Tips Cara Memilih Mobil Bekas dan Terbaik

OTOSPEEDMAGZ.COM – Tips Cara Memilih Mobil Bekas – Mobil merupakan salah satu transportasi yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat sobat bepergian bersama keluarga.Dengan menggunakan mobil tentunya akan memberikan banyak kelebihan disbanding dengan menggunakan motor.Namun banyak sebagian dari kita ada yang belum mampu untuk membeli mobil baru dikarenakan dari jumlah harga yang harus dibayarkan.

Tips Cara Memilih Mobil Bekas Terbaik
sumber foto : pixabay.com

Tips Cara Memilih Mobil Bekas 

Namun dengan adanya mobil bekas,tentunya akan membuat kita bisa memboyong kendaraan roda empat tersebut.Dengan harga mobil bekas yang sekarang sudah begitu terjangkau akan semakin menarik banyak peminatnya.Baik itu membeli mobil bekas di showroom ataupun langsung ke penjual perorangan dan tentunya berharap akan tetap mendapatkan mobil bekas terbaik dan terjangkau.

Kali ini kita akan berbagi informasi beberapa tips buat sobat yakni  cara pilih mobil bekas dan bagaimanan jika sobat membeli mobil bekas di showroom. Berikut beberapa tips memilih mobil bekas berkualitas buat sobat OTOSPEEDMAGZ

1.Servic Record

Hal pertama yang perlu sobat tanyakan saat membeli mobil bekas yakni adanya bukti servis mobil.Dengan adanya bukti catatn servis ini setidaknya sobat akan mengetahui kapan mobil diservis dan dimana mobil juga di servis.

Dengan adanya servis rutin kendaraan atau mobil dirawat secara berkala dan rutin ,maka kondisi mobil akan selalu terjaga dengan performa yang selalu prima.Perwatan mobil yang rutin dan berkala itu juga mencerminkan dari pemilik sebelumnya bagaimana dia memperlakukan kendaraanya.

Sobat juga bisa prioritaskan mobil bekas yang selalu di servis di jaringan bengkel servis resmi kendaraan tersebut ya.Setidaknya ini akan memastikan keaslian part jika ada penggantian dan keaslian odometer.

2.Jangan Tergiur Harga Murah

Jika sobat menemukan informasi atau ditawari mengenai mobil bekas dengan harga jual murah,jangan terburu-buru untuk langsung membelinya.Sobat minat maka harus berhati-hati dengan tetap jeli dan teliti untuk mengecek mobil yang harganya murah di bawah pasaran.

Namun tidak semua mobil harga murah juga berkualitas buruk,namun tentunya ada factor lain yang mungkin kenapa mobil bekas tersebut dijual murah dari pemiliknya.

Namun ada juga mobil bekas murah dikarenakan banjir,kecelakaan ataupun factor lain seperti administrasi dan surat-surat yang kurang jelas.Hal ini tentunya harus dihindari karena justru akan merugikan sobat di kedepan harinya.

3.Cek Interior dan Aksesories Pendukungnya

Bagi sobat yang akan membeli mobil,tentunya kenyamanan menjadi prioritas utama.Karena itu periksalah bagian interior mobil sebagai fitur pendukung saat sobat mengendarai mobil tersebut apakah masih normal sesuai fungsinya atau tidak.Banyak sekali bagian interior yang harus sobat periksa seperti Audio,AC dan panel-panelnya.Sobat harus teliti dan jangan buru-buru saat mengecek semua bagian interiornya terutama untuk bagian keamanan sobat seperti sabuk pengaman dan Airbag.

Selain itu sobat juga harus coba cek kenyamanan tempat duduk semua apakah masih baik atau tidak.Cek juga bagian dashboard,karpet dan juga plavon mobil,jika ada bau tidak sedap atau apek bisa jadi mobil itu bekas mobil terkena banjir.

4.Periksa Bodi Mobil

Jangan lupa sobat juga harus perhatikan bodi mobil atau bagian eksterior dari mobil bekas tersebut.Sobat harus memastikan untuk bagian kap mesin,pintu,kaca apakah masih dalam kondisi original tidak.

Cek juga bagian cat mobil apakah terlihat belang atau kondisi tergores dan lecet.Hal ini biasanya karena mobil terjadi benturan namun untuk perbaikan cat kurang baik dan rapi.

Hal yang paling utama saat cek bodi mobil yakni pastikan jika bagian chassis mobil dalam kondisi baik atau prima,tidak ada bekas tabrakan,bengkong atau adanya bekas perbaikan yang dimungkinkan karena tabrakan.

5.Perikas Kondisi Mesin

Selanjutnya sobat buka bagian kap mesin untuk mengecek kondisi mesin kendaraan bekas tersebut.Hal ini merupakan bagian yang penting dalam suatu proses pengecekan saat membeli mobil bekas.Mesin mobil yang masih baik tentunya akan mudah di starter dan akan mengeluarkan suara mesin yang tidak kasar,cek juga apakah mesin mobil tersebut mengalami kebocoran pada mesin.

Untuk mengecek mesin mobil tentunya sobat harus meminta penjual agar diperbolehkan untuk mencoba  mengendarainya atau lakukan test drive di jalan raya.Dengan melakukan tes drive tentunya sobat akan mengetahui performa dari mobil tersebut,lakukan tes dijalan yang berbeda-beda kondisi ( seperti menanjak,lurus,berkelok,dan bergerojal,dll ) jangan hanya satu jenis medan saja.

Dengan melakukan tes seperti di atas sobat bisa mengecek dari kondisi mesin,rem,kaki-kai suspense,transmisi dan juga tentunya kenyamanan dari mobil bekas tersebut.

6.Dokumen Lengkap

Setelah semua pemeriksaan seperti di atas dan sobat sudah merasa jatuh hati atau cocok dengan mobil bekas tersebut,jangan lupa untuk memeriksa dari kelengkapan document mobil yang dipilih.Kelengkapan tersebut meliputi BPKB,STNK,dan Faktur.Dan jika mobil tersebut merupakan mobil uilt-up pastikan adanya Form A mobil.

Cocokan semua data dari document tadi dengan nomor rangka dan nomor mesin yang berada di mobil.Pastikan semua data dokumen dan mobil harus sesuai dengan kendaraan dan pemiliknya.

Ada baiknya Anda membawa teman atau mekanik yang mengerti dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. Meskipun Anda paham tentang mobil, bantuan dalam pengecekan akan bisa mengurangi kemungkinan adanya kerusakan yang terlewat.

7.Pakai Jasa atau Montir Kepercayaan

Jika sobat tidak memahami soal seluk beluk mobil baik mesin dan lainya,maka sobat sebaiknya meminta bantuan saudara atau teman yang tahu akan dunia perbengkelan kendaraan.Sobat juga bisa menggunakan jasa inspeksi kendaraan seperti Otospector.Dengan memakai jasa dari seperti Otospektor tentunya sobat akan mendapatkan mekanik yang berpengalaman untuk mengecek kondisi mobil bekas.Selain itu juga sobat akan merasa nyaman dan yakin saat sobat hendak membelinya.

8.Jangan Buru-Buru

Membeli mobil tentunya akan memerlukan banyak budget keuangan sobat untuk beberapa kalangan orang.Maka jika sobat belum bisa membeli mobil baru,namun berminat untuk membeli mobil bekas harus benar – benar cermat dan teliti baik saat pengecekan dan bertransaksi.

Sobat haru bandingkan harga untuk semua tipe mobilnya,agar terhindar dari kerugian karena harga yang terlalu mahal karena ketidaktahuan harga pasaranya.Semoga informasi mengenai Tips Cara Memilih Mobil Bekas berkualitas ini bisa bermanfaat.Sehingga sobat bisa mendapatkan unit terbaik dan harga terbaik juga.

Sumber Inspirasi : Otospector.co.id

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Memilih Mobil Bekas dan Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel