Pilih Honda JAZZ Atau Toyota YARIS Mana Yang Lebih Unggul

OTOSPEEDMAGZ.COM – Honda Jazz Atau Toyota Yaris – Dibandingkan dengan mobil model MPV / Multi Purpose Vehicle dan juga SUV / Sport Utility Vehicle,untuk pangsa pasar mobil hactback masih kalah peminat.Memang untuk kebanyakan pemakai mobil hactback Yaris dan Jazz adalah mereka kaula muda yang belum banyak memerlukan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang banyak.Hal ini tentunya juga dikarenakan desain yang diungsung kedua mobil ini memang cocok untuk kaum muda.Tentunya hal ini juga semakin mempersempit pangsa pasar mobil hactback.

Komparasi Honda JAZZ atau Toyota YARIS Mana Yang Lebih Unggul

Dari data yang disajikan situs Gaikindo berdasarkan model dibulan Agustus 2020 tampak model MPV dan SUV masih mendominasi.Bahkan dari data penjualanya untuk mobil Yaris dan Jazz belum masuk ke 10 besar.Urutan penjualan terbanyak dari Nissan Livina,Toyota Kijang Innova,Toyota Rush,Daihatsu Sigra hingga yang terakhir ke-10 adalah Daihatsu Grand Max.Namun untuk mobil barunya harga Honda Jazz dan harga Toyota Yaris masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi ,begitu juga dengan harga mobil bekas Jazz dan Yaris.

Selain membawa desain sporty dan fresh,spesifikasi Honda Jazz dan Toyota Yaris juga begitu bersaing untuk soal performanya.Hal ini terlihat dari tenaga dan torsi yang mampu di torehkan oleh keduamobil ini.Daripada bingung mau memilih yang mana,ada baiknya kita simak sejenak perbandingan Jazz dan Yaris,baik dari mesin,harga,hingga pilihan warna dan tipe dari keduanya.


Komparasi Honda Jazz dan Toyota Yaris Tahun 2020


Desain Eksterior

Eksterior Yaris 2020

eksterior toyota new yaris-2020
Sumber foto : astra toyota

Wajah Toyota Yaris saat ini terlihat lebih enak dilihat dibandingkan dengan sebelumnya,kisi-kisi dengan bentuk trapezoid menghiasi area bumper mobil ini.Lampu foglamp di samping kanan kirinya juga didesain lebih sporty dengan bentuk huruf C berwarna hitam dof.

Lampu utama dengan padangan lebih terang juga telah dilekatkan pada mobil ini dengan tipe LED.Begitu juga dengan tampilan belakang mobil ini yang semakin terlihat sporty dan modern.

Eksterior Jazz 2020

eksterior honda jazz_2020
sumber foto : wikimedia.org

Aura agresif nan sporty juga telah ditunjukan wajah Honda Jazz terbarunya.Garis tegas pada bumper serta ukuran air intake yang lebih besar semakin menguatkan karakter mobil sporty ini.Grill depan dengan konsep intake trapezoidal shaped didampingkan dengan fog lamp serta lampu utama berbentuk sipit tipe DRL LED.

Melihat ke bagian eksterior belakang Jazz juga terlihat agresif  dan mewah berkat bumper yang telah ditambahkan diffuser serta stoplamp dengan tipe LED.


Tampilan Interior

Interior Jazz 2020

interior honda jazz-2020

sumber foto : honda

Pada Honda Jazz untuk tampilan interior masih memperlihatkan kesan aura sporty dengan segala keagresifan dari mobil ini.Ruang kemudi yang begitu lega telah dilengkapi dengan Panel AC tipe digital serta fitur smart touch auto.

Head unit sebesar 8 inci juga terlihat menarik dengan tipe layar sentuh serta dilengkapi dengan konektivitas USB dan AUX,dan beberapa fitur lainya.Aura sporty dibalut dengan kesan mewah juga lebih terpancar berkat desain jok yang lebih segar plus balutan aksen baru.

Interior Yaris 2020

interior toyota new yaris_2020

Interior Toyota Yaris lebih terlihat lebih sederhana namun mengedepankan kenyamanan saat berkendara.Pengaturan AC juga sudah tipe digital dan juga terpasang head unit,namun untuk tipe TRD Sportivo pada Yaris baru ini sudah dilengkapi dengan display baru serta kamera belakang.

Pada Toyota Yaris telah ditawarkan 2 pilihan jumlah airbag yakni 3 & 7 airbag.Varian 7 airbag ini memang ditunjukan untuk pemilik kendaraan yang memang sangat memperhatikan faktor keamanan.


Fitur Keamanan & Keselamatan

Fitur Honda Jazz 2020

fitur honda jazz_2020
Sumber foto : honda

Keselamatan pada Honda Jazz terbaru sudah diterapkan pada penggunaan rangka terbaik yakni rangka G-CON + ACE.Fitur keamanan lainya seperti dual SRS front airbags,pedestrian protection,side impact beam,  seatbelt adjuster, hingga seatbelt 3P ELR dengan pretensioner with load limiter sudah dibenamkan pada mobil ini.

Tidak hanya itu saja fitur yang tidak kalah penting yakni fitur immobilizer ,keyless entry, key type berjenis wave type atau smart key, hingga fitur alarm system juga telah terpasang.Pada mobil jazz terbaru ini terdapat jok kursi ISOFIX dan tether untuk menunjang keamanan balita.

Fitur Toyota Yaris 2020

fitur keselamatan toyota new yaris-2020

sumber foto : oto.com

Hactback besutan Toyota ini telah mempersiapkan teknologi Pre-Collision System (PCS) dan Lane Departure Alert (LDA) pada Yaris 2020.Fitur PCS sendiri merupakan fitur untuk mendeteksi kendaraan yang berada didepanya lewat kamera yang terpasang didepan.Sedangkan untuk LDA adalah teknologi keselamatan yang dipadukan dengan Steering Assist,sehingga mobil akan mencegah secara otomatis jika pengemudi tidak ada respon saat akan bertabrakan.

Untuk fitur-fitur lain yang terdapat pada Yaris 2020 ini yakni vehicle Stability Control (VSC),Hill-start Assist Control (HAC),ABS, dan EBD,traction control, ,Brake assist,kamera parkir belakang,hingga Sistem peringatan seatbelt di semua bangku mobil ini.

  • 1 point untuk Jazz dan Yaris


Performa Dapur Pacu

Mesin & Transmisi Toyota Yaris 2020

mesin toyota new yaris-2020

sumber foto : gridoto.com

Masih mengandalkan seri mesin sebelumnya 2NR-FE,dapur pacunya menggunakan kapasitas mesin 1496 cc dengan teknologi mesin tipe DOHC, Port Injection, Dual VVT-I serta didukung dengan 4 silinder in line.

Menggunakan mesin depan tipe Penggerak Roda Depan serta untuk menyalurkan tenaga melalui transmisi Manual 5-percepatan dan CVT 7-percepatan.Dengan konfigurasi tersebut maka keluaran performa mesin Toyota Yaris sebesar 105 HP atau 107 PS disetiap putaran 6.000 rpm,sedangkan untuk besar torsinya 140 Nm @ 4.200 rpm.

Mesin & Transmisi Honda Jazz 2020

mesin honda jazz-2020

sumber foto : oto.com

Sama halnya dengan Yaris,spesifikasi mesin mobil ini masih seperti generasi sebelumnya yakni 1.5 L tipe SOHC dengan dukungan silinder segaris, 16 katup i-VTEC.Mesin ini diklaim mampu menawarkan performa mantap dan sangat bertenaga.

Mesin Jazz terbaru ini juga telah dibenamkan teknologi baru yakni Drive by Wire (DBW) ,dengan teknologi ini maka mesin mampu mendapatkan nilai akselerasi yang lebih presisi dan tetap irit bahan bakar.

Transmisinya manual dengan 5 percepatan,otomatis dengan 5 percepatan,serta untuk jenis CVT sudah ditambahkan earth dreams technology sehingga perpindahan percepatan akan lebih halus.

Konfigurasi mesin dan transmisi diatas mampu menghadirkan tenaga hingga 88 Kw atau 118 - 120 PS pada tiap putaran 6.600 rpm,sedangkan untuk besar torsi maximumnya 14,8 kg.m (145Nm) pada tiap putaran 4.800 rpm.

Kedua mobil hactback ini menggunakan mesin tipe FWD dan sistem suplai bahan bakar jenis PGM-FI Fuel Injection.

Dari hasil komparasi mesin Honda Jazz dan Toyota Yaris diatas maka untuk performa tenaga dan torsi yang didapat masih unggul milik Honda Jazz.Begitu juga dengan penerapan teknologi pada transmisinya yang sudah begitu lengkap.

  • 1 point untuk performa Honda Jazz


Kaki-Kaki ( Suspensi,Rem,Velg dan Ban )

Kaki kedua mobil sporty ini menggunakan suspensi depan jenis MacPherson Strut dan suspense belakangnya Torsion Beam.Honda Jazz menggunakan ukuran ban sebesar 175/65 R15 dan Yaris mengunakan 195/50 R16,keduanya berjenis ban radial.

Sedangkan untuk ukuran dan tipe velgnya Yaris lebih besar 1 inch ( Velg Jazz R15 dan velg Yaris R16).

1 point untuk Toyota Yaris dan Honda Jazz.


Sistem Kemudi

Kedua mobil ini untuk streering gear dan jenis kemudinya menggunakan Rack & Pinion dan Electric Power.Namun untuk pengaturan di kolom kemudinya tampaknya Honda Jazz lebih unggul karena sudah Tilt & Telescopic,sedangkan untuk Yaris hanya Tilt saja.

  • 1 point untuk Honda Jazz


Pilihan Warna

Sama-sama bersaing di model hactback.kedua mobil ini juga menawarkan pilihan warna yang siap menarik perhatian konsumenya.

Honda Jazz mempunyai 7 pilihan warna menarik yakni Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, Modern Steel Matallic, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Attract Yellow Pearl and Phoenix Orange Pearl.

Begitu juga dengan soal pilihan warna Toyota Yaris 2020 ada 7 warna pilihan yang memikat Citrus Mica Metallic,Silver Metallic, Gray Metallic,Red Mica Metallic,Orange Metallic,Super White,Attitude Black Mica.

  • 1 poin untuk Honda Jazz & Toyota Yaris



Harga & Tipe

Banderol harga mobil Honda Jazz 2020

Untuk banderol harga Honda Jazz 2020 ada 4 varian berbeda mulai dari Rp.253 jutaan hingga Rp.295 Jutaan ( OTR ). 

  • Honda Jazz MT harga : Rp 251 juta
  • Honda Jazz CVT harga : Rp 261 Juta
  • Honda Jazz RS MT harga : Rp 284 Juta
  • Honda Jazz RS CVT harga : Rp 294 Juta

Banderol harga mobil Toyota Yaris 2020

Sedangkan untuk membeli Toyota Yaris 2020 maka sobat harus siapkan dana antara Rp.263 jutaan hingga Rp.263 jutaan hingga varian tertingginya mencapai Rp.301 jutaan ( OTR )

  • Toyota New Yaris G M/T 3 Airbag harga Rp.263.400.000
  • Toyota New Yaris G M/T 7 Airbag harga Rp.268.400.000
  • Toyota New Yaris G CVT 3 Airbag harga Rp.274.200.000
  • Toyota New Yaris G CVT 7 Airbag harga Rp.279.200.000
  • Toyota New Yaris TRD Sportivo M/T 3 Airbag harga Rp.284.800.000
  • Toyota New Yaris TRD Sportivo M/T 7 Airbag harga Rp.289.800.000
  • Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 3 Airbag harga Rp.296.400.000
  • Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbag harga Rp.301.400.000

Dari daftar harga diatas maka harga Honda Jazz dibanderol lebih murah +- Rp.10 jutaan dibandingkan dengan harga Toyota Yaris ditahun 2020.

Namun untuk varian dan tipe dari mobil Yaris 2020 ini mempunyai lebih banyak pilihan hingga 8 tipe  yang bisa sobat sesuaikan dengan hati masing-masing.

  • Untuk harga Honda Jazz 2020 lebih murah : 1 point
  • Untuk varian Toyota Yaris 2020 lebih banyak : 1 point


Kesimpulan Pilihan Honda Jazz atau Toyota Yaris 

Untuk urusan desain bodi baik eksterior dan interior memang tergantung selera masing-masing.Jika lebih memilih desain sporty,agresif dan modern maka Honda Jazz pilihanya,namun jika lebih mengutamakan simple dan modern maka Toyota Yaris opsinya.

Namun untuk urusan dapur pacu tampaknya mesin Honda Jazz mempunyai performa tenaga dan torsi yang lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Yaris.Begitu juga dengan banderol harga Honda Jazz yang lebih murah +- Rp.10 jutaan dibandingkan dengan harga Toyota Yaris yang punya pilihan tipe lebih lengkap.


Sumber referensi : oto.com & carmudi.co.id ( spesifikasi & harga honda jazz & toyota yaris tahun 2020 )

Belum ada Komentar untuk "Pilih Honda JAZZ Atau Toyota YARIS Mana Yang Lebih Unggul "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel