7 Tips Mudah Pengecekan Untuk Merawat Mobil Bagi Pemula

OTOSPEEDMAGZ.COM – Cara Merawat Mobil Dengan Mudah– Bagi sobat yang mempunyai mobil untuk pertama kali tentunya menjadi pengalaman baru.Sebagai pemula,tentunya akan ada perasaan bingung apa yang harus diperhatikan untuk memulai perawatan kendaraan pertamanya.Pasalnya jika membeli mobil baru sekalipun namun tidak bisa merawat kendaraan akan beresiko terjadi kerusakan berat pada mobil sobat.( Sumber foto : pixabay.com )

tips-cara mudah merawat mobil-untuk pemula

7 Tips Sederhana dan Mudah Mengecek & Merawat Mobil Untuk Pemula 

Perawatan kendaraan merupakan hal penting karena akan berdampak pada performa kendaraan.Lalu apa saja yang harus diperhatikan,komponen atau part apa saja yang harus sobat rawat,hingga apa saja penanganan untuk kerusakan mobil ringan hingga berat.Dengan merawat mobil bekas maupun mobil baru secara benar dan tepat,tentunya akan semakin meminimalisir kerusakan mobil menjadi lebih parah.

Dengan kita selalu melakukan perawatan sederhana dan rutin,tentunya akan mencegah kerusakan pada mobil menjadi tambah parah dan fatal serta akan lebih menghemat biaya servis nantinya.Kali ini kita mempunyai beberapa tips mudah cara merawat mobil khususnya untuk pemula yang bisa sobat lakukan dengan sederhana.Apa saja?,simak ulasan berikut ini.


1.Cek Kondisi Oli

Oli merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam mesin kendaraan.Mesin akan berjalan dengan normal dan optimal jika keadaan oli mobil juga masih terjaga dengan baik.Oleh karenanya,gantilah oli mobil secara teratur sesuai dengan ukuran jarak tempuh kilometernya.Oli  mobil sendiri disarankan untuk diganti setiap sudah menempuh jarak 5.000 – 10.000 km,agar mesin tetap terjaga performa kerjanya.

Atau jika dengan menggunakan hitungan bulan,maka oli mobil harus diganti setiap +-  6 bulan sekali ( mana-mana yang lebih dulu dicapai km atau bulan ).Salah satu cara mudah untuk mengetahui oli mobil masih dalam keadaan baik atau tidak yakni dengan meneteskan oli ke telapak tangan atau wadah bersih berwarna cerah.Lalu lihatlah apakah kondisi oli sudah tercampur dengan serpihan –serpihan halus ( kondisi kotor ).Jika oli sudah kotor dan terdapat serpihan maka sobat sudah saatnya mengganti oli mobil.


2.Cek & Rawat AKI Mobil

Baterai atau Aki merupakan komponen mobil yang mempunyai fungsi menyimpan energi listrik dalam bentuk bahan kimia.Dengan kondisi aki yang masih baik,tentunya juga akan mendukung kelistrikan mobil akan berjalan dengan optimal mulai dari starter hingga pencahanyaan.

Untuk merawat AKI mobil agar dalam selalu prima maka sobat hanya perlu melihat dan memastikan jika air AKI masih dalam level yang seharusnya.Kondisi air AKI yang baik yakni masih diantara kedua garis penanda upper dan lower / garis batas atas dan batas bawah.

Selain dengan cek level air AKI,ada cara mudah lainya yakni dengan mengukur besar tegangan AKI dengan alat AVOMETER.Jika tidak mempunyai alat ukur tegangan atau tidak mengerti cara pengukuranya ,maka sobat bisa gunakan jasa cek AKI disekitar dengan biaya +- Rp.10 ribu – 20 ribuan.


3.Cek Kondisi Kabel Kelistrikan

Tidak hanya AKI saja,namun kondisi kabel kelistrikan yang sudah tidak layak juga akan menyebabkan mobil kurang prima.Resiko besar jika kabel listrik mobil dalam kondisi buruk,maka akan mengakibatkan konsleting dan beresiko mobil bisa terbakar.Oleh karenanya,sobat harus selalu rutin mengecek kondisi kabel listrik mobil kesayangan.

Cek kabel listrik mobil apakah sudah dalam kondisi kendur,terputus atau bahkan sudah tidak layak.Jika kabel bermasalah pada line lampu mobil,tentunya pencahayaan kendaraan juga kurang optimal /redup.Jika kabel sudah saatnya ganti namun tetap dipakai maka arus listrik dari AKI tentunya tidak akan tersalur dengan baik.


Baca Juga : Cara Memperbaiki AKI Mobil Yang Tekor atau Drop Dengan Efektif


4.Cek Komponen Kopling Mobil

Tips merawat kopling mobil berikut ini diperuntukan untuk mobil bertransmisi manual.Dengan selalu memperhatikan kampas kopling dalam kondisi optimal,tentunya perpindahan gigi akan selalu normal dan nyaman.

Mengecek komponen kopling dengan mudah bisa sobat lakukan dengan hal sederhana.Jika kondisi kampas kopling mobil sudah mulai aus maka jika melakukan perpindahan gigi mobil akan terasa berat dan tentunya mengganggu aktivitas kenyamanan berkendara.Hal ini menjadi salah satu indikasi jika keadaan komponen kampas kopling perlu diganti.


5.Cek Kondisi Air Radiator

Komponen air radiator juga sangat berperan penting untuk menjaga kondisi mesin tetap berkerja dengan maximal.Hal ini sesuai dengan fungsi air radiator yakni untuk membantu pendinginan mesin saat berkerja.Oleh karenanya sobat harus selalu teratur untuk mengisi air radiator kedalam tabung radiator agar mesin dapat berjalan dengan baik.

Air radiator sebaiknya dicek setiap mobil sudah menempuh 30.000 Km hingga 50.000 Km.Jika sudah mulai berkurang ataupun sudah dalam kondisi kotor,maka sebaiknya air radiator kuras dan ganti dengan air radiator yang baru.


6.Merawat Kondisi Ban Kendaraan

Perawatan mobil yang sederhana berikutnya yakni dengan memperhatikan kondisi ban kendaraan.Hal ini bisa sobat lakukan dengan mudah yakni hanya dengan menjaga ukuran tekanan angin ban sesuai dengan standarnya.

Ukuran standar tekanan angin ban untuk mobil jenis MPV berkisar 30 – 33 psi,sedangkan untuk kendaraan dengan muatan penumpang lebih sedikit ( +- 5 orang penumpang ) contohnya jenis sedan mempunyai standar tekanan angin ban 28 – 31 psi.Ukuran tekanan angin biasanya juga sudah tertera pada sisi samping dinding ban mobil.  

Cuci ban kendaraan dengan rutin jika sudah kotor.Jangan lupa untuk mengoleskan semir ban terbaik agar kondisi ban selalu elastis dan juga memperpanjang usia ban kendaraan.Pasalnya jika kotoran seperti debu,lumpur,air hujan dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan kondisi ban mudah getas ,mudah sekali robek dan tentunya cepat tidak layak pakai.


7.Selalu Bawa Peralatan Mobil

Tips terakhir ,hal yang mudah dalam merawat kendaraan namun juga bisa berakibat fatal yakni ketersediaan alat-alat mobil yang selalu dibawa.Peralatan mobil seperti kunci-kunci standar mobil,dongkrak mobil,hingga buku manual kendaraan harus sobat selalu bawa dalam perjalanan.Pasalnya banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi pada kendaraan saat melakukan perjalanan ( missal ban bocor ,mobil terjadi mogok,dll ).


Baca Juga : 7 Cara Membuat Suasana Mobil Nyaman Dengan Mudah & Murah


Periksalah selalu kondisi komponen kendaraan agar tetap bisa berjalan dengan optimal.Lakukan servis secara rutin baik untuk kerusakan ringan terlebih kerusakan berat.Dengan melakukan servis rutin maka sobat sudah meminimalisir kerusakan mobil bertambah berat dan tentunya akan efisien biaya perawatan mobil.Jangan menyepelekan kerusakan ringan,karena akan berdampak besar dan tentunya akan menguras keuangan sobat.Sekian 7 tips sederhana dan mudah mengecek dan juga merawat mobil khususnya untuk pemula.


Sumber referensi : detik.oto,otospector,liputan6,accnews

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Mudah Pengecekan Untuk Merawat Mobil Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel