Cara Merawat Mesin Mobil Agar Performa Mobil Tetap Stabil

OTOSPEEDMAGZ.COM - Cara Merawat Mesin Mobil  Bagaimana jika sebuah kendaraan tanpa adanya mesin..?,tentunya akan terlihat hanya bongkahan besi rangka saja kan.Karena itu mesin merupakan komponen terpenting dalam kendaraan atau bisa disebut jantung kendaraan.Jadi..,sobat harus sangat benar – benar merawat dan memperhatikan kondisi mesin kendaraannya.

Cara Merawat Mesin Mobil
foto ilustrasi : pixabay.com

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Performa Mobil Tetap Stabil

Mesin ini sangat wajib untuk selalu di cek secara berkala untuk bisa mendukung performanya agar tetap prima.Namun jika sobat harus selalu rutin ke bengkel resmi guna mengecek kondisi kendaraan,tentunya akan banyak memerlukan biaya dan waktu.Padahal beberapa cara sederhana untuk bisa merawat mesin kendaraan dengan cara yang ekonomis atau sederhana yang begitu mudah untuk dilakukan sendiri.

Lalu apasaja yang bisa sobat lakukan untuk mengecek kendaraan secara sederhana dan mudah.Berikut beberapa cara merawat mesin kendaraan dengan mudah dan sederhana.

1.Ganti Oli Rutin dan Berkala

Agar mesin kendaraan sobat tetap dalam kondisi yang prima,tentunya diperlukan sebuah oli mobil dengan kondisi yang baik pula.Maka gantilah oli kendaraan atau mobil sobat secara rutin dan berkala sesuai dengan ketetapan.

Saat penggantian oli tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni jenis oli kendaraan,jarak tempuh berkisar 3000 sd 5000 km,dan cara penggantianya.

2.Cek Air Radiator

Peranan dari sebuah komponen ini yakni radiator begitu penting,karena radiator akan menjaga suhu mesin agar tetap dalam kondisi stabil dan normal yang tidak terlalu panas atau terjadi overheating.

Jika mesin mengalami overheating atau kelebihan panas ,mesin akan cenderung lebih cepat mengalami  kerusakan bahkan bisa fatal.Hal ini dikarenakan air radiator / coolant tidak berfungsi dengan baik.Karena itu sobat harus selalu perhatikan air radiator dalam kondisi baik dan juga tidak mengalami kebocoran,apalagi jika sobat sering bepergian jauh menggunakan mobil.

3.Periksa Filter Saringan Karburasi

Hal yang biasa terjadi jika mobil sulit untuk dihidupkan biasanya dikarenakan adanya kotoran atau filter karburasi sudah dalam kondisi kotor dan perlu untuk segera dibersihkan.Untuk membersihkan filter ini sebenarnya bisa dengan cara mudah.

Sobat untuk membersihkan filter kaburasi ini hanya perlu menggunakan sikat gigi bekas,lalu gosokan atau sikat secara perlahan filter tersebut guna membuang kotoran- kotoran dan kerak yang sudah menempel di filter atau saringan karburasi mobil.

Namun ada hal yang jangan sobat lakukan,yakni sobat jangan meniup saringan / filter tadi menggunakan kompresor atau bahkan hairdryer karena malah akan merusak saringannya.

4.Bersihkan dan Buang Kerak Yang Menempel pada Mesin

Dibagian mesin yangsulit dijangkau biasanya ada banyak kerak mesin yang menempel pada komponen mesin kendaraan.Dan untuk membuang kerak – kerak tersebut sobat hanya perlu dengan menekan pedal  gas dengan lebih dalam,sehingga semua kerak pada mesin akan rontok dan keluar lewat lubang pipa knalpot.Cukup mudah bukan sobat untuk melalukan hal ini.

5.Selalu Isi Tangki Bahan Bakar Dengan Penuh

Selalu mengisi tangki bahan bakar dengan penuh ini banyak pengendara yang kurang memperhatikan hal ini.Dengan tidak terisi secara penuh di tangki bahan bakar teryata akan menyebabkan bagian atas tangki kendaraan mengalami pengerakan dari kotoran bahan bakar.Jika kerak-kerak tersebut sampai terbawa hingga ke bagian saluran kendaraan tentunya akan berbahaya.

Jadi sebaiknya sobat saat mengisi bahan bakar usahakan tangki bisa terisi dengan penuh,sehingga bagian atas tangki akan selalu bersih dan tidak menimbulkan kerak. 

Sekian beberapa tips buat sobat untuk bisa merawat mesin mobil dengan mudah dan juga sederhana.Dengan melakukan sedikit perawatan atau perawatan sederhana setidaknya akan menjaga agar performa mesin kendaraan selalu prima dan tentunya mesin akan lebih awet.Semoga informasi dan tips kali ini bisa bermanfaat.

Sumber Inspirasi : Asapmobil.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Mesin Mobil Agar Performa Mobil Tetap Stabil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel