Cara Mudah Merawat Aki Mobil Dengan Benar & Tepat Agar Tetap Awet & Tidak Mudah Tekor

OTOSPEEDMAGZ.COM – Cara Mudah Merawat Aki Mobil Dengan Benar – Apakah yang dimaksud dengan Aki mobil itu?,Akumulator atau accu atau  aki) adalah sebuah alat yang mampu menyimpan energy listrik dalam bentuk energi kimia yang biasanya digunakan pada sebuah kendaraan ( khususnya di Negara Indonesia ).

Sedangkan untuk fungsi sebuah Aki yakni sebagai alat untuk menyuplai energi listrik untuk menghidupkan kendaraan pada saat di starter.Energi Listrik pada aki akan mengalir ke sistem starter kendaraan dan memutar flywheel untuk menjalankan komponen mesin.Aki juga berfungsi sebagai sumber energi listrik utama untuk menghidupkan komponen kendaraan lainya seperti:Lampu,klakson,dll.

Jika Aki pada kendaraan mengalami masalah atau kurang optimal maka energy listrik tidak akan tersalurkan dengan baik ke komponen mobil.Hal ini tentunya akan membuat kendaraan tidak bisa dihidupkan,lampu penerangan kurang baik atau hal-hal lain yang bisa merugikan pengendara.Maka sebaiknya sobat selalu menjaga dan merawat aki mobil dengan benar dan tepat.

Menginat pentingnya AKI di dalam sebuah kendaraan maka sobat sebaiknya mengetahui cara merawat aki mobil yang benar dan tepat sehingga aki mobil tetap bisa terjaga kondisinya.Dan berikut ini merupakan beberapa penjelasan cara merawat aki mobil.

Cara-Mudah-Merawat-Aki-Mobil-Dengan-Benar-&-Tepat-Agar-Tetap-Awet-&-Tidak-mudah-Tekor

Langkah Tepat Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet & Tidak Tekor

1.Selalu Cek Terminal Aki 

Bagian pada aki yang menjadi penghubung energy dari aki ke komponen kendaraan yakni pada terminal AKI.Terminal Negatif dan Positif sebagai penghubung harus tetap dalam kondisi bersih sehingga arus listrik bisa tersalur dengan baik.

Biasanya aka nada jamur,virus atau kotoran yang bisa menggangu dan membahayakan aki.Ada cara mudah untuk membersihkan terminal aki yakni dengan seember kecil air panas lalu celupkan sikat bekas dan menggosok hingga kutub bersih.

Pastikan sekrup terminat terpasang dengan baik,jika sudah tidak bisa dikencangkan maka sebaiknya ganti skrup terminal aki dengan yang baru.


2.Jangan Terlalu Banyak Aksesoris Terpasang di Mobil yang membutuhkan listrik

Menggunakan aksesoris mobil memang bisa mempercantik tampilan mobil,apalagi yang menggunakan arus listrik.Meskipun mobil akan tampak lebih gemerlap,namun sobat juga harus perhatikan dan membatasi jangan terlalu banyak karena bisa mempercepat aki mobil tekor.

Untuk mengetahui apakah aki masih dalam kondisi baik atau tidak bisa menggunakan alat ukur meter listrik.


3.Selalu Mengecek Kondisi Air AKI 

Agar AKI mobil tetap dalam konsidi prima maka sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin dengan menggunakan Battery Load Tester ,alat ini akan memberikan besaran arus DC pada AKI yakni 12Volt.

Jangan lupa juga selalu mengecek kondisi level air AKI ( cairan elektrolit ),jika sudah akan habis diposisi low level maka sebaiknya segera lakukan pengisian ulang.Hal ini untuk menghindari AKI mobil yang bisa mengalami soak atau tekor energy.


4.Selalu Memanasi Mobil Untuk Mengisi Arus AKI

Aki akan selalu mendapatkan charger arus listrik jika mobil selalu digunakan setiap hari.Maka jika mobil sobat memang jarang digunakan maka sebaiknya tetap melakukan pemanasan mesin mobil.

Jika mobil yang terdiam namun tetap rutin dipanaskan mesinnya maka aka nada aliran listrik yang bisa menjaga kondisi AKI mobil tetap terjaga dengan baik.Sehingga AKI mobil tetap akan awet dan tidak tekor jika tetap rutin memanaskan kendaraan biarpun tidak dipakai.


5.Matikan Semua Perangkat di Kendaraan Yang Membutuhkan Arus Listrik Saat Tidak digunakan

Sebuah kendaraan pastinya akan mempunyai beberapa perangkat yang terhubung ke arus listrik aki mobil.Beberapa perangkat seperti AC mobil,Radio,Lampu ,hingga sebuah TV kecil harus dimatikan jika mobil tidak digunakan.

Dengan menjaga hal ini maka AKI akan tetap terjaga dan tetap awet.Sehingga saat sobat akan menstarter atau menghidupkan kendaraan akan tetap bisa berjalan normal karena kebutuhan arus listrik tetap terpenuhi dengan baik oleh AKI.


6.Tanggap Cepat Jika AKI Mengalami Kebocoran

Salah satu hal yang penting harus cepat diperhatikan yakni jika aki mobil mengalami kebocoran karena memang beresiko berbahaya.Langkah tepat pertama yang harus dilakukan jika aki bocor maka segeralah membersihkan bagian mobil yang terkena air kebocoran aki.

Setelah itu,keringkan aki dan membersihkan kebocoran pada aki juga.Jika setelah dibersihka aki tidak bisa optimal maka sebaiknya segeralah mengganti AKI mobil dengan yang baru.


7.Pastikan Pengikat AKI ( Dudukan AKI ) Tetap Kuat

Akan berbahaya jika kondisi AKI didalam mobil tidak terpasang dengan kuat ( yakni kondisi pengikat AKI mengalami kendur atau kurang kuat ) yang bisa membuat AKI bergeser saat mobil melalui jalan berlobang.Maka pastikan posisi AKI tetap terjaga dengan baik di dudukanya.


8.Lepas AKI Mobil Jika Akan Lama Tidak Digunakan

Jika sobat mempunyai kendaraan namun akan ditinggal lama tidak digunakan ( seperti ditinggal berwisata ,dll ) sehingga mobil tidak ada yang memanasi maka sebaiknya kutub AKI mobil dilepas saja.Mobil biasanya aka nada komponen yang tetap menyerot arus di AKI meskipun dalam keadaan diam.

Maka jika mobil akan ditinggal lama dan tidak dilakukan pemanasan maka sebaiknya AKI mobil untuk kabel-kabel kutubnya dilepas.Sehingga AKI akan tetap terjaga dengan baik,dan biasanya AKI yang terisi dan tidak digunakan akan bertahan +- 3 – 5 bulan.


9.Jangan Menyalakan AC atau Audio Saat Mesin kendaraan Mati

Jika sobat sedang mengantri BBM atau menunggu seseorang dan itu lama,maka jangan menyalakan AC ataupun Audio dengan kondisi mesin kendaraaan mati dan kunci kotak dalam kondisi ON.Kebiasaan ini sangat berbahaya kaarena bisa membuat AKI mobil cepat tekor.

SOlusinya yakni jika merasa bosan menggunu lama maka sebaiknya matikan mesin kendaraan sobat bisa bermain dulu dengan smartphone baik dengan membuka jendela mobil ataupun mencari tempat yang tepat untuk menunggu.


Sekian Cara Mudah Merawat Aki Mobil Dengan Benar & Tepat untuk menjaga performa mobil kesayangan tetap terjaga.Jika ada kurang maka berikan pendapat sobat dikolom komentar ya.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Merawat Aki Mobil Dengan Benar & Tepat Agar Tetap Awet & Tidak Mudah Tekor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel