5 Penyebab Timbulnya Jamur ( Water Spot ) di Kaca Mobil,Cara Mencuci Mobil Bisa Jadi Faktor Penyebabnya

OTOSPEEDMAGZ.COM-Tips Bersihkan Jamur Kaca Mobil-Pemakaian mobil setiap hari yang terus menerus dengan mobilitas tinggi tentuya akan bisa menyebabkan masalah pada mobil.Salah satunya yakni terjadi dibagian kaca mobil.Padahal kaca mobil berfungsi untuk melindungi penumpang dan pengendara dari panas dan juga hujan,hal ini tentunya juga sebagai faktor pelindung untuk keamanan dan juga kenyamanan saat berkendara.( Sumber foto : pixabay.com )

faktor-penyebab-timbulnya-jamur-di-kaca-mobil

Penyebab Timbulnya Jamur ( Water Spot ) di Kaca Mobil,Cara Mencuci Mobil Yang Salah Juga Bisa Menjadi Penyebabnya


Berkendara dengan mobil memang akan lebih nyaman karena akan lebih terlindungi dari berbagai perubahan cuaca terutama panas dan hujan.Namun dengan adanya perubahan cuaca justru akan memicu timbulnya jamur pada kaca mobil.Hal ini tentunya akan membuat mobil tampak kotor dan tidak bagus lagi,dan bahayanya juga akan membuat penglihatan pengemudi kurang jelas saat memandang ke jalan karena terganggu dengan kaca mobil yang tidak bersih.

Tidak hanya itu saja,pada saat sobat melakukan perjalanan malam menggunakan mobil dengan kaca kotor berjamur tentunya juga  akan membahayakan keselamatan penumpang dan pengemudinya.Lalu apa saja yang menyebabkan kaca mobil bisa mengalami timbul jamur yang mengganggu,berikut ulasanya.


1.Cara Mencuci Mobil Salah

cara-mencuci-mobil-benar

Sumber foto : pixabay.com

Mencuci mobil jangan dianggap remeh dan tentuya ada teknik tersendiri.Pasalnya jika sobat melakukan pencucian mobil secara asal maka akan beresiko kaca mobil bisa berjamur atau timbul water spot di kendaraan kesayangan.Memang mencuci mobil bisa dianggap hal sepele namun juga akan berdampak buruk untuk tampilan kendaraan.

Salah satunya yakni pada proses pengeringan setelah mobil dicuci,hal ini harus dilakukan secara tepat dan benar.Lakukan pengelapan mobil yang baru saja dicuci / dibilas ( dengan air bersih ) dengan sempurna atau harus benar-benar kering sehingga tidak menimbulkan bercak jamur dari air.


2.Kondisi Mobil & Cuaca Yang Panas

Jangan cuci mobil pada saat kondisi cuaca sedang panas karena hal ini juga akan bisa membuat kaca mobil berjamur.Biasanya akan ada bercak air pada kaca mobil setelah mobil dicuci.Hal ini dikarenakan air saat mencuci mobil akan cepat mengering dan menimbulkan bercak bulat-bulat kecil jamur.

Maka hindari mencuci mobil dalam kondisi mobil masih panas ataupun saat cuaca sedang panas.


3.Kualitas Air

Gunakan air berkualitas untuk mencuci mobil kesayangan.Kualitas air yang buruk juga akan bisa menimbulkan bercak jamur saat mobil selesai dicuci.Maka hindari air yang banyak mengandung kadar kapur dan garam yang tinggi.Misalkan saja pada air tanah yang banyak mempunyai kandungan kapur yang cukup tinggi.Kadar kapur ini akan memicu bercak jamur pada kaca mobil semakin besar.

Tidak hanya itu saja,air tanah juga banyak mengandung unsur lainya seperti unsure garam dan besi kuning yang akan menyebabkan kaca mobil berjamur dan terlihat kusam.Maka sebaiknya gunakan air bersih dari PDAM sehingga kaca mobil akan aman dan jauh dari bercak jamur.


4.Perubahan Cuaca Mendadak

perubahan-musim-hujan-dan-cuaca-tidak-menentu

Sumber foto : pixabay.com

Selain suhu cuaca yang panas dan kualitas air,penyebab lain yang bisa memicu kaca mobil berjamur yakni terjadinya perubahan cuaca yang terus menerus.Misalkan saja saat sobat melakukan perjalanan dengan kondisi cuaca hujan dan tiba-tiba dipertengahan jalan cuaca berubah panas atau cuaca menjadi terik begitu juga dengan sebaliknya.

Dengan adanya perubahan cuaca yang drastis ini maka akan bisa menyebabkan kaca mobil mengalami jamur dan kusam.


5.Parkir di Tempat Lembab

parkir-terlalu-lama-di-tempat-lembab

Sumber foto : pixabay.com

Pada masa pandemic Covid-19 memang sering sekali pemerintah mengadakan PSBB sehingga banyak pembatasan aktivitas,hal ini tentunya juga akan membuat aktivitas berkendara akan jarang dilakukan.Maka tidak heran jika banyak mobil yang terparkir lama karena kurangnya aktivitas berkendara.

Namun sobat harus berhati-hati saat memakirkan lama kendaraannya,karena dengan memakirkan mobil dengan waktu lama dan lembab juga akan memicu terjadinya jamur dikaca mobil.Hal ini dikarenakan akan ada banyak debu dan kotoran yang menempel di kaca mobil.Maka sebaiknya hindari memakirkan mobil ditempat yang lembab dan jika ada debu kotor segera lakukan pembersihan agar tidak menempel lama di kendaraan.


Hal sepele namun akan berdampak pada penampilan mobil salah satunya yakni dengan adanya water spot atau munculnya bercak jamur khususnya dikaca mobil.Maka seperti yang telah kita bahas diatas pahami dan hindari apa yang menjadi penyebab munculnya jamur dikaca mobil.Mulai dari pemilihan air cuci mobil yang tepat hingga teknik cara mencuci kendaraan.

Semoga ulasan penyebab jamur dikaca mobil diatas bisa bermanfaat buat sobat otomotif semua,terima kasih.

Belum ada Komentar untuk " 5 Penyebab Timbulnya Jamur ( Water Spot ) di Kaca Mobil,Cara Mencuci Mobil Bisa Jadi Faktor Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel