10 Tips Agar Kredit Mobil Jadi Lebih Murah & Mudah

OTOSPEEDMAGZ.COM-Kredit Mobil Bekas Murah-Banyak sekali orang yang mengidam-idamkan bisa membeli mobil sebagai kendaraan keluarga tercinta.Banyak juga orang yang masih belum bisa membeli mobil dengan cara cash,dan mengharuskan memilih mencicil untuk membeli mobil.Lalu apakah ada cara kredit mobil mudah dan juga murah agar mobil impian bisa dimiliki?.

cara kredit mobil murah dan mudah

Cara Kredit Mobil Lebih Murah & Mudah Dengan 10 Tips Ini


Memang sebagian besar selalu mempunyai pikiran jika harga murah maka barang tersebut mempunyai kualitas yang kurang baik atau rendah.Namun kenyataanya dijaman sekarang ini sudah banyak sekali mobil baru dengan harga terjangkau alias murah.Tidak hanya itu saja,banyak dealer dan jasa penyedia kredit kendaraan memberikan kredit mobil dengan mudah dan juga murah.Banyak yang  menawarkan kendaraan dengan beberapa promo menarik dari DP nol persen hingga angsuran mobil yang ringan.

Dengan kita memilih kredit mobil yang murah tentunya akan meringankan beban pengeluaran dari keuangan setiap bulanya.Oleh karenanya jika akan membeli mobil dengan cara mencicil pilihlah jasa penyedia kredit terbaik dan tepat ,serta tentunya sesuaikan dengan kemampuan keuangan sobat.

Lalu hal apa saja yang harus kita pertimbangkan dan hal seperti apa yang harus kita lakukan agar kita memperoleh kredit mobil dengan mudah dan murah?,simak 10 tips berikut ini.

1.Tentukan !!,Pilih Mobil Baru Atau Bekas

pilih-kredit murah-mobil baru-atau-mobil bekas
Sumber foto : pexel.com


Yang pertama harus kita pertimbangakan yakni sobat akan membeli mobil bekas atau baru?,tentunya hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan sobat.Pasalnya ada juga mobil baru lebih murah dibandingkan dengan mobil bekas atau sebaliknya.Tidak hanya itu tentunya juga jenis mobil yang nantinya akan dibutuhkan.

Jika sobat memilih untuk membeli mobil bekas tentunya  banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dicermati dengan baik.Dengan membeli mobil bekas sobat harus mengetahui rata-rata harga mobil tersebut ( jangan sampai harga terlalu mahal ),pengecekan kondisi mesin,interior,eksterior hingga kelengakapan surat kendaraan.Sehingga nantinya sobat tidak akan banyak menghabiskan keuangan hanya untuk perawatan kendaraan dan resiko apa yang nantinya akan ditanggung.

Jika membeli mobil baru maka sesuaikan dengan keuangan dan juga kebutuhan dari manfaat mobil kedepan.Dengan membeli mobil baru,sobat juga tidak akan dihantui dengan banyak kendala kerusakan mobil dengan jangka waktu lama.Tidak hanya itu,untuk sekarang juga sudah banyak harga mobil baru yang cukup terjangkau.Maka pilihlan mobil baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan ,jangan membeli mobil yang terlalu mewah.

Maka sobat harus pertimbangkan dengan matang apakah akan membeli mobil baru atau mobil bekas tentunya dengan cara kredit.


2.Hindari Mobil Keluaran Paling Baru

kredit mobil murah-hindari-pilih-mobil keluaran terbaru
Sumber foto : pexel.com


Jangan sampai terbius dengan rayuan sales marketing mobil yang selalu menawarkan mobil terbaru.Jika ada stock mobil dengan keluaran 1 sampai 5 tahun sebelumnya,maka sebaiknya sobat lebih baik membeli mobil ini.Biasanya harga mobil stock lama akan lebih murah dibandingkan dengan mobil keluaran terbarunya.

Pilih dan belilah mobil sesuai keuangan dan manfaat untuk kebutuhan sobat nantinya.Pastikan membeli mobil bukan untuk gengsi semata namun lebih ke manfaatya.


3.Pilih Mobil Bekas Murah & Berkualitas Bisa Jadi Solusi

Membeli mobil tidak harus melulu memilih mobil baru,namun untuk meringankan beban pengeluaran bulanan sobat juga bisa memiilih mobil bekas berkualitas serta harga lebih terjangkau.Kenapa memilih dan membeli mobil bekas berkualitas,karena kebanyakan harga mobil bekas telah banyak mengalami penurunan dari harga barunya.

Banyak sekali mobil bekas dengan harga murah yang saat ini bisa sobat cari.Jika tidak paham kendaraa,maka bawa montir terpercaya atau jasa pengecekan kendaraan seperti otospector untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum sobat beli.

Dan sebaiknya sobat jangan membeli mobil bekas dengan usia yang lebih dari 10 tahun,karena mempunyai banyak resiko di perawatan kendaraan kedepanya.


4.Jumlah DP / Uang Muka Tepat

dp-uang muka-kredit mobil
Sumber foto : pexel.com


Saat kita akan membeli mobil baru ataupun bekas dari jasa peng-kreditan atau sebuah perusahaan leasing maka tentunkan DP / uang muka dengan tepat.Pastikan kita mempunyai uang muka yang cukup yang biasanya dihitung 25% dari harga mobil.

Penentuan nominal uang yang tepat juga akan menentukan besar kecilnya angsuran nanti.Jika bisa,usahakan uang muka lebih besar lagi dari standar ketetapan 25%.Semakin besar DP uang muka maka cicilan mobil per bulan akan lebih ringan.


5.Meminta Diskon Harga Mobil Semaximal Mungkin

diskon-harga-mobil-baru
Sumber foto : pexel.com


Sebagai konsumen mobil tentunya kita mengharapkan bisa mendapatkan tawaran harga terbaik dan termurah dari dealer.Maka jika kita tidak banyak paham tentang kendaraan maka bawalah orang terdekat atau terpercaya untuk membantu melakukan negoisasi potongan harga mobil terbaik.Tentunya seseorang yang lebih paham akan fitur dan kekurangan sebuah kendaraan akan lebih lihai dalam melakukan penawaran harga ( jika memilih membeli mobil bekas ).

Jika memilih mobil baru,maka sebaiknya mintalah potongan harga atau discon semaximal mungkin.Jika sobat beruntung maka akan mendapatkan potongan harga hingga puluhan juta rupiah dari sales marketing mobil.Lakukan dengan sopan dan juga menyakinkan.

Lakukan perbandingan dengan beberapa dealer mobil untuk mendapatkan informasi dan harga termurah.Hindari rasa terburu-buru saat akan membeli kendaraan.Karena banyak sekali dealer-dealer mobil yang menawarkan harga menarik.


6.Lakukan Survei Beberapa Dealer 

Melakukan survey harga tentunya hal ini menjadi sebuah kewajiban saat kita akan membeli barang mahal dan bernilai besar.Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian dan juga mendapatkan harga terbaik.

Lakukan survey di beberapa dealer mobil dengan kredibiltas baik dan juga terjamin.Jika dealer menawarkan sebuah jasa penyedia kredit mobil atau leasing maka pelajari dahulu dengan cermat dari aturan hingga ketentuan-ketentuan yang diterapkan.


7.Unit Mobil Sudah Siap,Baru Ajukan Kreditnya

Setelah mendapatkan harga mobil terbaik dan termurah dari sebuah dealer,maka selanjutnya kita mengajukan kredit.Hindari mengajukan kredit kendaraan,sedangkan kita belum mendapatkan target unit mobilnya.Karena biasanya jasa penyedia kredit akan menawarkan untuk mencarikan unit kendaraannya dan pastinya akan meminta baiya tambahan.

Jika kita sudah mendapatkan mobil harga murah dan kondisi berkualitas ,maka selanjutnya tentunya jasa penyedia kredit dengan bunga paling murah dan juga tentunya dengan segala kemudahan.


8.Cari Penyedia Kredit Mobil Dengan Tawaran Suku Bunga Terendah

suku-bunga-kredit-mobil-murah
Sumber foto : pixabay.com


Carilah penyedia kredit mobil baik itu bank,atau leasing yang menawarkan bunga dengan cicilan rendah.Kebanyakan kredit mobil  murah akan menawarkan bunga 5 hingga 8 % per tahunya.Maka lakukan perbangan dari beberapa jasa untuk cicilan mobil.


9.Tentunkan Masa Tenor Terbaiknya

tenor-untuk-lama-kredit mobil murah-dan-mudah
Sumber foto : pixabay.com


Banyak sekali penyedia jasa kredit mobil yang menawarkan periode jangka waktu cicilan yang bermcam-macam,lama peminjaman mulai dari 1 tahun bahkan hingga 6 tahun.Ada kelebihan dan kekurangan saat kita menentukan periode peminjaman yang pendek dan panjang.

Jika kita mengambil tenor panjang atau jangka waktu kredit maximal,maka angsuran setiap bulan akan lebih ringan.Namun jika nantinya dihitung total maka harga kendaraan akan lebih tinggi karena bunga pinjaman yang banyak.

Jika kredit mobil dengan tenor lebih pendek ( kisaran 1-3 tahun ),maka harga mobil tidak mengalami banyak peningkatan ( dibandingkan tenor maximal ).Namun cara ini juga akan memperbesar jumlah angsuran kredit setiap bulanya.

Hitunglah dengan pasti berapa besar angsuran yang sesuai dengan kemampuan keuangan sobat.


10.Coba Lakukan Simulasi Kreditnya

Setelah mendapatkan jumlah DP terbaik ( sesuai kemampuan ),target unit mobil sudah didapatkan,dan mendapatkan leasing atau penyedia kredit terbaik,maka lakukan simulasi perhitungan kreditnya.Hal ini akan membantu kita apakah nominal angsuran sesuai dengan kemampuan kita atau tidak.

Contoh simulasi kredit mobil :

SObat akan membeli mobil seharga 80 juta dengan bunga 7% pertahun dan tenor 2 tahun maka angsuranya :

  • DP : 25 % X Rp.80 juta = Rp.20 juta
  • Jumlah Kredit Mobil : Rp.80 juta – Rp.20 juta = Rp.60 juta
  • Bunga 2 tahun : 7% X 2 tahun X 60 Juta = Rp.8.400.000
  • Maka Total Hutang + Bunga  : 60 juta + 8.400.000 = Rp.68.400.000
  • Cicilan Per Bulan : Rp.68.400.000 / 24 bulan =Rp.2.850.000
  • Jika Biaya Asuransi (asumsi 1,8% per tahun) maka : 1,8% x 2 tahun x Rp60 juta = Rp2.160.000
  • Dan Biaya administrasi : Rp.750.000
  • Maka Total DP ( plus administrasi+asuransi angs.pertama ) = Rp.22.910.000


Baca Juga : Hindari Kredit Mobil Lebih Dari 3 Tahun,Ini Alasanya..!!

Membeli sebuah kendaraan memang bisa menjadi sebuah kebutuhan yang wajib atau tidak karena tergantung dari diri kita.Dengan kita mempunyai mobil memang akan banyak manfaat yang bisa didapat,namun juga akan membawa banyak resiko kedepanya.

Membeli kendaraan tidak harus baru,namun saat ini kita banyak memilih kendaraan bekas dengan harga lebih terjangkau serta mempunyai kualitas yang tidak kalah.Pasalnya dengan harga mobil yang murah,atau cicilan kredit mobil yang ringan maka pengeluaran keuangan kita juga akan tidak terlalu tertekan atau besar.Pastikan saat membeli mobil sesuaikan dengan pendapatan keuangan sobat.Semoga tips cara kredit mobil murah dan mudah diatas bisa bermanfaat,terima kasih.

Sumber referensi : cermati.com,kontan.co.id,lifpal.co.id,dan sumber lainya

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Agar Kredit Mobil Jadi Lebih Murah & Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel