7 Langkah Cara Bersihkan Helm dan Manfaatnya

OTOSPEEDMAGZ.COM - Cara Bersihkan Helm  dan Manfaatnya -Helm saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan atau part tambahan yang menjadi wajib untuk kita gunakan sehari-hari.Apalagi mereka yang menjadikan  profesi ojek,Grab,ataupun Gojek sebagai ladang penghidupan,pastinya helm akan menjadi hal yang paling utama.

 Cara Bersihkan Helm  dan Manfaatnya

sumber foto : pixabay.com

Namun dengan adanya intensitas pemakaian helm yang begitu tinggi,sehingga mengakibatkan helm tersebut juga akan mengalami kotor dan menimbulkan bau yang tak sedap.Untuk itu kita wajib membersihkan atau mencuci  helm secara rutin,atau setidaknya helm harus dicuci sebulan sekali.

Berikut beberapa manfaat jika kita rajin mencuci helm :
  • Kulit kepala akan lebih sehat
  • Rambut kita tidak akan mudah rusak dan rontok
  • Perilaku garuk kepala akan berkurang atau bahkan tidak akan melakukan garuk kepala karena gatal
  • Gatal  di kepala,telinga,pipi dan juga kening akan berkurang
  • Helm akan lebih awet
  • Bakteri pada helm akan lebih sedikit atau berkurang
  • Semua komponen dalam helm akan lebih tahan lama dan bersih

Namun jika kita rutin mencuci helm di jasa pencucian helm,tentunya akan menambah budget pengeluaran kita sobat,karena itu biar sobat lebih hemat coba ikuti beberapa langkah berikut ini yang bisa kita lakukan sendiri tanpa harus ke jasa cuci helm.Dan tentunya helm kita akan tetap awet dan bersih selalu,berikut langkah-langkahnya :

7 Langkah Cara Bersihkan Helm  dan Manfaatnya

1.Lepaslah dahulu untuk kaca ataupun visor helm agar mudah dibersihkan,lalu lepaskan bagian busa helmnya ,namun pastikan jika helm sobat mempunyai fitur “remove padding” .Lepas  busa semua sehingga helm hanya tinggal batok dan gabus keras.( catatan : jika busa helm tidak bisa dilepas maka jangan dipaksakan )

2.Berikutnya lakukan perendaman busa tadi menggunakan air sabun ataupun sampo selama 30 menitan.Lalu lakukan sikat busa secara hati-hati dengan menggunakan sikat  kecil sampai bersih.Untuk busa yang sudah dibersihkan sobat rendam dengan tempat terpisah yang berisi air plus pewangi.

3.Setelah semua busa selese di rendam di air plus pewangi,lalu peras secara pelan-pelan kemudian lakukan penjemuran dibawah panas matahari sehingga cepat kering.Namun lakukan penjemuran dengan tidak terlalu lama atau cukup dengan kondisi busa kering sehingga tidak berbau apek.

4.Lalu untuk bagian luarnya helm cuci dengan air jernih kemudian keringkan.Setelah kering poles atau gosok helm dengan kain lembut serta gunakan wax sebagai pemoles agar helm terlihat mulus dan kinclong.

5.Kaca yang sudah kita lepas tadi kita bersihkan juga menggunakan kain lembut dan tetap gunakan wax pemoles secara perlahan / hati-hati agar kaca pada helm tidak tergores dan tetap bening.

6.Setelah semua kering,pasang kembali semua bagian pada helm dengan tepat dan tetap hati-hati jangan sampai ada part yang patah.

7.Setelah semua selesai,gunakan semprotan yang sudah diberikan wangi-wangian dan juga pembunuh kuman untuk disemprotkan ke dalam helm.

Sekian tips kali ini buat sobat,jika kita selalu rajin membersihkan helm maka kita akan terasa nyaman saat berkendara.Dan bagi yang berprofesi sebagai Ojek,Grab motor,Gojek akan menambah kenyamanan bagi pelangganya.



Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Cara Bersihkan Helm dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel