Pilih Mobil ber-TORSI Besar atau ber-TENAGA Besar,dan Apa Hubungan Keduanya Dengan Akselerasi

OTOSPEEDMAGZ.COM-Jika sobat akan membeli sebuah kendaraan mana yang akan diutamakan dari mesin kendaraan tersebut,apakah lebih memilih mobil ber-TENAGA besar atau yang mempunyai nilai TORSI  yang lebih besar.Kedua istilah tersebut akan menggambarkan seberapa besar kemampuan mesin pada kendaraan.( Sumber foto : pixabay.com )

perbedaan-pengertian-torsi-dan-tenaga-mesin-mobil


Penggemar Otomotif Wajib Tahu Perbedaan Antara Tenaga dan Torsi Pada Kendaraan,Serta Apa Hbunganya Dengan Akselerasi Mobil


Istilah-istilah tersebut akan sobat dapatkan dari sebuah brosur yang menampilkan data spesifikasi kendaraan yang akan dijual oleh dealer atau showroom.Oleh karena penting diketahui tentang pengertian apa itu Torsi dan Tenaga jika sobat akan membeli sebuah mobil.

Disetiap Negara menggunakan satuan Torsi dan Tenaga akan berbeda-beda ,seperti PS dari singkatan Pferdestärke,HP dari kata Horse Power,DK dari kata Daya Kuda.Sementara untuk satuan Torsi menggunakan NM dari singkatan Newton Meter, atau Kgm dari kata kilogram meter, atau bisa juga pound feet.

Di Indonesia sendiri,satuan tenaga menggunakan DK atau juga bisa TK ( Tenaga Kuda ),dan untuk torsi menggunakan NM.Lalu apa perbedaan dari istilah Torsi dan Tenaga,serta apa hubunganya dengan akselerasi mobil?.Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini agar bisa memutuskan degan tepat saat akan membeli kendaraan.


Perbedaan Pengertian Tenaga dan Torsi Pada Mobil


Pengertian Torsi Kendaraan

Torsi adalah gaya dorong yang dihasilkan oleh mesin kendaraan atau energy yang dikeluarkan dari kendaraan diam hingga berjalan.Gaya dorong ini terjadi karena adanya gerakan piston dan poros engkol yang bisa menghasilkan gaya putar atau torsi.

Didalam sebuah mesin kendaraan terjadi sebuah pembakaran sehingga menghasilkan gaya untuk dorong piston,dan kemudian mendorong poros engkol atau disebut cranckshaft hingga jarak tertentu.

Besar torsi pada silinder akan dipengaruhi oleh panjang langkah atau disebut stroke.Maka semakin panjang langkah akan menghasilkan nilai torsi yang lebih besar.

Semakin besar dari nilai torsi,maka akan semakin baik pula untuk hasil akselerasi mesin kendaraan.Torsi yang ditransfer ke roda kendaraan dapat diubah atau dilakukan manipulasi dengan cara mengubah susunan gigi dari sistem transmisi.


Pengertian Tenaga Kendaraan

Tenaga adalah nilai yang ditunjukan dari hasil gaya yang dilakukan atau energy yang dihasilkan pada mesin sehingga mampu mencapai kecepatan tertentu.

Besar torsi yang dikalikan dengan banyak putaran mesin maka akan menghasilkan tenaga.Semakin cepat putaran pada mesin maka akan semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.

Jika dilihat dalam proses mesin maka semakin cepat putaran poros engkol dengan besar gaya yang sama maka akan semakin besar gaya pada mesin.


Lebih Dulu Mana Antara Torsi & Tenaga


Torsi Akan Lebih Berperan Saat Kendaraan Diam,Sedangkan Untuk Tenaga Saat Kendaraan Bergerak

Yang mengambil peran utama untuk mengatur putaran mesin yakni torsi,sehingga kendaraan yang tadinya dalam keadaan diam akan bisa bergerak.Hal ini karena torsi berawal dari sebuah proses pembakaran pada mesin yang mengakibatkan ledakan tenaga.

Tenaga hasil ledakan tersebut akan disalurkan menuju flywheel, gardan, dan juga sistem transmisi dengan bantuan melalui Kruk AS hingga tenaga sampai ke roda kendaraan.Maka torsi akan berpengaruh pada performa mobil,dan tenaga akan mulai mempunyai peran ketika kendaraan sudah bergerak.


Torsi Lebih Dahulu Dihasilkan Sebelum Adanya Tenaga

Torsi dihasilkan dari adanya gerakan yang gaya dorong dari ruang pembakaran mesin / dapur pacu kendaraan.Dengan adanya ledakan pada ruang mesin,maka akan menghasilkan gaya yang akan disalurkan ke roda kendaraan dan selajutnya akan terjadi pergerakan.Hal ini jelas torsi mempunyai peran terlebih dahulu ketika mobil masih dalam keadaan diam.

Dan setelah kendaraan bergerak,selanjutnya tenagalah yang akan berperan penting sehingga kendaraan mampu melaju lebih cepat.Jadi mobil yang mampu melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi,maka mobil tersebut mempunyai tenaga yang lebih besar.

perbedaan-pengertian-torsi-dan-tenaga-mobil

Sumber foto : pixabay.com


Apa Hubungannya Antara Torsi & Tenaga Terhadap Akselerasi Mesin

Besar nilai torsi akan selalu berhubungan dengan akselerasi mesin,sedangkan besar tenaga akan selalu berpengaruh atau berkaitan dengan kecepatan mobil.Dorongan yang dihasilkan oleh mesin maka akan menghasilkan Torsi,dan kecepatan dari hasil dorongan itu yang disebut dengan Tenaga.

Dari beberapa teknisi menyebutkan jika keduanya hasil dari rumusan yang berbeda.

Untuk rumus perhitungan Torsi yakni Gaya dikalikan Jarak

Sedangkan untuk rumus perhitungan Tenaga yakni besar nilai Torsi dikalikan dengan RPM ( putaran mesin ).

Maka jika nilai torsi mesin lebih besar dengan gaya yang sama maka akan menghasilkan nilai tenaga / daya yang lebih besar.


Lalu Bagaimana Saat Menentukan Pilihan Kendaraan Berdasarkan Torsi atau Tenaga

Setiap kendaraan ( dalam hal ini mobil )mempunyai nilai torsi dan tenaga tidak sama besaranya.Hal ini dikarenakan jenis dan fungsi mobil tersebut.Misalkan saja,untuk jenis mobil dengan berpenumpang sedikit ( seperti citycar,sedan,dll ) akan berbeda dengan mobil yang berpenumpang lebih banyak ( seperti jenis MPV,SUV,dll ).

Pada perhitungan besar Torsi menggunakan satuan Newton meter / NM atau bisa juga Kgm / Kilogram meter,sedangkan untuk satuan tenaga menggunakan Horsepower / HP atau PS.Kedua besaran tersebut bisa dimanipulasi dengan alat yakni sistem transmisi Gearboks.

Dengan adanya Gearboks maka besar torsi akan bisa dirubah melalui gigi rasio.Sedangkan untuk keluaran tenaga tidak dapat diubah,sehingga kecepatan kendaraan akan berpengaruh pada besar tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan.

Sebuah kendaraan mobil yang mempunyai nilai tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan besar nilai torsi,maka akan dapat melaju lebih cepat karena hal ini akan memberikan akselerasi dan kecepatan pada laju mobil.


Kesimpulan ( Dalam Memilih Kendaraan Berdasarkan Torsi & Tenaga )

Jika sobat berencana mencari dan membeli mobil bekas maupun mobil baru yang mampu menghasikan kecepatan tinggi,maka sebaiknya sobat memilih spesifikasi mobil dengan nilai tenaga yang besar.Mobil-mobil seperti ini biasanya banyak dibutuhkan di perkotaan bermedan rata juga berpenumpang sedikit seperti mobil jenis sedan,sity car,super car,dan sejenisnya.

Namun jika sobat menginginkan mobil yang banyak digunakan didataran tinggi,menanjaK dan sering membawa banyak penumpang serta barang bawaan sebaiknya memilih kendaraan / mobil dengan nilai torsi yang besar.

Maka sebelum membeli membeli kendaraan sebaiknya putuskan secara tepat mana yang lebih dibutuhkan,apakah mobil dengan torsi besar atau mobil dengan tenaga yang besar.Semoga dengan membaca artikel ini maka sobat sudah bisa memahami perpedaan antara torsi dan tenaga serta apa hubuganya dengan akselerasi mobil,terima kasih.

Sumber referensi : Wuling.id, toyota.astra.co.id, auto2000.co.id

Belum ada Komentar untuk "Pilih Mobil ber-TORSI Besar atau ber-TENAGA Besar,dan Apa Hubungan Keduanya Dengan Akselerasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel