7 Kelebihan dan 7 Kekurangan Mobil Honda CR-V, Biar Makin Yakin Belinya!!

OTOSPEEDMAGZ.COM - Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Terbaru – Mobil compact SUV atau dulu diperkenalkan sebagai mobil Cross Country di Indonesia tahun 2000 ini langsung mendapatkan respon baik dipasar mobil Indonesia.Dahulu pertama kali meluncur dengan mesin berkapasitas 2,0L dengan dukungan sistem transmisi AT dan Manual.(Sumber foto : honda,edit : otospeedmagz.com )

Kelebihan-dan-Kekurangannya-Honda-CRV-Terbaru

7 Kelebihan dan 7 Kekurangan Mobil SUV Honda CR-V Indonesia


Mobil SUV dengan desain eksterior dan interior yang begitu modern dan sporty ini telah mendapatkan beberapa kali penyegaran baik bodi,mesin hingga fitur-fiturya.Perubahan facelift mobil CR-V beberapa kali dilakukan mulai dari tahun 2001,2007,dan 2013.Sedangkan perubahan terbarunya pada tahun 2017 lalu.Apakah untuk mobil All New CR-V ditahun 2021 ini akan kembali dilakukan penyegaran?,kita tunggu saja kabar dari pabrikan berlogo H ini.

Sama halnya dengan SUV-SUV lainya,mobil keluaran Honda ini juga mempunyai sederet plus minus yang tentunya harus sobat ketahui.Dari beberapa sumber informasi yang telah kami rangkum,OTOSPEEDMAGZ mendapatkan beberapa kelebihan dan kekurangan Honda CR-V yang tentunya akan bermanfaat buat sobat semua.Apalagi bagi kamu semua yang sekarang masih mencari mobil dan salah satu pilihanya jatuh pada mobil Honda CR-V.

Salah satu keuntungan jika membeli mobil bekas Honda CR-V yakni harga bekas CR-V yang masih tidak stabil dan malah mengalami banyak penurunan harga yang cukup signifikan.Beberapa hal yang menjadi faktor harga bekas CR-V anjlok yakni biaya pajak tahunan yang cukup tinggi serta dengan penggunaan mesin berkapasitas besar membuat konsumsi BBM mobil ini cukup boros ( Honda CR-V gen 1 hingga gen 3 ,dengan rata konsumsi bahan bakar 5 – 7 km/ L untuk DALKOT & 9 – 11 km / L untuk LUKOT ). 

Lalu apa saja kekurangan dan kelebihan CR-V lainya?selain yang telah disampaikan diatas,untuk lebih jelasnya mari simak uraian lengkap dibawah ini. 

7 Point Kelebihan Honda CR-V

1.Desain Eskterior Modern,Mewah & Sporty

Pertama kali membeli sebuah mobil tentunya desain eksterior yang termasuk sangat diperhatikan.Begitu juga dengan bentuk CR-V yang dibalut dengan garis dan bentuk bodi begitu mantap.gagah dan mewah.Dari mulai bentuk wajah grill depan,penggunaan lampu LED dan LED Daytime Running Light (DRL) semakin membuat tampilan mobil ini begitu memikat.

Belum lagi pemilihan velg yang tepat serta penggunaan Panoramic Sunroof yang semakin membuat gagah dan elegan tampang mobil SUV CR-V.Semakin terlihat tangguh berkat ukuran ground clearance yang pas.

2.Ruang Interior Lega & Mewah

Penyegaran yang dilakukan pihak Honda untuk mobil unit CR-V semakin membuat kesan mewah,lega dan nyaman di mobil SUV ini.Tentunya karena didukung dengan ukuran bodi yang besar,apalagi untuk CR-V yang hanya menyediakan 5 kursi penumpang saja.

Kelebihan-dan-Kekurangannya-interior-eksterior-Honda-CRV

Sumber foto : hondacarindo.com

Perpaduan warna pada design interior juga begitu elegan berkat adanya aksen wood panel dibagian konsol tengah.Pada setir kemudi juga semakin nyaman berkat penggunaan teknologi tilt and teleskopic steering.

Kursi duduk hingga 7 orang penumpang telah disematkan untuk Honda CR-V 1.5L Turbo dan Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo.Sedangkan untuk Honda CR-V 2.0L i-VTEC hanya diperuntukan untuk 5 kursi penumpang saja.

3.Mempunyai 2 Kapasitas Mesin Handal

Untuk menunjang aura eksterior dan interior mewah serta bentuknya yang gagah,mesin Honda CR-V telah dibekali dengan dapur pacu yang besar nan mumpuni.Dengan 2 varian mesin berkapasitas berbeda yakni mesin 1.5L VTEC Turbo dan mesin 2.0L i-VTEC semakin tangguh untuk menerjang segala medan.

Akselerasi mesin juga semakin mantap dan bertenaga berkat penggunaan transmisi otomatis CVT yang sudah menggunakan Earth Dream Technology.Dengan transmisi jenis ini,maka perpindahan gigi akan lebih nyaman,halus dan mampu menghasilkan performa optimal.Tidak hanya itu saja,tingkat efisiensi BBM juga semakin irit dan lebih baik.

4.Performa Tangguh

Berkat penggunaan mesin berkapasitas besar berteknologi canggih,mesin ini mampu menawarkan keluaran tenaga dan torsi yang begitu mantap.Mesin dengan dukungan 4 silinder segaris tipe DOHC, VTEC + Turbo, 16 katup mampu memberikan tenaga hingga 187 HP / 5600 rpm & besar torsi/putaran bawahnya 240Nm ( untuk mesin 1.5L ).Performanya semakin meningkat berkat adanya teknologi Turbocharger.

Sedangkan untuk mesin berkapasitas 2.L dengan dukungan 4-silinder segaris, SOHC, i-VTEC, 16 katup mampu menyemburkan tenaga 152 HP / 6500 rpm dan torsi puncaknya 189Nm.

5. Fitur Canggih & Lengkap

Tidak hanya bentuk bodi dan mesin yang sangat memuaskan,fitur-fitur Honda CR-V juga begitu canggih dan lengkap.Tentunya hal ini semakin membuat konsumen mobil semakin puas dan terjamin akan kenyamanan,keamanan hingga keselamatan saat berkendara.

Fitur keselamatan Honda CR-V diantaranya fitur Vehicle Stability Assist (VSA), fitur Hill Start Assist (HSA), Brake Hold, dan fitur ECON Mode.Tidak lupa juga telah diberikan fitur lainya seperti Dual SRS Airbags, Side Airbags, dan Side Curtains Airbags, baris kursi, seatbelt reminder,dan masih banyak lagi.

Fitur pada hiburan juga telah dihadirkan fitur audio steering switch dan juga head unit Touchscreen 9 inci, A/V system dengan dilengkapi radio, MP3/WMA, Bluetooth Audio, port HDMI,port USB serta telah mendukung Nanoe technology.

Fitur Nanoe technology akan berfungsi memberikan udara segar dan bersih agar pengendara dan penumpang selalu terjaga kesehatan badan dan bebas akan virus.

6.Desain Selalu Fresh

Kita mengetahui jika Honda CR-V telah beberapa kali mengalami perubahan desain hingga mesin.Perubahan tersebut sudah mencapai generasi kelima hingga saat ini.Tentunya hal ini menjadi nilai plus bagi para penggemar Honda CR-V yang selalu menanti akan kehadiran terbarunya.Disamping itu,penyegaran tersebut membuat mobil semakin menarik dan tidak membosankan yang mampu mengikuti perubahan jaman.

7.Material berkualitas

Mobil CR-V semakin terlihat berkelas berkat penggunaan bahan material yang begitu baik.Sehingga semakin mendukung akan guratan garis desain hingga tingkat kenyamanan dan keamanaan terbaik saat berkendara.

Kelebihan-dan-Kekurangannya-Honda-CRV
Sumber foto : Honda

Baca Juga : 4 Pilihan SUV Bermesin Diesel Terbaik


7 Point Kekurangan Honda CR-V 

1.Banderol Harga Relatif Mahal

Salah satu mobil model SUV sebagai pesaing yang cukup tepat untuk disandingkan dengan CR-V yakni Nissan X-Trail.Dilihat dari ukuran dimensi hingga kapasitas kursi penumpang mobil ini sama-sama mengusung besaran yang sama.Harga Honda CR-V dan Nissan Xtrail juga begitu relative mahal yakni menyentuh angka Rp.500 jutaan.

Harga CR-V juga lebih mahal dibandingkan dengan beberapa rivalnya sebut saja DFSK Glory 580 & Wuling Almaz yang hanya dipatok kisaran 350 jutaan sudah dengan varian tertingginya.

2.Ukuran Dimensi Besar

Ukuran bodi kendaraan memang lebih terlihat gagah dan mantap.Namun dengan ukuranya yang besar membuat mobil SUV CR-V ini juga terasa kurang gesit saat harus melewati jalanan yang sempit.Bodi yang besar juga akan membuat bobot kendaraan semakin berat sehingga akan membutuhkan mesin bertenaga besar dan berdampak boros akan BBM.

3.Mode Berkendara Tidak Begitu Lengkap

Untuk fitur keamanan hingga kenyamanan memang sudah baik,tapi sayangnya untuk mobil Honda CR-V belum diberikan Mode Berkendara lengkap.Dengan banderol harga dikisaran 450 jutaan,seharusnya mobil ini sudah mempunyai mode eco, sport, dan juga normal.

4.Sunroof  Hanya Di Varian Tertinggi

Seharusnya untuk semua varian CR-V sudah dilengkapi Sunroof mengingat banderol harganya yang sudah mahal.Namun kenyataanya hanya di varian tertinggi yakni  1.5L Prestige Turbo yang telah dilengkapi dengan Sunroof.Tentunya dengan adanya Sunroof akan semakin membuat nyaman saat berkendara dengan pengalaman yang lebih luar biasa.

5.Fitur Keselamatan Kalah Dengan Mazda CX-5

Baik SUV CR-V dan Mazda CX-5 memang sama-sama membawa fitur yang sudah cukup lengkap untuk menunjang keselamatan berkendara.Fitur keselamatan ABS,EBD,HAS hingga ISOFIX sudah ada di kedua mobil ini.Namun fitur pada Mazda CX-5 hadir lebih unggul yakni dengan membawa Windshield Active Driving Display,Power Liftgate lengkap dengan Spindel Damper dan juga G-Vectoring Control untuk menunjang pengendalian,sedangkan CR-V belum membawa fitur-fitur tersebut.

6.Biaya Pajak Tahunan Mahal

Dengan banderol harga yang mahal plus penggunaan mesin berkapasitas besar membuat mobil ini mempunyai pajak tahunan yang cukup tinggi.Biaya pajak Honda CR-V pertahunya antara 1,5 jutaan – 2,8 jutaan ( untuk CR-V keluaran lama,tahun 2000-2010 ) ,sedangkan untuk nominal pajak 3,5 juta hingga 8 jutaan untuk CR-V keluaran terbaru tahun muda ( kisaran tahun 2011 – 2019 ).

7.Harga Bekas Turun Banyak

Kutipan dari salah satu situs jual beli kendaraan roda empat yakni mobil123.com,jika banderol harga Honda CR-V 2019 belas mengalami banyak penurunan hingga +- Rp.80 jutaan.Dengan harga baru CR-V berkisar Rp.455 jutaan bahwa disitus ini menyebutkan jika dealer mobil WTC Mangga Dua Jakarta menjual CR-V bekas tahun 2019 dengan harga Rp.375 jutaan,


Baca Juga : 9 Mobil SUV Terbaik 2019, Siap Meluncur di Segala Medan!

Tidak hanya tampang Honda CR-V yang begitu mewah,modern dan sporty ,namun mobil SUV ini juga membawa mesin yang tangguh dan dapat diandalkan.Untuk fitur yang telah digunakan juga sudah lengkap,belum lagi dengan ukuran dimensi besar membuat mobil lebih gagah dan ruang interior lega.

Namun jika sobat menginginkan mobil baru Honda CR-V sobat harus siap merogoh kocek yang cukup dalam untuk menebus harga Honda CR-V ini.Belum lagi untuk besaran pajak tahunan juga cukup mahal.Sekian kelebihan dan kekurangan dari mobil SUV Honda CR-V yang telah OTOSPEEDMAGZ rangkum buat sobat semua,semoga bermanfaat.


Sumber Referensi : oto.com,& beberapa sumber lainya

Belum ada Komentar untuk "7 Kelebihan dan 7 Kekurangan Mobil Honda CR-V, Biar Makin Yakin Belinya!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel