11 Cara Merawat Mobil Yang TerParkir Lama di Garasi Rumah

OTOSPEEDMAGZ.COM – Cara Merawat Mobil Terparkir Lama – Tahun 2020 telah berlalu dan kini memasuki tahun 2021 dengan banyak harapan baru.Ucapan tahun baru 2021 telah banyak diberikan dan diterima baik dari keluarga,saudara,teman dekat hingga orang sekitar.Namun masa pandemic Covid-19 masih juga belum selesai di awal tahun 2021.Tentunya hal ini juga mengakibatkan aktivitas masih belum terlalu bebas dengan adanya PSBB.Pembatasan aktivitas dari berjalan kaki hingga berkendara serta diruangan dan luar ruangan,alhasil kendaraan sobat harus masih terparkir lama digarasi rumah.( Sumber foto: cottonbro dari Pexels )

Tips Cara Mudah Merawat Mobil Yang TerParkir Lama Dirumah

Cara Mudah Merawat Mobil Yang TerParkir Lama Dirumah ,Terutama di Masa Pandemi Covid-19

Namun jangan berpikir jika kendaraan yang terpakir lama akan lebih awet,justru mobil yang jarang digunakan akan mudah mengalami kerusakan atau bermasalah.Lalu apa saja yang harus dilakukan agar kendaraan sobat tetap prima meskipun terlalu lama tidak digunakan.Kali ini kita akan berbagai informasi beberapa cara merawat kendaraan dengan mudah meskipun harus parkir cukup lama di garasi rumah selama PSBB.

Simak tips dibawah ini cara mudah perawatan mobil selama masa PSBB Pandemi Covid-19 yang harus rela terpakir lama digarasi.

1.Keluarakan Semua Barang Dalam Mobil

Sebelum sobat membersihkan & mencuci mobil maka keluarkan semua barang baik pribadi maupun milik orang lain didalam mobil.Keluarkan barang seperti sisa minuman,makanan,dan juga barang aksesoris pribadi lainya layaknya kacamata,kartu tol,barang berharga serta  pematik api / korek api.

Selain keadaan dalam interior mobil lebih bersih,hal ini juga akan meminimalisir kedatangan hewan liar yang bisa bersarang di dalam barang pribadi sobat ( seperti sisa makanan dan botol air minum ).

2.Isi Tangki Mobil Hingga Penuh

Setelah keadaan kabin / interior mobil bersih,selanjutnya isi bensin mobil sobat hingga penuh.Dengan kondisi tangki terisi penuh,maka komponen tangki akan bisa terhindar dari karat.Jika keadaan tangki mobil kosong atau hanya sisa sedikit bahan bakar akan beresiko terjadi efek reaksi oksidasi yang bisa menimbulkan karat pada tangki.Alhasil setelah terlama terparkir tangki sobat bisa dalam keadaan keropos.

3.Kontrol Tekanan Ban

Mobil yang terlalu lama terpakir dan berhenti dengan waktu yang lama mudah sekali mengalami pengurangan tekanan angin pada ban.Maka sobat harus selalu  rutin mengecek keadaan tekanan ban mobil dan sesuai standar.

Bila perlu sobat belilah alat pengisi angin ban mobil beserta alat ukur tekanan ban mobil ( jika ada jenis portable yang mudah dibawa dan disimpan ) di toko sekitar kota sobat.Hal ini untuk memudahkan sobat jika sewaktu-waktu harus mengukur dan juga akan menambah angin pada ban mobil.

4.Cuci Sisi Dalam dan Luar Mobil 

Setelah poin diatas selesai,cara merawat mobil yang terpakir lama diatas yakni dengan mencuci hingga bersih baik bagian eksterior hingga interior mobil.Dengan mencuci secara detail ,tentunya banyak debu dan kotoran yang menempel pada mobil akan hilang.Karena jika kotoran yang dibiarkan terlalu lama juga akan beresiko terjadi karat pada mobil dan sulit dihilangkan,serta tentunya mobil tidak enak saat dipandang.

Bersihkan bagian jok,karpet dan semua sisi serta pastikan semua kering agar tidak menimbulkan noda baru pada mobil.Lakukan hal ini secara rutin dengan selalu mengecek kondisi mobil apakah sudah terlihat kotor kembali atau tidak dalam jangka waktu tertentu.

5.Pakai Parfum Mobil

Gunakan parfum mobil yang sesuai dengan aroma selera sobat dan taruhlah parfum tersebut kedalam mobil.Hal ini dilakukan untuk menghindari bau apek atau tidak enak selama kendaraan terparkir lama digarasi rumah.

6.Berikan Bahan Pengusir Serangga

Mobil yang terpakir lama dalam garasi tidak hanya harus bersih dan harum saja,namun sobat juga perlu memberikan bahan pengusir serangga atau binatang liar seperti kecoa,semut,hingga tikus.Pasalnya mobil yang lama tidak digunakan bisa mengalami kondisi lembab dan dapat menarik perhatian serangga.

Hewan liar tersebut bisa membuat mobil menjadi kotor dan bau,bahkan serangga tikus juga bisa merusak kabel kelistrikan mobil.Maka untuk mencegah hal tersebut sobat perlu membeli dan menempatkan bahan pengusir serangga kedalam mobil yang akan terparkir lama.Atau jika ingin menggunakan bahan alami,maka tempatkan batang cengkeh yang juga mampu mengusir serangga semut ( taburkan di area sekitar ban mobil ).

7.Parkir Mobil Ditempat Beratap

Parkirlah mobil yang sudah bersih dan harum tadi ditempat beratap yakni garasi / carport beratap.Dengan memakirkan mobil di garasi / carport beratap tentunya akan menjaga mobil dari paparan sinar matahari dan air hujan.Karena jika tidak,maka siap-siap saja mobil kesayangan akan beresiko terkena jamur / water spot,bau tidak sedap hingga cat mobil yang semakin lama semakin memudar.

Akan lebih baik lagi jika mobil kesayangan sobat diberikan mantol pelindung mobil,sehingga debu,sinar dan air akan tidak mudah mengenai mobil.

8.Hindari REM PARKIR

Cara merawat mobil dengan mudah saat PSBB berikutnya yakni jangan menggunakan REM PARKIR mobil.Hal ini untuk menghindari menempelnya kampas rem mobil ke bagian tromol dalam,karena jika sudah menempel sobat akan kesulitan saat melepasnya karena mobil berhenti dalam jangka waktu lama.

Sebaiknya untuk sobat gunakan sebuah balok kayu atau benda mati lainya untuk mengganjal ban mobil kesayangan.

9.Baterai AKI Tetap Terhubung

Pasanglah kabel baterai AKI mobil meskipun akan terpakir dalam waktu lama.Mobil tentunya akan tetap membutuhkan aliran tegangan / suplay listrik untuk menghidupkan beberapa komponen seperti alarm mobil.

10.Rutin Panaskan Mesin Mobil

Untuk menghindari Baterai AKI mobil tekor dan aliran sirkulasi oli tetap baik,maka sobat perlu memanasi mesin mobil +- 15 menit minimal seminggu sekali secara teratur.Selain itu untuk menghindari kerusakan ban bertumpu pada satu titik dengan waktu terlalu lama,maka sobat bisa membawa mobil berputar-putar di area kompel rumah tinggal.

11.Pastikan Tidak Ada Kebocoran

Mobil yang terlalu lama diparkir juga bisa mendeteksi apakah ada kerusakan komponen pada mobil tersebut.Maka lakukan pengecekan rutin ke semua sisi mobil dari ruang kabin,mesin hingga kolong bawah mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Dengan berkurangnya cairan mobil yang terlalu drastic hingga adanya lelehan oli mesin,maka menandakan jika mobil sudah mulai ada kerusakan dari komponen tersebut.


Baca Juga : 7 Tips Mudah Pengecekan Untuk Merawat Mobil Bagi Pemula


Sekian beberapa tips cara merawat mobil dengan mudah yang terparkir lama di garasi rumah.Tentunya tips diatas akan sangat bermanfaat,apalagi mengingat PSBB di masa pandemi Covid-19 masih digalakan yang berakibat terbatasnya aktivitas.Atau bisa juga saat sobat sedang melakukan tour wisata atau berkerja dengan waktu lama dan harus meninggalkan kendaraan dirumah.Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber referensi : oto.detik,otomotif.news,gridoto,liputan6

Belum ada Komentar untuk "11 Cara Merawat Mobil Yang TerParkir Lama di Garasi Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel