Cara Memperbaiki AKI Mobil Yang Tekor atau Drop Dengan Efektif

OTOSPEEDMAGZ.COM – Aki Mobil Tekor – Komponen mobil yang satu ini tentunya menjadi salah satu bagian vital sebuah kendaraan.Dengan adanya alat ini maka aliran dan penyimpanan listrik pada kendaraan akan ditentunkan.Aki atau dalam bahasa Inggrisnya disebut  accumulator /accu ini adalah sebuah komponen sebagai alat penyimpan energi namun dalam bentuk energy kimia.Oleh karenanya Aki juga disebut sebagai baterai kendaraan sebagai penyimpan energy listrik dalambentuk kimia.( Sumber foto : pixabay.com )

Cara Memperbaiki AKI Mobil Yang Tekor atau Drop Efektif

Cara Memperbaiki AKI Mobil Yang Tekor atau Drop Efektif & Efisien

Di dalam Aki terdapat kumpulan sel kimia berupa timbale ( Pb ),Timbal Peroksida ( Pb02 ) dan Cairan Elektrolit ( H2SO4 ).Ketiga kimia tersebut akan berubah dengan adanya aliran listrik yakni pada saat proses isi daya ( Charge ) dan juga saat proses pengosongan daya listrik ( Discharge ).Sel-sel AKI tersebut mempunyai tegangan 2 Volt ( pada AKI NiCd ),sehingga jika sebuah AKI mempunyai tegangan 12 Volt maka akan mempunyai 6 Sel.Begitu juga dengan tegangan AKI yang mempunyai tegangan 24 Volt,maka akan mempunyai 12 buah sel didalamnya.

Mengingat fungsi AKI sebagai sumber suplay dan juga penyedia listrik baik untuk starter kendaraan,mendukung proses pengapian,sumber listrik pada lampu-lampu kendaraan,dan juga pendukung komponen yang berhubungan dengan listrik pada mobil atau motor  tentunya harus dirawat dan diperhatikan dengan baik.Jangan sampai AKI kendaraan mengalami Drop / Tekor baik saat diperjalanan maupun akan digunakan.

Lalu bagaimana jika hal ini terjadi pada sobat?,maka sobat perlu simak ulasan berikut ini bagaimana cara sobat menangani / mengatasinya dengan efektif dan efisien.Tidak hanya itu saja,sobat juga harus tahu apa penyebab dan cara / tips langkah-langkah apa saja  yang perlu dilakukan saat akan melakukan perbaikan,simak uraiannya.

1.Peduli Dengan Listrik Kendaraan

Kenapa AKI bisa mengalami Drop / Tekor tidak hanya karena kualitas AKI-nya saja,namun hal ini justru karena kuranganya kepedulian sobat saat meninggalkan dan mematikankendaraan.Maka pastikan jika semua komponen yang berhubungan dengan listrik pada kendaraan sudah tidak terhubung saat kendaraan dimatikan.

2.Keadaan AKI basah

Kondisi AKI yang tidak kering atau basah juga bisa mengakibatkan drop / tekor.Maka jika AKI dalan kondisi basah sebaiknya segera bongkar ,keluarkan dari mobil untuk dikeringkan.Tentunya sobat juga harus berhati-hati saat akan membongkat / melepas AKI karena adanya titik positif dan negative AKI.Jangan meremehkan resiko dari bahaya saat sobat melepas AKI secara sembarangan.

3.Keringkan / Bersihkan Cairan lain

Cairan lain bisa saja menempel pada AKI kendaraan sobat seperti air hujan,air saat membersihkan / memandikan mobil,dll.Maka bersihkan / hilangkan cairan tersebut dan sobat juga bisa menguras AKI agar semua air dalam AKI benar-benar bersih dan kering.

4.Air Panas Sebagai Pembersih

Penggunaan air panas untuk membersihkan sel-sel AKI yang sudah mati dan juga bisa mengaktifkan kembali sel2 tersebut cukup efektif.Hal ini dilakukan dengan cara memasukan air panas kedalam sel AKI secara berulang 2 hingga 4 kali tanpa berhenti.

Bersihnya AKI ditandai dengan air buangan yang dikeluarkan tadi sudah terlihat bersih.

5.Keringkan AKI 

Setelah AKI dibersihkan dengan air panas hingga bersih,maka selanjutnya lakukan pengeringan sampai dengan benar-benar kering.Untuk waktu pengeringan biasanya berjalan hingga 4 jam bahkan bisa satu harian.

Oleh karenanya jangan asal membeli kabel AKI kendaraan roda empat atau juga motor jika tidak ingin kondisi AKI mudah sekali basah.

6.Pengisian Kembali Air AKI

Setelah AKI yang tadi dikeringkan benar-benar sudah mantap kering,maka selanjutnya isikan air Zuur ke dalam AKI.Sobat juga bisa menambahkan sebuah obat bodrex yang sudah dihaluskan untuk ditambahkan pada sel-sel AKI.

7.Diamkan Sehari

AKI yang sudah mendapatkan penanganan seperti poin-poin diatas jangan langsung digunakan pada kendaraan,namun harus ditunggu / didiamkan setidaknya selama 1 harian.Setelah selesai seharian ditunggu baru AKI bisa digunakan.

Langkah –langkah diatas merupakan cara memperbaiki kondisi AKI yang sudah drop atau tekor.Langkah diatas juga telah memanfaatkan sebuah obat untuk sakit kepala yakni “Bodrex” untuk membantu memulihkan sel-sel AKI.

Namun jika kondisi AKI kendaraan masih saja tekor atau drop maka coba lakukan pengecekan dengan beberapa langkah diantaranya yakni :

  • Cek kondisi air AKI yakni dengan membaca batas atas dan bawah ( garis upper & lower ),seharusnya untuk kondisi air AKI yang baik masih berada diantara garis tersebut.
  • Jika AKI benar-benar sudah kering,maka cobalah AKI setelah diisi lakukan strum ulang / charge hingga muatan listrik pada sel AKI benar-benar full kembali.
  • Lakukan pengecekan tegangan pada titik Alternator.Seharusnya untuk tegangan yang dihasilkan  tidak kurang dari  14 volt.Dengan kondisi volt yang kurang maka akan beresiko merusak perangkat elektronik dalam kendaraan seperti HP,dll.
  • Jika AKI sudah dicoba diatasi dengan proses diatas,cobalah lakukan pengujian pada mesin kendaraan ( memutar mesin ) hingga beberapa kali dalam rentang waktu +- 15 menit.Jika AKI tidak bisa memutar mesin kendaraan maka sebaiknya AKI harus diganti baru.
  • Sebaiknya hindari jalan dengan kondisi yang kurang baik atau jika melintasi jalan berlubang maka usahakan laju mobil tetap pelan agar tidak terlalu berguncang.Hal ini juga beresiko bisa membuat kondisi AKI mobil kurang baik.


Sekian beberapa informasi yang bisa OTOSPEEDMAGZ bagikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat oto semua,terima kasih.

Sumber referensi : showroommobil.co.id

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki AKI Mobil Yang Tekor atau Drop Dengan Efektif "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel