10 Tips & Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar & Tepat

OTOSPEEDMAGZ.COM - 10 Tips & Cara Merawat Radiator – Salah satu komponen penting pada mobil yang harus selalu diperhatikan yakni Radiator.Fungsi dari Radiator adalah sebagai komponen alat sistem pendingin mesin kendaraan.Didalam Radiator terdapat cairan yang bisa membantu dan mengontrol panas mesin sehingga dapur pacu tidak mudah rusak hingga panas berlebih atau overheat.

Sangat disarankan sekali bagi pemilik kendaraan mengetahui tips dan cara untuk merawat radiator mobil dengan benar & tepat.Sebenarnya sistem pendinginan mesin dalam kendaraan ada 3 komponen yakni cairan pendingin,udara dan minyak pelumas.Ketiga komponen ini akan membantu mesin tetap dingin,tetap efisien atau irit bahan bakar dan performa mesin tetap terjaga baik. 

Jangan sampai mobil rusak karena sobat tidak tahu cara merawat radiator yang benar mulai dari kebersihan hingga langkah-langkah yang tepat agar komponen ini tetap bekerja optimal.Karena masih banyak sekali pemilik kendaraan kurang memperhatikan kondisi radiator yang bisa membuat kualitas mesin mobil bisa memburuk hingga rusak.

Oleh karenanya penting bagi sobat untuk mengetahui beberapa tips dan langkah cara untuk merawat komponen radiator mobil yang benar dan juga tepat.Untuk lebih jelasnya mari simak uraian langkah-langkahnya dibawah ini.

tips-dan-cara-mudah-merawat-komponen-radiator-mobil-dengan-benar-dan-tepat

10 Tips & Cara Merawat Radiator Mobil yang Benar & Tepat Agar Mesin Tidak Overheat


1.Kontrol Volume Cairan Radiator

Volume cairan pendingin dalam radiator harus selalu sobat perhatikan dan harus selalu terisi.Dengan selalu mengecek volume cairan maka suhu atau temperature mesin mobil akan selalu normal dan terjaga.

Jangan sampai kondisi volume cairan pendingin dalam komponen ini berkurang bahkan habis,karena bisa mengakibatkan suhu mesin cepat panas atau overheat yang bisa merusak komponen mesin.

Untuk mengetahui volume cairan radiator sudah berkurang atau habis dengan cara melihat batas yakni di tengah-tengah antara indikator Full & Low.Selain itu sobat juga harus mengecek pula kondisi cadangan air radiator apakah masih aman atau tidak.


2.Bersihkan Raditor Secara Rutin

Kebersihan komponen radiator juga sangat menentukan performa mesin maka bersihkan radiator secara rutin dan berkala.Caranya dengan menguras tangki tabung radiator yang akan menghindarkan dari dampak korosi yang berasal dari logam di komponen radiator.

Lakukanlah setidaknya minimal sebulan sekali untuk membersihkan komponen radiator mobil.


3.Pastikan Tutup Radiator Selalu Bersih & Berfungsi Dengan Baik

Penutup radiator juga sangat penting untuk diperhatikan karena jika tutup rusak maka akan memicu kenaikan suhu pada mesin kendaraan.Selalu perhatikan pada bagian pegas dan karet penyekat pada tutup radiator,pastikan berfungsi dengan baik.

Namun perlu diingat,jangan sekali-kali membuka penutup radiator disaat kondisi mesin kendaraan masih panas.Hal ini sangat membahayakan karena bisa terjadi semburan air panas dari penutup lubang radiator.


4.Selalu Cek Tutup Radiator

Tidak hanya memastikan kondisi tutup radiator tetap bersih saja,namun tidak kalah penting untuk selalu mengecek dan memastikan tutup radiator tertutup rapat dengan baik.Hal ini untuk menjaga agar cairan radiator coolant yang dalam kondisi panas tidak bocor karena tutup mampu menahan dengan baik.


5.Kisi-Kisi Udara Harus Selalu Bersih

Fungsi dari kisi-kisi udara pada radiator berfungsi untuk jalur keluar masuknya udara bebas.Jadi jika bagian ini kotor maka akan menyumbat atau menghambat proses pendinginan mesin,alhasil pendinginan pada mesin tidak akan optimal.

Untuk membersihkan kisi-kisi udara hanya perlu menggunakan kuas halus dan lakukan penyemprotan air dengan tekanan tinggi kebagian ini saat mencuci mobil.


6. Cek Kondisi Selang dan Klem Radiator

Kedua komponen ini juga tidak kalah penting untuk selalu dicek yakni selang dan klem,karena bagian ini sering terpapar langsung dengan tekanan air dan juga suhu yang tinggi.Hal inilah yang bisa mengakibatkan selang dan klem mudah rusak.

Jadi jika kondisi bagian selang dan klem sudah tidak layak ( dengan ciri retak untuk selang & klem sudah tidak kencang / kuat untuk mengunci / mengikat ) maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.


7. Hindari Air Keran Sebaiknya Pakai Air Murni Untuk Mengisi Radiator

Bahaya jika sobat mengisi air radiator menggunakan air yang diambil dari AIR KERAN,karena selain mengandung mineral tinggi juga mengandung banyak zat besi yang bisa membuat korosi pada bagian logam di tangki radiator.

cara-merawat-komponen-radiator-mobil-yang-benar-dan-tepat
Sumber foto : suzuki.co.id


8.Gunakan Radiator Coolant ( Cairan Khsusus Radiator )

Radiator Coolant adalah suatu cairan khusus untuk mengisi radiator yang mampu menjaga suhu atau temperature mesin mobil tetap terjaga dengan baik dan juga mampu mengangkat kotoran-kotoran hingga karat yang sudah menumpuk di dalam tangki radiator.

Maka sebaiknya tetap menggunakan Radiator Coolant jika ingin mobil kesayangan sobat tetap prima dan suhu mesin tetap baik.Karena biasanya banyak yang mengganti Air Radiator Coolant dengan air biasa yang bisa beresiko membuat korosi dan karat.


9.Pastikan Juga Kipas Mesin Berjalan Normal

Selain kondisi tabung  dan penggunaan cairan Radiator Coolant ,sobat juga harus memastikan kipas mampu berfungsi dan berjalan baik.Fungsi dari kipas yakni untuk membuang udara panas pada ruang mesin mobil.

Maka sebaiknya selalu cek kondisi kipas kendaraan dengan memastikan cairan silicon dan juga tali kipas masih dalam kondisi baik dan normal.


10.Cek Kondisi Water Pump Pastikan Bisa Berjalan Baik

Pompa atau Water Pump merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan suhu mesin kendaraan.Sirkulasi cairan akan berjalan karena adanya pompa yang terus berputar.

Jika komponen ini mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan mesin kendaraan akan mati secara mendadak.


Sekian beberapa tips dan cara untuk merawat komponen radiator mobil agar tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.Dengan adanya perawatan secara rutin,benar dan tepat maka kondisi mobil khususnya komponen radiator akan awet dan terhindar dari karat dan kebocoran.

Semoga tips dan langkah diatas bisa menambah wawasan sobat pengguna mobil,sehingga tetap bisa berkendara di perjalanan dengan aman dan nyaman.Selain itu,kondisi mobil yang telah dicek juga akan meminimalisir rasa was-was terhadap resiko kerusakan di perjalanan.


Sumber referensi : gardaoto.com, toyota.astra.co.id dan beberapa sumber lainya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips & Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar & Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel