5 Manfaat Mengisi Angin Ban Mobil Dengan Nitrogen

OTOSPEEDMAGZ.COM - Mengisi Angin Ban Mobil  - Saat sobat saat mengisi BBM atau bahan bakar di SPBU,sobat akan melihat sebuat konter atau gerai untuk pengisian ban dengan nitrogen.Untuk jaman sekarang pengisian udara ban dengan nitrogen sudah menjadi biasa dan bukan hal yang special lagi.

Manfaat Gas Nitrogen Untk Ban Mobil
sumber foto : inventori.co.id

Manfaat Mengisi Angin Ban Mobil Dengan Nitrogen

Sekarang untuk gerai pengisian ban dengan nitrogen pun sudah cukup banyak terlihat di tiap SPBU.Namun masih banyak juga masyarakat yang masih menggunakan pengisian udara ban dengan udara biasa yang biasanya juga tersedia di SPBU.Padahal hal ini juga telah direkomendasikan oleh beberapa pabrik otomotif. 

Hal ini tentunya dikarenakan kurangnya informasi bagi masyarakat akan manfaat serta kelebihan jika ban kendaraan di isi dengan udara jenis nitrogen.

Beberapa Kelebihan Gas Nitrogen Untuk  Mengisi Angin Ban Kendaraan,berikut 5 manfaatnya.

1.Ban lebih awet

Kenapa ban akan lebih awet,karena jika sobat mengisi ban dengan gas nitrogen maka kondisi suhu dalam ban akan lebih dingin.Hal ini dikarenakan dari sifat gas nitrogen yang cenderung mempunyai suhu yang dingin atau mempunyai suhu yang lebih rendah dibanding dengan angin biasa.

Saat ban melaju di jalan dan mengalami gesekan dengan permukaan jalan,maka akan mengalami panas pada ban serta dengan adanya sifat dingin pada gas nitrogen akan lebih menjaga suhu dalam ban tersebut agar tidak mudah panas.

2.Ban melaju dengan lebih stabil

Dikarenakan partikel molekul untuk gas nitogren lebih besar dibandingkan dengan partikel molekul gas biasa,sehingga gas nitrogen akan memberikan tekanan lebih stabil pada ban kendaraan.

Sehingga semua permukaan ban akan lebih rata atau sama karena tekanan dari gas nitrogen,hal in menyebabkan untuk ban kendaraan akan mencegkeram lebih baik dan stabil dengan permukaan jalan.Dan ban kendaraan pun akan terkikis lebih merata ( hal ini tentunya dengan melihat dari setingan posisi velg / ban dengan bodi kendaraan serta kondisi permukaan jalan.

3.Meminimalisir ban meletus

Kejadian ban meletus pada kendaraan memang jarang terjadi.Hal namun tetap harus sobat antisipasi jika berkendara jarak jauh dengan suhu cuaca yang panas,maka resiko suhu ban menjadi lebih panas dan meletus bisa saja terjadi.

Dengan pemakaian gas nitrogen tentunya akan lebih meminimalisir suhu panas yang berlebih di ban kendaraan sobat,sehingga mengurangi resiko ban meletus.

4.Meminimalisir serat ban berkarat

Jika  sobat mengisi ban dengan gas biasa / angin biasa / gas oksigen akan lebih rentan ban mempunyai kondisi yang basah.Hal ini dikarenakan adanya kandungan air di oksigen itu sendiri.
Kadar air yang akan bisa membuat logam baja yang ada di serat ban lebih mudah berkarat.Namun jika sobat mengisi ban dengan nitrogen ,tentunya akan lebih mengurangi serat ban yang terbuat dari logam baja terjadi karat.

5.Mengurangi korosi  pada velg ban

Gas nitrogen ini tidak mengandung yang namanya asam sulfat.Dengan tidak adanya kandungan asam sulfat pada gas ini,maka logam yang berada dipermukaan velg ban mobil tidak akan tercemari oleh asam sulfat yang akan merusak velg ban.

Biasanya untuk velg ban yang sudah tercemari oleh asam sulfat permukaanya akan seperti kapur memutih dan lama kelamaan logam velg akan rontok atau velg ban akan mengalami korosi.

Semoga beberapa informasi mengenai manfaat penggunaan gas nitrogen untuk mengisi angin ban kendaraan sobat.Jadi mulai sekarang coba beralih ke gas nitrogen untuk lebih membuat ban dan velg kendaraan lebih awet,serta juga akan memberikan rasa aman saat sobat bepergian jauh dengan kendaraan.

Sumber inspirasi : asapmobil.com

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Mengisi Angin Ban Mobil Dengan Nitrogen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel