Hindari Kredit Mobil Lebih Dari 3 Tahun,Ini Alasanya..!!

OTOSPEEDMAGZ.COM - Kredit Mobil 3 Tahun – Memasuki akhir tahun 2020 dengan kondisi masih pandemi Covid-19 tidak menyurutkan beberapa masyarakat untuk bisa membeli mobil baru maupun mobil bekas.Pasalnya untuk kendaraan roda empat saat ini sudah menjadi mode transportasi yang cukup ideal dan nyaman terutama bagi yang sudah berkeluarga.

tips kredit mobil murah_dan_ kredit mobil 3 tahun

Selain itu,untuk sekarang sudah banyak tawaran-tawaran dari banyak perusahaan jual beli mobil atau dealer yang memberikan kemudahan dalam membeli mobil baik secara cash hingga memberikan kredit mobil murah dengan DP yang terjangkau pula.Hal ini tentunya didukung dengan adanya  mobil baru jenis LCGC yang juga dibanderol dengan harga terjangkau.

Bagi beberapa masyarakat yang mengiginkan mobil namun belum mempunyai dana yang cukup,kredit mobil ini dianggap sebagai solusi yang tepat.Namun bagi sobat yang akan membeli kendaraan roda empat baik dalam kondisi baru ataupun bekas,sobat juga harus perhatikan lama angsuran jika mobil tersebut dibeli secara kredit,apalagi dengan jangka waktu yang lama.

Lalu apa saja yang mendasari untuk jangan melakukan kredit kendaraan lebih dari 3 tahun? dan apa tips-nya,simak ulasan berikut ini.


1.Harga Cash Lebih Murah 

Dengan sobat membeli mobil dengan cara kredit tentunya sobat juga harus siap menanggung juga biaya tambahan yakni bunga dari pinjaman atau kredit mobil tersebut.Pasalnya sobat akan mendapatkan selisih harga yang cukup banyak puluhan hingga ratusan juta ( tergantung dari harga mobilserta besar nilai suku bungan dan juga tenor pinjaman ).

Karena dengan semakin panjang tenor kredit,maka akan semakin mahal pula harga mobil hingga akhir pelunasan.Namun karena harga tinggi tersebut dibayar secara diangsur,maka akan terlihat enteng saja meskipun sobat sudah banyak mengalami rugi secara banderol harga.


2.Penyusutan Nilai Jual Kendaraan

Berbeda dengan nilai jual tanah,nilai jual kendaraan dengan adanya pertambahan tahun / usia akan semakin murah.Sedangkan jika tanah maka harga jualnya semakin lama akan semakin mahal untuk kedepan.

Oleh karenanya jika sobat membeli mobil secara kredit akan mengalami banyak penyusutan nilai dari harga mobil kedepanya.Apalagi jika dengan cara kredit,angsuran mobil belum lunas namun harga jual unit mobilnya sudah mulai berkurang banyak.


3.Hindari Kredit Mobil Hingga 3 Tahun Lebih (Berikut Simulasi : jika kredit mobil hingga 3 tahun )

Memang dengan membeli mobil secara cash tidak semua orang bisa,bahkan jika diniatkan menabung untuk membeli mobil tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.Namun perlu di ketahui jika sobat membeli mobil dengan cara kredit hingga tenor 3 tahun bahkan lebih,maka akan didapat selisih yang cukup banyak.

Berikut ini adalah contoh simulasi jika sobat membeli mobil secara kredit dengan tenor 3 tahun.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar Dengan Mudah

Sobat membeli mobil Z dengan jangka waktu cicilan hingga 3 tahun dengan beberapa tambahan biaya admin dan tentunya bunga kredit.


Point Kredit Mobil

  • Harga Mobil Z : Rp.110 juta
  • Jangka Waktu Angsuran : 3 Tahun / 36 bulan
  • Suku Bunga Pinjaman / tahun : 10% atau setara (0.83 % / bulan )
  • Minimal DP 30% dari harga mobil
  • Asuransi mobil sebesar 3,5 % dari harga mobil


Angsuran Per Bulan

Maka akan didapat nominal angsuran per bulan dengan ( dalam hal ini menggunakan bunga flat ) sbb :

  • DP 30% : Rp.33.000.000
  • Pokok Pinjaman : Rp.77.000.000
  • Angsuran Pokok : Rp.77.000.000 : 36 = Rp. 2.138.888,89
  • Bunga per bulan : Rp.77.000.000 x 0.83 % = Rp.641.666,67
  • Total Angsuran tiap Bulan : Rp 2.780.555,56


Biaya tambahan ( Asuransi + Administrasi )

Perhitungan biaya asuransi kendaraan dihitung 3.5% dari harga kendaraan

  • Biaya Asuransi :  3,5 % x Rp.110.000.000 
  • Biaya Administrasi : Rp.500.000


Pembayaran Pertama

Pembayaran pertama yang harus disiapkan sebesar :

= DP + cicilan pertama + administrasi + asuransi

= Rp.33.000.000 + Rp.2.780.555 + Rp.500.000 + Rp.3.850.000

= Rp.40.130.555


Total Harga Mobil Dengan Kredit 3 Tahun

Maka akan didapat harga mobil secara kredit :

= Pembayaran pertama + ( 35 x cicilan per bulan )

= Rp.40.130.555 +( 35 x Rp.2.780.555 )

= Rp.40.130.555 + Rp.97.319.425

=Rp.137.449.980,00


Selisih Harga ( Harga Cash dibanding Harga Kredit )

Jadi selisih harga mobil cash dengan kredit ( harga mobil 110 juta ) :

Rp.137.449.980,00 – Rp.110.000.000

Rp.27.449.980,00


Perhatian :

Dari simulasi diatas bisa didapat jika selisih harga hingga Rp.27 jutaan ,belum lagi jika banderol harga mobil tersebut lebih mahal,maka akan mengakibatkan semakin besar pula selisih harga mobil cash dengan harga total kredit.

Atau jika sobat melakukan kredit mobil dengan tenor / jangkan waktu pinjam yang lebih lama maka harga mobil kredit akan jauh lebih mahal lagi.

Jangan sampai kondisi mobil sudah banyak kerusakan karena pemakaian,sedangkan untuk kredit mobil belum selesai ( akan lebih parah jika jangka waktu peminjaman lebih lama )


4.Solusi Membeli Mobil Dengan Dana Terbatas  Atau Tanpa Kredit

Maka sebaiknya jika sobat akan membeli mobil secara mengangsur / kredit usahakan mempunyai DP yang besar dahulu dan usahakan mengambil jangkan waktu pinjaman yang kurang dari 3 tahun.Bahkan alangkah baiknya jika sobat membeli mobil secara cash,sehingga sobat tidak akan dibebankan dengan bunga pinjaman serta harga mobil yang sesuai / tetap.

Dengan sedikit kesabaran dan konsekuen dalam menabung dengan target dana tertentu untuk dicapai,setidaknya sobat sudah bisa membeli mobil dengan cara cash ( meskipun kadang kondisi bekas namun tanpa harus mempunyai angsuran kredit yang notabenya cukup banyak ).

Jika belum bisa membeli mobil baru dan harus mobil bekas,maka sebaiknya tetap memperhatikan kondisi kendaraan secara teliti dan tentunya sabar.Manfaatkan jasa pengecekan mobil ( baik biro jasa atau perseorangan ) saat akan membeli mobil bekas jika sobat belum mengetahui banyak tentang mesin untuk mengetahui kondisi mobil bekas.

Baca Juga : Urus Sendiri Saja,..Buat Balik Nama Mobil Bekas

Sekian beberapa tips dan juga gambaran jika sobat melakukan kredit mobil murah hingga mahal,khususnya jika sobat mengambil jangkan waktu kredit mobil hingga 3 tahun lebih.Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi mengatur keuangan sobat.Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Hindari Kredit Mobil Lebih Dari 3 Tahun,Ini Alasanya..!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel