4 Fitur Aktif Mobil Mitsubishi : Untuk Mencegah Resiko Kecelakaan Di jalan Licin

OTOSPEEDMAGZ.COM – Fitur Mobil Mitsubishi - Memasuki musim penghujan seperti dibulan November 2020 ini akan membuat medan jalan akan menjadi lebih licin.Tentunya bagi pengendara baik sepeda motor dan juga kendaraan roda empat menjadi lebih berhati-hati lagi saat melaju di jalan.Oleh karenanya tidak hanya skill berkendara yang baik saja,namun pengendara juga harus mampu memperhitungkan bagaimana kondisi jalan yang dilintasinya.

fitur mobil terbaik_fitur keselamatan dan keamanan

Medan yang licin memang menjadi catatan tersendiri bagi pengendara karena resikonya bisa mengakibatkan kecelakaan ringan hingga fatal.Dengan berjalanya waktu dan pesatnya perkembangan teknologi,kini sudah banyak produsen kendaraan motor dan mobil telah membenamkan fitur berteknologi canggih untuk mengurasi resiko kecelakaan.Tentunya hal ini menjadi kabar baik karena si pengendara dan sekitarnya akan lebih diuntungkan dari segi keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Seperti halnya yang telah dilakukan oleh pabrikan otomotif besar Mitsubishi Motors yang juga telah menerapkan fitur canggih di setiap unit mobil yang dipasarkan.Fitur Keamanan dan Keselamatan mobil memang telah menjadi hal wajib mengingat Mitsubishi Motors menjadi salah satu perusahaan otomotif yang mendunia.Tidak hanya pada mobil premium / berkelas saja,namun juga diterapkan pada mobil dikelas bawahnya.

Perusahan mobil Mitsubihsi tidak hanya memberikan sabuk pengaman di setiap kursi duduk,kualitas ban mobil yang terbaik,material bodi dan rangka yang baik untuk setiap unit mobilnya.Namun fitur keselamatan dan keamanan aktif juga telah disematkan berteknologi canggih untuk membuat perjalanan pengguna lebih aman dan nyaman.

Contoh Fitur Pasif pada kendaraan diantaranya Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter,fitur keselamatan anak / Isofix,dll.Fitur pasif biasanya akan mulai aktif dan bekerja jika telah ada rangsangan berupa benturan / kecelakaan pada mobil.

Sedangkan untuk fitur aktif pada mobil seperti antilock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), active stability control (ASC), traction control (TC),dan juga hill start assist control (HSA),semua fitur aktif tersebut akan diatur melalu ECU mobil secara komputerisasi.

Baca Juga : Simbol-Simbol Indikator Mobil,Penting Untuk Diketahui

Lalu apa setiap fungsi dari fitur-fitur aktif tersebut,yang akan menjaga mobil tetap stabil serta mampu mencegah resiko kecelakaan di jalan licin,berikut ulasanya.


01.Fitur Pengereman ( Fitur ABS ,EBD,BA )

Fitur ABS / Antilock Braking System adalah mempunyai fungsi agar rem kendaraan tidak terkunci saat pengendara melakukan rem mendadak,keras terutama di jalan licin.

Fitur EBD / ) Electronic Brake force Distribution adalah sebuah teknologi yang akan mengatur tekanan dari minyak rem di setiap roda kendaraan ( tekanan akan tergantung pada cengkeram roda terhadap medan jalan ).Dengan EBD maka tekanan pengereman pada setiap roda akan merata.

Fitur BA / brake assist adalah fitur rem yang akan menambah tenaga pada tekanan rem sehingga membantu meningkatkan kemampuan / tenaga saat pengereman .BA ini bekerja dengan cara membaca pelepasan kaki pengendara pada pedal gas ( terutama secara mendadak ).


02.Fitur ASC / Mengaja Mobil Saat Bermanuver

ASC atau active stability control berfungi untuk menstabilkan kendaraan agar tidak melintir baik saat bermanuver dan menikung.Fitur ini akan membuat daya cengkeram ban mobil tetap terjaga dengan baik meskipun melewati berbagai macam medan.Fitur ini juga secara otomatis ON saat mobil mulai dihidupkan.

Fitur ASC ini juga bisa di NONAKTIFKAN secara manual melalui tombol di samping kanan setir kemudi,sehingga pada layar MID aka nada tanda peringatan jika fitur ASC telah dimatikan.Namun jika mobil dan dihidupkan kembali,maka fitur ini juga akan ON / Aktif kembali.


03.Fitur  HSA / Membantu Saat Melewati Medan Menanjak

Sesuai dengan namanya HSA atau Hill Start Aassist control merupakan fitur yang akan membantu sobat saat berkendara melewati jalan menanjak dengan menanahan mobil untuk tidak bergerak mundur saat berkendara.

Fitur ini akan mulai aktif saat sobat mulai melewati medan dengan posisi menanjak dan berhenti.Saat pengemudi mulai memindahkan kaki dari pedal rem lalu ke pedal gas dan mobil mulai melaju,maka fitur HSA akan bekerja dengan menahan mobil agar tidak mundur.


04.Fitur ESS / Peringatan Untuk Kendaraan Lain

ESS atau Emergency Stop Signal adalah fitur yang akan membantu pengemudi saat berhenti mendadak disaat melaju dengan kecepatan tinggi.Indikator jika ESS bekerja yakni aka nada sinyal peringatan dari lampi hazard.Sinyal ini sebagai tanda kepada kendaraan lain baik di sisi depan,belakang dan juga samping melalui lampu hazard yang berkedip tadi. 

Dengan fitur ini maka pengendara lain akan lebih waspada dan tahu harus berhati-hati.ESS akan aktif jika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak ,namun jika hanya pengereman biasa maka ESS tidak akan merespon / bekerja.

Baca Juga : 3 Teknologi Baru Dalam Bidang Otomotif


Tentunya masih banyak fitur lain yang telah disematkan di mobil Mitsubishi untuk menjaga keamanan dan keselamatan penggunanya.Kesemua fitur mobil aktif dan pasif tentunya diberikan demi keselamatan dan kenyamanan pengendara dan pengguna lainya.Sekian beberapa ulasan fitur canggih yang tertanam di mobil Mitsubishi yang akan mengurangi resiko kecelakaan saat pengendara melewati medan licin,semoga bermanfaat dan menambah wawasan.Terima kasih.


Sumber referensi : mitsubishi-motors.co.id

Belum ada Komentar untuk "4 Fitur Aktif Mobil Mitsubishi : Untuk Mencegah Resiko Kecelakaan Di jalan Licin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel