7 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga & Cara Mengatasinya

OTOSPEEDMAGZ.COM – Pastinya sobat yang mempunyai kendaraan pernah merasa jika mesin mobil kurang tenaga,bahkan tiba-tiba performa mobil terasa turun drastis?. Atau pernah juga merasa jika konsumsi bahan bakar mobil begitu boros dibandingkan kondisi biasanya?.Hal ini terjadi karena pada bagian dapur pacu atau ruang bakar kendaraan telah mengalami masalah,atau bisa juga karena komponen lain yang bermasalah.( Sumber foto : pixabay.com )

mesin tidak bertenaga-cara mengatasi mesin tidak bertenaga


Mesin yang kurang bertenaga memang salah satu masalah yang cukup mengganggu dan tentunya merepotkan.Pasalnya dengan performa mesin yang kurang optimal tentunya juga akan membuat tarikan kendaraan menjadi tersendat dan tentunya kurang mantap.Lalu apa saja yang menyebabkan mesin mobil tidak bertenaga?,dan bagaimana cara untuk mengatasi mesin tidak bertenaga?.

Berikut ini OTOSPEEDMAGZ akan berbagai beberapa faktor penyebab mesin bisa terganggu dan bisa menyebabkan tenaga mesin bisa menurun dan juga boros BBM.Semoga rangkuman permasalahan mesin dan cara perbaikan mesin dibawah ini bisa membantu serta menambah wawasan dunia otomotif sobat semua.

1.Mesin Overheat

Mesin mobil merupakan salah bagian mobil yang sangat vital,karena tanpa adanya mesin tentunya kendaraan tidak mempunyai sumber penggerak.Pembakaran pada mesin bisa menyebabkan suhu panas pada komponenya.Oleh karenanya suhu mesin harus selalu dijaga agar tidak mengalami overheat ( terlalu panas ).Karena hal ini juga bisa menyebabkan penurunan performa tenaga mesin mobil.

Untuk mengatasi Overheat mesin bisa sobat dinginkan mesin terlebih dahulu ( jika dalam perjalanan ),setelah mesin dingin sebaiknya gantilah oli mesin berkualitas.Jika memang dirasa masih belum teratasi sebaiknya bawalah mobil ke servis resmi atau bengkel terpercaya untuk dilakukan pengecekan mesin lebih jauh.


2.Busi Bermasalah

Penyebab mesin kurang bertenaga selanjutanya terletak pada komponen busi.Busi merupakan komponen yang membantu proses pengapian pada mesin kendaraan.Jika busi sudah berkondisi tidak optimal akan berakibat pengapian mesin tidak bisa maximal.Permalahan pada busi biasanya karena keadaan busi yang terlalu kotor atau sudah using hingga kabel busi yang mengalami masalah.

Komponen busi biasanya rusak pada bagian seal busi yang mengalami retak / robek.Seal busi ini sudah satu paket dengan busi.Maka gantilah busi mobil sesuai dengan ukuran atau tipe yang direkomendasikan.

Cara lain memperbaiki busi yang bermasalah yakni pertama sobat harus cek dan memeriksa kondisi busi satu per satu.Jika busi dalam keadaan kotor / usang,maka bersihkan busi tersebut.Selain itu sobat juga harus mengecek kondisi kabel busi apakah masih terpasang dengan baik atau mengalami kerusakan.Jika kabel busi putus maka sobat bisa menyambungnya kembali.


3.Filter Bahan Bakar Terganggu

Mobil yang mengalami penurunan tenaga mesin dan juga konsumsi bahan bakar begitu boros salah satu penyebabnya yakni filter bahan bakar yang terganggu.Jika keadaan filter ini dalam kondisi kotor atau bahkan tersumbat,maka suplai bahan bakar ke ruang bakar mesin juga akan terhambat.

Maka sebaiknya sobat selalu mengecek akan kebersihan dari komponen filter bahan bakar ini.Sehingga komponen ini selalu dalam keadaan baik dan optimal.


4.Filter Udara Terganggu

Sama halnya dengan filter BBM,filter udara juga salah satu komponen penting  yang berfungsi untuk menyuplai oksigen ke ruang bakar mesin.Pada proses pembakaran didalam mesin,kondisi kualitas oksigen sangat penting.Oleh karenanya, jika suplai oksigen ke ruang mesin selalu bersih dan berkualitas maka kompnen filter udara harus selalu baik dan terjaga.

Bersihkan komponen filter udara pada mobil dengan rutin dan berkala,sehingga proses pembakaran mesin juga akan berlangsung dengan maximal.


5.Kampas Kopling Aus

Jika melewati kondisi jalan menanjak,tentunya sobat akan melakukan pijakan setengah kopling ,namun hal ini sebenarnya membuat komponen kopling cepat aus.Jika komponen ini sudah tidak optimal,maka tenaga mesin tidak bisa tersalurkan dengan baik melalui transmisi ( karena slip kopling ).

Maka berkendaralah dengan tidak menekan secara terus menerus kopling kendaraan.


6.Kualitas Bahan Bakar Kendaraan

Tidak hanya komponen mesin dan komponen pendukung lainya saja yang bisa menyebabkan mesin mobil jadi tidak bertenaga.Masalah lain yang membuat performa mesin turun yakni pemilihan dan penggunaan kualitas dari bahan bakar.Pasalnya oktan pada setiap jenis bahan bakar juga mempunyai nilai yang berbeda-beda.

Dengan memilih jenis bahan bakar ber-oktan tinggi,maka kualitas akan bahan bakar tersbut juga akan semakin bagus.Misalkan saja kualitas antara BBM Pertalite yang mempunyai oktan 90 ( biasanya berwarna hijau terang jeenih ) dibandingkan dengan Pertamax yang mempunyai nilai oktan minimal 92 ( standar international ),tentunya BBM Pertamax akan lebih optimal saat mesin melakukan proses pembakaran.

Dengan memilih bahan bakar yang kurang berkualitas akan menyebabkan penumpukan karbon pada ruang bakar mesin kendaraan.Hal ini terjadi karena proses pembakaran yang kurang optimal jika dengan bahan bakar yang tidak berkualitas.


7.Ban Tapak Lebar

Penggunaan ban tapak lebar dan besar pada mobil kesayangan memang bisa menambah aura mewah dan gagah.Ban tapak lebar juga bisa menambah kestabilan saat kendaraan melaju dengan kencang.Namun disisi lain,mobil dengan tapak lebar juga akan berdampak pada performa mesin yang harus berkerja lebih extra.

Pasalnya untuk mobil dengan kondisi ban berukuran lebih lebar,maka akan semakin besar pula gaya gesek ke medan jalan dan semakin luas pula penampang yang akan menahan beban.Maka tidak heran jika mobil yang menggunakan ban tapak lebar akan lebih berat jika didorong dibandingkan dengan mobil yang menggunakan ban standar.

Meskipun mobil dimodifikasi dengan ban lebar lebih terlihat menarik,namun akan berdampak pada kebutuhan tenaga mesin yang lebih besar.Alhasil,mesin kendaraan akan kurang tenaga alias mesin loyo.Maka sebaiknya gunakan ukuran ban mobil sesuai dengan ukuran standar pabrik.


Baca Juga : Beda Turbocharger Dengan Supercharger,Buat Pecinta Mesin Bertenaga


Sekian beberapa ulasan penyebab dari mesin mobil yang kurang bertenaga atau menurunnya performa mesin kendaraan.Alangkah baiknya meskipun mobil harus dimodifikasi,namun sobat tetap harus melihat ukuran standar dari setiap komponen kendaraan.Perawatan mobil secara berkala,rutin yang sesuai dengan kebutuhan part mobil juga akan membuat mobil semakin awet dan mesin tetap bertenaga.Semoga bermanfaat dan terima kasih. 


Sumber referensi : showroommobil.co.id, gardaoto.com,garasi.id

Belum ada Komentar untuk "7 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga & Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel