Kelebihan dan Kekurangan Motor Transmisi Matic

OTOSPEEDMAGZ.COM - Motor matic  sekarang menjadi primadona baru di masyarakat Indonesia.Ini bisa dilihat di jalan-jalan yang sudah banyak dan dominan motor tipe matik.Motor matic menjadi primadona tak lepas dari karena kenyamanan dan kemudahan serta beberpa kelebihan lainnya saat berkendara.Motor ini semakin digandrungi karena semakin bertambahnya pula kepercayaan pada motor matik ini.Dahulu motor kopling dan semi manual tanpa tuas kopling lebih di sukai,tapi sekarang sudah terlihat kan di jalan-jalan motor matik ini berkeliaran.


kelebihan motor matic

Kelebihan dan Kekurangan Motor Transmisi Matic

Motor matik ini dahulu kurang disukai karena mungkin engine brake yang kurang dan borosnya bahan bahkar.Untuk itu kali ini OTOSPEEDMAGZ akan berbagi beberapa kelebihan dan kekurangan akan motor matic ini yang semakin masyur di masyarakat. 


Kelebihan Motor Matic

1.Kemudahan berkendara tanpa transmisi  manual
Hal yang paling mendasar kenapa motor matic semakin digandrungi adalah tidak adanya perpindahan percepatan di transmisi motor.Si pengendara hanya tinggal ngegas tanpa memindahkan gigi percepatan secara manual .Pengendara hanya perlu  mempertahankan kesatbilan laju motor.Hal ini juga akan memperingan tangan dan kaki anda dalam focus berkendara.

2.Bahan bakar motor matic sekarang lebih irit
Dengan perkembangan teknologi yang semakin bagus terutama di dunia otomotif,hal ini juga berpengaruh pada spesifikasi motor matic yang sekarang jauh lebih ramah bahan bakar.Tidak seperti dulu yang memang teknologi motor matik belum seefisien dan sehemat sekarang.Hal ini tetntunya menjadi momok tersendiri di motor matic jaman dahulu.
Motor matic sekarang,dengan spesifikasi yang sudah syarat akan teknologi mampu menembus jarak 40 sd 50 Km per liter untuk kapasitas motor 125 cc.Hal ini tentunya menjadi nilai tambah untuk motor matik disamping mudahnya  untuk dikendarai.

3.Kemudahan membawa barang-barang bagi pengendara
Jika berbicara soal barang bawaan memakai motor maka akan teringat jasa pengantaran makanan atau barang lainya seperti grab food ataupun delivery order barang pakai bermotor.Motor matic memang dirancang sebaik mungkin untuk memberikan tingkat efisiensi berkendara yang baik termasuk juga sebagai motor angkut dengan barang bawaan yang cukup banyak dengan segala kemudahanya.Apalagi jika motor ditambahkan beberapa aksesoris box yang akan menambah kapasitas angkutnya. 

Motor matik sekarang selain bisa mengangkut barang bawaan dengan mudah dan banyak,sekarang juga sudah diberikan bagasi yang cukup luas yang bisa menampung helm full face lho..bahkan bisa ditambahkan beberapa barang bawaan lagi.Maka tak salah jika masyarakat sekarang dan tentunya ibu-ibu dan remaja lebih memilih motor matic untuk harian ataupun untuk kerja sampingan di GRAB ataupun GOJEK.

4.Berat motor matic yang ringan
Kenapa remaja wanita atau ibu rumah tangga lebih suka memakai motor matik sekarang,mungkin karena berat motor matik sekarang sudah ringan.Dengan bobot motor yang ringan maka pengendara akan lebih mudah mengontrol kendaraan bahkan jika terjadi hal yang tak di ingikan seperti motor jatuh / motor ambruk sendiri akan lebih mudah untuk mengangkatnya lagi khususnya bagi wanita. 

Honda Genio termasuk motor matik yang sudah mengadopsi teknologi terbaru di rangka motornya.Rangka Honda Genio sekarang diklaim belum pernah dipakai di motor manapun serta sangat efisien dan ringan di spesifikasi rangkanya,dengan teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).Hal ini mejadi kelebihan tersendiri dari motor matik ini. 

5.Motor matik bisa lebih lincah
Disamping penggunaan yang mudah saat menambah laju motor dengan hanya tinggal gas,motor matik ini juga mempunyai pengendalian yang cukup baik dan lincah .Motor matik akan sangat enak dan mantap saat anda menyalip dengan gesit.


Kekurangan Motor Matic

1.Roda motor kecil
Motor matik yang kebanyakan dipakai di Indonesia rata-rata mempunyai ukuran roda yang lumayan kecil kawan.Hal ini membuat motor matik akan terasa kurang nyaman saat anda melewati jalan yang berbatu atau bergelombang seperti di jalan-jalan desa yang masih menggunakan bebatuan 
Terlebih suspensi  motor ini menganut single sockbreaker atau suspense monoshock yang memang tidak didesain untuk kondisi jalan rusak atau berlubang .

2.Suspensi tidak tahan banting
Suspensi motor matik memang tidak didesain untuk medan berat.Meskipun suspense motor metik lebih nyaman dan empuk di jalan raya,namun jika motor matik terus menerus di ajak di medan yang rusak maka tidak khayal suspense ini akan bocor atau rusak.Disamping karena suspense motor ini hanya single shock saja.

3.Biaya servis mahal
Biaya perawatan motor matik memang lebih mahal disbanding dengan motor dengan transmisi manual.Komponen Roller dan CVT ini untuk pengecekan terbilang susah,karena  kedua komponen ini yang tertutup dan harus bongkar penutupnya .Yang membuat jasa pengecekan lebih mahal dibanding motor manual.Motor manual untuk pengecekan rantai dan roda lebih efisien dan mudah karena tidak adanya tutup yang harus dibongkar.

Setiap motor matik dan manual memiliki kelebihan dankekurangan tersendiri.Demikian beberapa kelbihan dan kekurangan motor matik.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kawan yang akan membeli motor matik idaman.Salam Satu Hati Otomotif Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Motor Transmisi Matic"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel