Jika Knalpot Keluar Air, Tanda Mesin Mobil Sehat

OTOSPEEDMAGZ.COM – Jika Knalpot Keluar Air - Sobat yang terbiasa memanasi mobil pada pagi hari tentunya sudah menjumpai saat knalpot mengeluarkan air.Namun sobat jangan heran dan khawatir,karena hal ini memang menjadi lazim pada kendaraan terutama mobil saat mesin dinyalakan pagi hari.

Hal tersebut malah bisa menjadi tanda jika mesin mobil sobat dalam keadaan yang baik.

Jika Knalpot Keluar Air, Tanda Mesin Mobil Sehat
sumber foto : pixabay.com

Knalpot Keluar Air Berarti Tanda Mesin Mobil Sehat

Hal seperti ini dikarenakan karena adanya penguapan dikarenakan kendaraan sobat berhenti beroperasi lama atau mobil diparkirkan dalam waktu yang lama.Bukan karena adanya kebocoran atau kerusakan pada mesin kendaraan.

Hal ini terjadi pada mesin karena adanya proses kondensasi pada pipa knalpot yang terbuat dari bahan besi.Jadi,saat knalpot kondisinya dingin,dan pembakaran mesin terjadi sehingga menyebabkan knalpot panas dan mengeluarkan embun.

Adanya unsure senyawa Hidrogen,Karbon,dan Udara

Terjadinya embun sendiri pada knalpot dan mesin wajar untuk mobil yang telah terparkir lama.Jadi jika knalpot panas tentunya air akan menguap dan pembakaran yang sempurna juga akan menghasilkan tetesan air lewat knalpot.

Selain itu juga ada terjadinya pembakaran oleh 3 unsur senyawa  hidrogen (H), udara (O2),dan karbon (C),yang dapat menghasilkan air saat mesin terjadi pembakaran.

Jadi,saat embun yang telah banyak menempel atau mengendap di dalam pipa saluran knalpot akan terdorong oleh hawa panas dari terjadinya pembakaran di mesin kendaraan.Dan air embun tadi akan keluar lewat knalpot.

Knalpot akan lebih awet dan tidak mudah keropos

Hal ini akan lebih banyak atau sering terjadi jika kondisi suhu sekitar dingin,jadi biarkan saja jika knalpot mengeluarkan air saat di pagi hari.Jangan sobat langsung matikan mesinya,biarkan pembakaran mesin berlangsung dan knalpot mengeluarkan air atau mengeringkan saluran pembakaran sampai ke knalpot.

Dengan cara ini malah sobat justru akan merawat knalpot kendaraan.Dengan mesin tetap biarkan menyala meskipun pipa knalpot keuarkan air akan membuat knalpot menjadi kering sehingga knalpot juga lebih awet dan mencegah timbulnya keropos pada pipa knalpot.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bersama

Belum ada Komentar untuk "Jika Knalpot Keluar Air, Tanda Mesin Mobil Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel