5 Penyebab Pintu Geser Mobil Bermasalah dan Solusinya

OTOSPEEDMAGZ.COM - Siapa yang disini punya mobil grand max,Sienta dan Voxy ataupun lainya,tipe mobil ini yang sudah menggunakan pintu geser.Pintu geser di mobil tipe MPV memang  sudah lama  menjadi fitur  kelengkapan tersendiri bagi para peneggunanya.Pintu geser sendiri mempunyai 2 varian tipe yakni pintu geser manual dan pintu geser elektrik.

Ciri-ciri Pintu Geser Mobil Bermasalah

sumber foto : toyota.astra.co.id

5 Penyebab Pintu Geser Mobil Bermasalah dan Solusinya

Untuk perbedaan pintu geser terletak pada mekanisme dalam membuka pintu geser mobil itu sendiri.Pintu geser manual membutuhkan tenaga manusia guna membuka pintu tersebut,sedangkan untuk pintu geser elektrik hanya membutuhkan tekan tombol sebagai switch  guna membuka atau menutup pintu tersebut.

Namun untuk pintu geser elektrik mempunyai beberapa cirri-ciri jika pintu geser sudah tidak baik atau tidak normal saat digunakan.Untuk mendeteksi masalah pintu geser elektrik yang sudah tidak normal ada beberapa tips yang bisa kawan perhatikan.

Berikut ciri-ciri pintu geser elektrik yang sudah bermasalah atau tidak normal pada mobil MPV atau mobil kesayangan sobat otomotif :

1.Timbul suara decitan saat pintu di geser
Suara ini timbul dari komponen rel ataupun bearing pada pintu geser mobil sobat.Atau bisa juga pintu geser tersebut yang sudah aus karena pemakaian yang sudah lama ,dengan kata lain usia pintu yang sudah lama.

Untuk solusi masalah ini sobat bisa melakukan  pelumasan pada rel pintu geser mobil.

2.Adanya air yang masuk di sela pintu

Kerusakan ini dikarenakan  air bisa masuk ke sela pintu geser mobil sobat,hal ini biasanya terjadi karena untuk karet pintu geser mobil sobat terjadi kerusakan atau sobek yang mengakibatkan adanya celah atau lubang kecil di engesel pintu.Sehingga air hujan atau saat mobil di mandikan air masuk melalui sela-sela kerusakan tersebut.

Solusi untuk masalah ini yakni dengan memperhatikan kondisi karet pintu geser mobil sobat.Jika kondisinya sudah tidak layak atau rusak maka diperlukan penggantian karet tersebut.Jika hal ini terus dibiarkan maka pintu mobil akan terjadi karat yang bisa menyebabkan kerusakan permanen di pintu geser mobil kesayangan .

3.Pintu kadang  sulit untuk dikunci

Pada mobil dengan pintu elektrik memang sudah menjadi rahasia umum.Kondisi ini biasanya karena usia atau umur mobil sobat memang sudah banyak atau usia mobil tua.Jika kesulitan mengunci pada mobil yang masih berusia muda contohnya Toyota Sienta atau Toyota Voxy dikarenakan  kebiasaan sobat yang menutup pintu geser elektrik ini dengan terlalu keras,atau dalam membuka terutama saat menutup pintu terlalu kasar.Sehingga dengan perlakuan kasar / keras di pintu geser mobil akan membuat kunci dan komponen pengait pintu mejadi lemah.

Solusi untuk ini dengan cara sobat tetap membuka dan menutup pintu geser dengan hati-hati,setidaknya meskipun  pintu geser mobil terbuat dari bahan terbaik tetap lakukan dengan  cara lembut ,sehingga pintu geser elektrik tetap terjaga dan pastinya akan lebih awet.

4.Engesel pintu banyak debu

Kebiasaan dalam  memilih komponen pendukung dengan harga yang murah justru malah akan berdampak pada komponen mobil tersebut.Misalkan saja sobat membeli pelumas pintu geser mobil yang murah dan kurang terjamin kualitasnya,hal ini malah akan berdampak merusak system geser pintu mobil kesayangan sobat.

Atau bisa jadi sobat malah terlalu banyak porsi dalam memberikan pelumas di engsel /rel pintu geser ,sehingga debu akan mudah menempel dan merusak komponen tersebut.Jangan gunakan sembarangan atau bedakan pelumasnya untuk jenis part berbahan plastik dan besi.

Solusinya yakni dengan membeli pelumas yang berkualitas ,jangan terlalu banyak saat melumasi komponen / part mobil dan sesuaikanlah jenis pelumas untuk plastik ataupun besi.

5.Pintu menjadi bergerak lambat saat di tutup dan dibuka

Pintu geser mobil dengan menggunakan tipe elektrik ini memerlukan daya guna menggerakan komponen ini.Dengan aliran daya listrik yang berasal dari aki mobil,maka tentulah gerakan pintu ini menyesuaikan daya dari aki itu sendiri.

Dengan membuka atau menutup pintu geser saat kondisi mobil mati atau aliran listrik tidak ada,maka akan menyebabkan pintu geser ini pun menjadi  rusak  / seret atau sulit dibuka tutup.

Solusinya bukalah pintu geser tipe elektrik dengan menggunakan tombol yang semestinya,utamakan membuka pintu geser dengan auomatis dan tentunya denga kondisi mobil menyala,sehingga tetap ada aliran daya listrik untuk membuka tutup pintu.

Jika soba mengalami permasalhan diatas dan kurang memahami cara untuk perbaikanya,maka mestinya bawalah mobil kesayangan  sobat ke bengkel kepercyaan atau bengkel resmi dari pabrikan mobil sobat.

Sekian berbagi  informasi kali ini,semoga bermanfaat .Salam Satu Hati Otomotif Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Pintu Geser Mobil Bermasalah dan Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel