 mm.

Namun dengan profil yang dimiliki Ayla dengan rasio 80 % maka tentunya juga akan mengimbangi tingkat kenyamanan Agya.Pasalnya untuk rasio ukuran velg dan ban berkisar 65 %.

Fitur Keselamatan , Headrest dan Seatbelt  Agya vs Ayla

Untuk fitur keselamatan ,agaknya Ayla masih kalah dengan Agya yang sudah menerapkan baby seat pada bagian kursi jok belakang atau fitur ISOFIX.Sedangkan untuk fitur keselamatan seperti Dual SRS Airbags dan  Side Impact Beam kedua mobil ini telah dibekali dari pabrikanya.Memang untuk fitur diatas pada Toyota Agya hanya dimiliki pada tipe 1.2 TRD.

Sedangkan untuk Headrest dan Seatbelt untuk Agya sudah melengkapi disemua titik jok kursi ( ada 3 titik untuk fitur seatbealt  yakni kursi kanan,tengah dan kiri ).Untuk New Ayla hanya memberikan 2 titik sealt belt pada kursi bagian kiri dan kanan saja.

Pilihan Warna dan Tipe Agya vs Ayla

Daihatsu New Ayla  menawarkan 6 pilihan tipe untuk Negara Indonesia yakni tipe D, D+, M, M sporty, X, X airbags, dan X Elephant dengan masing-masing varian tersebut menggunakan tipe transmisi Manual dan Automatic.Sedangkan untuk Agya hanya menawarkan 3 tipe saja diantaranya adalah E, G, dan TRD S.

Namun untuk pilihan warna teryata Agya mempunyai pilihan warna lebih banyak yakni 7 macam warna yakni black, red, white, silver metallic ,grey metallic, light blue, dan metallic grey.Berbeda hanya 1 warna,untuk Ayla memberikan 6 pilihan warna berbeda yakni light blue metallic, red solid, icy white, dan dark grey metallic, classic silver metallic, dan ultra black solid.

Harga Agya vs Ayla

Dengan beberapa perbedaan yang telah kita ulas diatas,tentunya harga kedua mobil ini juga mempunyai perbedaan nominal pada banderol harganya.Untuk Daihatsu Ayla varian terendah hingga tertinggi dibanderol seharga Rp.125 jutaan hingga Rp.146 jutaan .

Sedangkan untuk Agya sendiri mempunyai banderol harga terendah hingga varian tertingginya berkisar Rp.134 jutaan hingga Rp.151 jutaan.

Sekian ulasan mengenai perbedaan mobil LCGC terbaik dari Toyota Agya dan Daihatsu  Ayla.Meskipun kedua mobil ini mempunyai beberapa perbedaan namun tetap membawa konsep mobil hemat BBM dan ramah lingkungan.Pasalnya kedua mobil ini mempunyai tingkat efisiensi BBM yang baik,harga bersaing dan beberapa kelebihan lainya yang akan memberikan tingkat kenyamanan dan keselamatan yang baik pula.

Untuk pilihan tentunya akan tergantung pada pribadi masing-masing dan kebutuhannya.Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat oto semua,terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Bingung Pilih Mana Agya Atau Ayla,Ketahui Dulu Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel