Cara Mengenali dan Mendeteksi Mobil Bekas Yang Pernah Terkena Banjir

OTOSPEEDMAGZ.COM – Mobil Bekas Terkena Banjir Bisa membeli mobil baru tentunya menjadi idaman tiap orang.Namun tentunya akan memerlukan dana yang besar harus dipersiapkan dan dikeluarkan.Namun ada pilihan lain jika sobat ingin segera mempunyai mobil dengan harga yang terjangkau.Salah satunya yakni dengan membeli mobil yang sudah bekas,karena sekarang sudah banyak sekali baik personal ataupun perusaaan otomotif yang menjual mobil bekas.

Cara Mengenali dan Mendeteksi Mobil Bekas Banjir
sumber foto : merdeka.com/dwi narwoko

Cara Mengenali & Mendeteksi Mobil Bekas Terkena Banjir

Dengan kelebihan harga mobil bekas lebih murah,namun tentunya dengan membeli mobil bekas sobat harus banyak berhati-hati dan teliti.Banyak sekali mobil bekas yang terlihat bagus namun mempunyai mesin dalam kondisi kurang baik bahkan dalam kondisi tidak semestinya.

Seperti halnya jika penjual mobil bekas tanpa memberikan keterangan lengkap tantang semua kekurangan mobil bekas yang dijualnya.Contohnya jika sobat membeli mobil bekas yang pernah terkena banjir namun si penjual yang nakal tidak menjelaskan atau memberitahukan.Hal ini tentunya akan membuat sobat akan lebih banyak menanggung kerugian di kemudian harinya.

Untuk cirri-ciri mobil bekas yang pernah terkena banjir memang tidak bisa dilihat atau diperiksa secara sekila.Sobat harus lebih teliti untuk mengecek mobil bekas tersebut agar mendapatkan mobil bekas terbaik baik dari kondisi eksterior,interior,dan tentunya mesin kendaraanya.Berikut beberapa tips cara mengenali mobil bekas yang pernah terkena banjir.

1.Perika bagian kolong bawah mobil terutama bagian tromol

Dengan melihat kolong bawah mobil bekas,maka sobat bisa mengenali mobil tersebut bekas banjir dengan ciri bagian bawah kolongnya sudah banyak berkarat pada komponen-komponen bagian bawah.

Untuk lebih spesifiknya ,coba sobat lakukan pengecekan bagian tromol mobil.Biasanya jika mobil pernah terkena banjir maka bagian tromol sampai ke sela-selanya akan cukup signifikan terkena karat.

2.Coba rasakan bau atau aroma kabin mobil

Coba sobat masuk ke bagian kabin mobil bekas yang akan dibeli,lalu rasakan bau aroma kabinnya.Jika untuk bau ruangan kabin normal maka sobat bisa lewatkan bagian ini,namun jika bau di ruang kabin terasa apek atau aroma lembab dan berbau lumpur bisa diperkirakan mobil bekas tersebut pernah terkena banjir yang terendam hingga ke bagian interiornya.

Sobat juga harus waspada,jika ruang kabin berbau begitu harum dan dirasa cukup berlebihan atau menyengat,bisa diperkirakan juga jika si penjual berusaha menutupi kekurangan ini jika mobil tersebut bekas banjir.

3.Lakukan pengecekan bagian karpet mobil

Jika sobat telah cek aroma kabin,selanjutnya sobat coba teliti dengan baik bagian interior sampai sudut-sudutnya serta juga hingga bagian karpet bawah atau karpet dasarnya.Lalu sobat coba angkat sedikit apakah dibawah karpet terdapat noda atau kotoran debu dan pasir bekas air banjir.

Karena jika mobil bekas tersebut terlalu lama tergenang atau terkena banjir,maka air banjir akan mengendap dan meninggalkan bekas yang cukup tidak terlihat dibagian karpet dasar mobil bekas.

4.Periksa semua bagian kelistrikan mobil

Mobil bekas yang pernah terkena banjir juga dapat sobat deteksi melalui kelistrikanya.Jika mobil yang tidak terkena banjir,maka semua fungi elektronik dan kelistrikan akan berjalan normal sesuai fungsinya.Namun untuk mobil bekas pernah terkena banjir akan banyak bermasalah pada fitur-fitur perangkat dan elektroniknya.

5.Cek semua sela-sela karet di mobil

Hal yang biasanya kurang banyak di cermati atau kurang diperhatikan saat membeli mobil bekas yakni pada karet-karet mobil.Baik untuk karet bagian pintu maupun karet pada bagasi mobil.

Sobat jangan ragu atau segan-segan untuk melihat atau memeriksa bagian dalam dari karet mobil tersebut.Jika ada bekas bercak berwarna putih dan itu hampir merata,bisa dimungkinkan mobil tersebut pernah terkena banjir.

6.Harga mobil bekas tidak wajar atau dibawah pasaran

Jika sobat ingin membeli mobil bekas,sobat jangan terlalu terburu-buru dan mudah tergiur dengan harga yang murah dibawah pasaran.Pastikan beberapa langkah pengecekan seperti diatas sobat lakukan dengan teliti dan berhati0hati.

Karena biasanya untuk unit mobil bekas yang pernah terkena banjir akan dijual begitu murah untuk memikat para calon pelanggan.Hal itu dimungkinkan karena si penjual ingin segera mobil bekas tersebut cepat terjual dan semua masalah pada mobil tersebut segera pindah ke sobat atau calon pembeli.

Jadi kesimpulanya,jika sobat mengiginkan mobil baik untuk sendiri atau yang berkeluarga untuk memanjakan anggota keluarga,jangan terlalu bernafsu dan terburu-buru.Apalagi kepincut dengan harga yang terlampau murah.Pastikan sobat benar-benar mengecek semua kondisi baik dari bodi eksterior,interior serta mesin kendaraan tersebut.

Jika sobat kurang yakin dengan kemampun sobat tantang pengecekan mobil,bisa sobat pinjam jasa tukang servis mobil atau montir untuk mengecek semua kondisi mobil bekas,bisa juga dengan menngunakan jasa memang yang bisa atau khusus menerima pengecekan mobil bekas.Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengenali dan Mendeteksi Mobil Bekas Yang Pernah Terkena Banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel