Mau Asuransikan Mobil?,Ketahui Dulu 4 Pilihan Jenisnya

OTOSPEEDMAGZ.COM – Asuransi Kendaraan - Jika sobat baru saja membeli mobil baru ataupun mobil bekas dengan harga yang cukup mahal,maka ada baiknya jika sobat mendaftarkan mobil kesayangan ke pihak asuransi mobil terbaik.Lalu apa itu asuransi kendaraan?,asuransi ini merupakan jenis asuransi yang khusus ditunjukan untuk sebuah kendaraan yang akan mengalihkan segala kemungkinan resiko yang terjadi pada kendaraan kepada perusahaan penyedia jasa asuransi.Dalam memilih sebuah asuransi kendaraan,tentunya sobat juga harus memperhatikan dari beberapa aspek yakni kekuatan ekonomi keuangan,jasa serta biaya beban yang harus disesuikan menurut kebutuhan sebelum sobat mendaftar ke asuransi.

jenis_asuransi mobil terbaik 2020

Tidak hanya menjaga dan merawat bagian-bagian dari setiap mobil kesayangan agar nilai jual kendaraan tetap stabil,namun sobat juga perlu mengasuransikan mobil sobat.Dengan memilih asuransi mobil terbaik,maka kendaraan akan terjaga dan tercover jika mengalami hal-hal buruk pada kendaraan sobat.Hal ini mengingat dari tujuan asuransi kendaraan kepada nasabahnya yakni mampu memberikan jaminan untuk penggantian terhadap resiko yang bisa saja terjadi pada kendaraan di masa depan.

Namun sebelum sobat melangkah ke pihak penyedia jasa asuransi mobil terbaik pilihan sobat,ada baiknya ketahui dulu apa saja jenis-jenis asuransi kendaraan agar sobat tidak salah pilih.Tidak hanya itu dengan memilih secara tepat jenis asuransi mobil maka sobat akan bisa memilih mana yang cocok dengan kondisi ekonomi dan sesuai kebutuhan sobat.


Asuransi All Risk

All Risk atau “Segala Resiko” merupakan jenis asuransi yang comprehensive atau “keseluruhan” untuk kendaraan sobat.Ausransi ini akan dapat menjaga berbagai macam resiko buruk yang terjadi pada kendaraan sobat. Asuransi All Risk ini akan melindungi kendaraan mulai dari resiko ringan seperti terjadinya lecet pada bodi kendaraan hingga resiko besar seperti  terjadinya tabrakan dan kehilangan.

Jenis asuransi ini memang sangat baik karena akan membayar klaim dari berbagai jenis kerusakan ringan hingga berat.Namun perlu diketahui jika premi yang harus sobat bayar tentunya juga akan cukup mahal.

Asuransi ini juga secara pertanggung akan dapat diperluas dari terkena resiko huru-hara hingga penambahan sebuah aksesoris pada kendaraan kesayangan sobat.Dengan adanya perluasan pertanggung tersebut,maka akan diimbangi dengan penambahan biaya asuransi yang harus sobat bayarkan.


Asuransi  TLO / Total Loss Only

Sesuai dengan nama dan artinya yakni Total Loss Only,maka asuransi jenis ini hanya akan melindungi atau memberikan jaminan pada kendaraan sobat atau biaya pertanggungan jika kendaraan yang sobat daftarkan mengalami kehilangan dan kerusakan total.

Kehilangan atau kerusakan total kendaraan pada asuransi TLO yakni jika mengalami lebih dari 75% kerusakan pada kendaraan sobat ( dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian ).Tentunya sobat juga harus menyertakan bukti yang valid supaya kendaraan dapat dipertanggungkan oleh asuransi tersebut.

Biaya asuransi TLO ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan Asuransi All Risk,karena memang secara pertanggungan asurasni ini tidak secara menyeluruh.Dan berdasarkan pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia atau PSAKBI,maka usia maximal pertanggungan asuransi kendaraan adalah 15 tahun.


Asuransi Liability Insurance

Arti dari asuransi ini yakni “tanggung gugat”.Jenis asuransi ini akan dipertanggungkan jika mengalami kerusakan akibat kecelakaan yang dikarenakan kelalaian saat berkendara.Dimana asuransi ini juga mencangkup tagihan dari biaya medis untuk pengobatan dari cedera kecelakaan.

Asuransi ini akan memberikan jaminan perlindungan untuk tertanggung jika timbul resiko karena tuntutan dari pihak ketiga / pihak lain.Hal-hal yang dapat menyebabkan tuntutan hukum dari pihak ketiga ( dasar tuntutan ) diantaranya kelalaian,gangguan,melanggar hak orang lain,melanggar undang-undang, hingga pencemaran nama baik.

Maka bagi sobat yang mempunyai bisnis khususnya yang berhubungan dengan aset kendaraan diperlukan asuransi ini .Hal ini dilakukan untuk membackup jika dalam proses bisnis mengalami kesalahan bisnis dan merugikan pihak ketiga / orang lain.


Asuransi Collision Coverage

Asuransi Collision Converage berarti “tanggungan kecelakaan”,jenis asuransi ini akan mempertagunggungkan biaya kecelakaan.Dengan asuransi ini maka saat sobat mengalami kerusakaan hingga parah pada kendaraan,maka akan diganti rugi sesuai dengan nilai atau sesuai harga mobil tersebut.

Bahkan jika anggota asuransi Collision Coverage mengalami kecelakaan tunggal atau sendiri,maka sobat tetap dapat  mengklaimkan kendaraan ke pihak asuransi ini,bahkan pihak asuransi memberi jaminan dengan harga mobil yang sesuai dengan nilai jual kendaraan.

Baca Juga : jangan kredit lebih dari 3 tahun


Jadi sebelum sobat mendaftarkan kendaraan ke pihak penyedia asuransi maka pahami dulu karakter dari jenis asuransi yang akan dipakai.Dengan memilih asuransi mobil terbaik secara tepat dan benar,tentunya akan lebih menguntungkan dan memberikan rasa aman.

Selain itu,jenis asuransi yang sobat pilih juga harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan sobat semua.Semoga beberapa ulasan mengenai jenis asuransi diatas bisa bermanfaat buat sobat semua,terima kasih.


Sumber referensi : sinamas.co.id,ahliasuransi.com

Belum ada Komentar untuk "Mau Asuransikan Mobil?,Ketahui Dulu 4 Pilihan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel