Ciri-Ciri & Masalah AC Mobil Beserta Perkiraan Biaya Service-nya

OTOSPEEDMAGZ.COM-Masalah & Biaya Servis AC Mobil-Salah satu komponen dan fitur pendukung kenyamanan saat berkendara adalah AC.Komponen AC atau Air Conditioner berfungsi untuk mengatur suhu dalam ruangan mobil agar lebih terasa sejuk dan dingin,sehingga mampu memberikan rasa nyaman baik untuk pengendara maupun penumpangnya.Dengan adanya AC maka saat musim panas suhu dalam mobil lebih terasa segar,sedangkan jika saat musim hujan maka AC akan menghilangkan kabut di kaca mobil sobat.

ciri-ciri-masalah-kerusakan-dan-biaya-servis-ac-mobil

Perawatan Berkala & Masalah AC Mobil Beserta Perkiraan Biaya Servicenya 

Kebanyakan pengguna kendaraan roda empat baru melakukan perbaikan atau servis AC mobil jika sudah dirasa tidak dingin.Seharusnya jika AC mobil ingin tetap prima dan terjaga suhu dinginnya sobat harus selalu mengecek dan melakukan servis secara rutin.Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya masalah pada AC mobil pada bagian expansion valve, kondensor, kompresor, evaporator,dan part AC lainya.Sehingga AC mobil tetap bisa bekerja dengan optimal.

Mengingat banderol harga AC mobil kondisi baru yang mahal maka sobat juga bisa menganalisa dan memperhatikan ciri-ciri AC yang sudah tidak dingin,sehingga AC tidak akan terjadi kerusakan yang lebih parah.Jika salah satu komponen rusak seperti kompresor dan harus diganti maka siap-siap saja sobat harus mempersiapkan dana untuk menebus harga kompresor AC mobil dikisaran harga 1-3 jutaan ( harga merk kompresor Denso)

Lalu apa saja ciri-ciri AC yang tidak dingin dan masalah yang bisa terjadi pada AC mobil?,dan berapa  besaran biaya servis AC mobil yang harus dikeluarkan pemilik kendaraan?,simak ulasanya dibawah ini.

Ciri-ciri AC mobil yang tidak dingin dikarenakan sudah mulai rusak 

  • Kondisi switch AC sudah ON namun untuk Blower tidak bisa hidup
  • AC mobil terasa kurang dingin
  • AC dalam kondisi hidup namun kurang optimal / tidak dingin
  • Kipas kondensor sudah tidak berfungsi
  • Kondisi Freon AC yang cepat habis


Jadwal Perawatan & Masalah AC Mobil Beserta Estimasi Untuk Biaya Perbaikannya

Agar kondisi AC mobil tetap optimal dan meminimalisir kerusakan lebih parah maka sobat harus selalu melakukan perawatan AC mobil secara berkala dan rutin.Dengan pengecekan secara berkala maka sobat akan bisa mendeteksi kerusakan AC lebih awal.

2 Jenis Servis & Perawatan AC Mobil Berkala 

Perawatan AC Basic

Perawatan ini dilakukan setiap kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 km – 20.000 km atau jika dengan hitungan hari mobil sudah berusia 1 tahunan ( untuk jalan tidak padat polusi ).Sedangkan jika sobat bertempat tinggal dan harus selalu berkendara di jalanan yang padat polusi maka sebaiknya dilakukan servis AC mobil berkala setiap 10.000 km atau usia kendaraan kurang dari 1 tahun.


Perawatan basic pada AC biasanya meliputi pengecekan,pembersihan dan juga penggantian oli kompresor.Tidak hanya itu saja,komponen seperti filter kabin dan receiver dryer juga sudah saatnya dilakukan penggantian dan komponen ini hanya satu kali pakai saja.

Perawatan AC Advance

Perawatan seperti ini harus dilakukan setiap 2 tahun sekali atau 1X dalam 2 tahun.Biasanya perawatan ini lebih lengkap dan kompleks dibadingkan dengan perawatan basic meliputi evaporator,kompresor dan juga kondensor.

Tidak hanya itu saja,untuk pengecekan komponen lebih detail bisa meliputi filter kabin ,komponen expansion valve, dan receiver dryer.Bahkan jika komponen tersebut sudah tidak layak pakai maka harus segera dilakukan penggantian agar kondisi AC mobil tetap maximal bekerja.

ciri-ciri-masalah-kerusakan-dan-biaya-servis-ac-mobil-harga komponen ac mobil

Sumber foto : wuling.id


Masalah Freon Sehingga AC Kurang / Tidak Dingin

AC yang kurang dingin atau bahkan tidak dingin biasanya terjadi karena isi Freon AC yang kurang bahkan sudah habis.Untuk penangananya sobat bisa mengisi Freon AC kembali ke jasa servis AC.Untuk perkiraan biaya pengisian Freon AC mobil biasanya dipatok dengan harga +- Rp.200 ribuan.

Biaya servis Freon AC mobil ( info dari situs rotarybintaro.co.id )

  • Biaya menambal kebocoran : Rp. 100.000 hingga Rp. 400.000
  • Biaya mengisi Freon : Rp. 150.000 hingga Rp. 350.000


Masalah Kipas Kondensor Yang Mati

Jika komponen kondensor pada AC mati maka akan menyebabkan kerja AC kurang maximal dan bermasalah.Komponen kondensor ini berfungsi sebagai pembuang panas dan juga sebagai penurun tekanan Freon.

Harga komponen kondensor AC mobil dikisaran Rp.150 ribu – Rp.450 ribuan ( tergantung dari merk mobil,jenis mobil dan juga merk kondensor )

Contoh harga kondensor AC mobil ( situs jual beli Tokopedia.com )

  • Harga Extra Fan Kipas Motor Ac Mobil Universal Kondensor Radiator Besi 12v : Rp130.000
  • Harga Kondensor Ac Mobil Toyota Avanza Daihatsu Xenia Lama Sebelum All New : Rp450.000
  • Harga Condensor Isuzu Panther Lama R134 Kondensor Ac Mobil merk ACM : Rp475.000


Masalah Komponen V-belt & Sekring ( AC Mati Mendadak )

Jika AC mobil sobat mati secara mendadak bisa dimungkinkan ada permasalahan pada bagian V-belt atau Sekring AC.Tentunya jika AC mati secara tiba-tiba akan sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara.Untuk bisa mengetahui lebih detail permasalahanya tentunya harus dilakukan servis AC.

Tidak hanya komponen kompresor saja yang bisa menyebabkan AC mati mendadak,namun untuk komponen kecil Sekring,Relay hingga V-belt & motor blower juga bisa menjadi sumber masalahnya.Sedangkan untuk harga V belt AC mobil dikisaran 40 ribu rupiah dan untuk harga 300 ribu hingga 1 jutaan rupiah.Harga sekring / relay ac mobil berkisar 50 ribu rupiah ( situs tokopedia.com )

Contoh harga V Belt AC mobil :

  • V-Belt Toyota Avanza harga Rp 110.000
  • V-Belt Toyota Kijang Innova Bensin harga  Rp 1.350.000
  • V-Belt Toyota Kijang Innova Diesel harga Rp 802.000
  • V-belt Toyota Yaris harga Rp 344.000

Sumber: otomotifnet.gridoto.com - Auto2000 Krida, Cilandak, Jakarta Selatan.


Masalah AC Mobil Berbau Tidak Sedap

AC mobil sangat dibutuhkan untuk bisa memberikan udara dalam mobil tetap segar dan dingin sehingga tetap nyaman didalam mobil.Namun apa jadinya jika AC justru mengeluarkan bau tidak sedap.Namun sebelum sobat melakukan pengecekan AC mobil,akan lebih baiknya jika sobat mengecek terlebih dulu bagian mesin dan kabin kendaraan apakah mengalami kebocoran.

Jika kondisi mesin dan kabin normal dan tidak ada masalah,maka bisa jadi karena memang AC yang mengeluarkan bau tidak sedap.Untuk melakukan servis ini ,perkiraan biaya sevrvis AC mobil dikisaran Rp.250 ribu – Rp.500 ribu rupiah ( tergantung tingkat kerusakan AC mobil ).

  • Biaya servis AC yang mengeluarkan bau tidak sedap ( berdasarkan situs rotarybintaro.co.id ) :
  • Biaya pengecekan kerusakan +- Rp. 200.000
  • Biaya pembersihan berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000


Masalah AC Kadang Dingin & Panas

AC mobil yang selalu berkerja tidak menentu akan mengakibatkan kenyamanan dalam mobil berkurang.Hal ini dikarenakan AC tersebut mengalami permalahan keluaran suhu yang terkadang panas dan terkadang dingin.

Permalahan ini biasanya terletak pada kompnen magneting clutch dan biasanya harus dilakukan penggantian.Untuk biaya servis dan juga menebus Harga komponen magneting clutch ini dikisaran Rp 350.000 hingga Rp 550.000 ( info situs rotarybintaro.co.id ).

Biaya untuk Maintenance AC Mobil berdasarkan dari situs pakar servis AC mobil rotarybintaro.co.id berikut estimasinya :

  • Biaya Maintenance kondensor mulai Rp.100.000 hingga Rp 200.000
  • Biaya untuk mengganti oli,flushing dan komponen piston mulai Rp 300.000 hingga Rp 800.000
  • Biaya untuk mengganti komponen magneting clutch ( permasalahan AC mobil yang mengalami suhu terkadang panas dan terkakadang dingin ini ) berkisar Rp 350.000 hingga Rp 550.000
  • Biaya untuk mengganti sparepart kecil berkisar Rp 250.000 hingga Rp 850.000


Biaya servis AC Mobil Merk Jepang & Eropa

Perkiraan biaya servis AC mobil merk Jepang biasanya membutuhkan dana servis berkisar +- Rp.500 ribuan,sedangkan untuk mobil dari merk Eropa mempunyai estimasi biaya servis mulai 1,5 juta rupiah hingga 5 juta rupiah,berdasarkan beliau bapak Ferry dari Rotary Bintaro Auto Air Conditioning Specialist,bertempat di Bintaro , Jakarta Selatan.


Tips Perawatan AC Mobil Yang Sebaiknya Diterapkan

  • Selalu rutin mengganti oli kompresor AC kendaraan secara berkala setiap 20.000 km
  • Selalu melakukan pembersihan secara rutin pada bagian evaporator AC mobil setiap 10.000 km
  • Lakukan secara rutin sanitasi pada bagian evaporator dan juga rutin membersihkan filter kabin pada AC mobil 
  • Jaga kebersihan evaporator agar terhindar dari debu,jamur,dan kotoran lain yang akan mempercepat kerusakan pada AC mobil
  • Jika biaya kerusakan hampir mendekati ( +- 81 % ) dari harga baru AC mobil sebaiknya sobat membeli dan mengganti AC mobil dengan yang baru,agar kondisi AC lebih terjamin kondisinya


Dengan kita sedikit mengetahui informasi tentang masalah dan perkiraan biaya servis AC mobil,tentunya kita akan terhindar dari kecurangan saat kita melakukan service AC kendaraan.Dengan beberapa ciri-ciri dan permasalahan yang telah kita bahas diatas tentunya kita akan semakin paham tentang permasalahan pada AC mobil kesayangan.

Lakukan selalu perawatan,pengecekan dan servis AC mobil secara rutin dan berkala agar kondisi AC tetap optimal dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.Pasalnya komponen ini sangat penting untuk mendukung kenyamanan saat berkendara baik saat musim hujan maupun cuaca panas.Semoga bermanfaat,terima kasih.


Sumber referensi : halojasa.com, rotarybintaro.co.id,wuling.id ,tokopedia.com,gridoto.com

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri & Masalah AC Mobil Beserta Perkiraan Biaya Service-nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel