8 Komponen Motor Yang Harus diGanti Secara Berkala : Berkendara Aman & Nyaman

OTOSPEEDMAGZ.COM – Tips Perawatan Motor – Mempunyai kendaraan roda dua saat ini sudah seperti kebutuhan pokok saja,bagaimana tidak karena motor sebagai alat transportasi yang sangat efektif dan efisien.Namun agar performa motor tetap terjaga dengan baik tentunya sobat harus melakukan servis secara berkala dengan tertib.( Sumber foto : pxhere.com )

spare-part-komponen-servis-berkala-sepeda-motor

8 Komponen Motor Harus Diperhatikan & Diganti Secara Berkala Agar Berkendara Lebih Nyaman & Aman

Pada saat kita melakukan servis kendaraan roda dua tentunya akan ada beberapa komponen atau spare part yang harus kita ganti dengan masa jangka pendek dan jangka panjang.Pasalnya Komponen / spare part sepeda motor juga mempunyai masa expired dan harus dilakukan penggantian secara berkala.

Resiko jika kita tidak rutin mengganti beberapa komponen motor secara berkala,maka motor akan banyak mengalami kendala saat kita gunakan atau mengurangi kenyamanan.Bahkan jika kerusakan komponen dibiarkan atau sampai aus maka akan berakibat fatal yakni kerusakan motor semakin merambat yang beresiko keselamatan bagi pengendaranya.

Oleh karenanya pergantian komponen motor harus sobat lakukan secara tertib sesuai masa atau usia spare part motor.Jika perawatan sepeda motor dilakukan dengan baik maka kinerja sepeda motor akan selalu prima,terutama pada bagian mesin.Lalu apa saja komponen-komponen sepeda motor yang harus sobat ganti secara berkala,berikut ulasanya.

8 Komponen Motor Harus Diperhatikan & Diganti Secara Berkala : Performa Motor Selalu Prima,Pengendara Lebih Nyaman dan Aman


1. Oli Mesin

Komponen yang satu ini mempunyai peran penting di kendaraan roda dua khususnya bagian mesin.Dengan kondisi oli yang selalu baik dan standar maka kinerja mesin akan lebih optimal karena pelumasan dapur pacu yang sempurna.

servis-berkala-oli-mesin-sepeda-motor

sumber foto : common.wikimedia.org

Dengan penggantian oli mesin secara berkala maka mesin motor akan lebih halus dan akselerasi yang powerfull.Bagian pada mesin juga akan terjaga keawetanya jika oli mesin selalu diganti dengan tertib sesuai berkalanya.

Maka tidak heran jika oli mesin menjadi salah satu komponen utama yang harus selalu sobat perhatikan untuk jadwal penggantianya.Jika penggunaan motor berkisar 20 – 50 Km maka sebaiknya oli mesin diganti setiap +- 2 bulan sekali.Jika motor selalu menempuh jarak lebih dari 50 Km per hari maka sebaiknya oli mesin diganti +- 1 bulan sekali.

Atau bisa juga penggantian oli berdasarkan banyak tempuh kendaraan yakni jika sepeda motor sudah menempuh jarak hingga 3000 - 5000 Km,maka sebaiknya segera mungkin untuk melakukan penggantian oli mesin.


2. Busi

Busi adalah komponen motor yang mempunyai fungsi untuk mematik api untuk proses pembakaran pada mesin kendaraan.Komponen Busi mempunyai bentuk kecil biasanya berwarna putih mengkilat.

servis-berkala-busi-sepeda-motor

sumber foto : pixabay.com

Maka jangan anggap remeh komponen berukuran kecil ini,karena Busi mempunyai peran penting di kinerja motor sobat.Jika kondisi Busi motor kurang maximal atau kotor maka kinerja motor juga akan kurang optimal.

Jika kondisi Busi sudah mulai kotor maka sebaiknya segera bersihkan terlebih dahulu,atau jika perlu sobat sebaiknya melakukan penggantian ke Busi baru.Biasanya penggantian Busi dilakukan jika motor sudah menempuh jarak +- 20.000 Km dan +-50.000 Km.


3. Aki

Tidak adanya AKI pada motor tentunya kelistrikan akan tergantung dari mulai starter motor hingga penerangan lampu motor.Maka selalu cek kondisi AKI motor apakah masih layak digunakan atau tidak terlebih pada jenis AKI Basah.

servis-berkala-aki-sepeda-motor

sumber foto : pixabay.com

Jika sobat menggunakan AKI Basah maka harus sering cek kondisi air AKI apakah masih dibatas aman / standar.Namun jika motor sobat menggunakan AKI Kering maka biasanya pada penggunaaan motor +- 2 tahun sobat harus segera mengganti AKI lama ke baru.

Biasanya usia AKI memang berkisar +- 2 tahun atau 24 bulan ,namun hal ini bisa jadi lebih cepat masa penggantianya jika motor sobat menggunakan aksesoris tambahan yang menggunakan aliran listrik.


4. Lampu Kendaraan

Lampu kendaraan akan sangat dibutuhkan pada saat malam hari maka komponen ini sangat berperan penting yang harus ada di motor sobat semua.Tidak hanya Busi dan Aki saja yang mempunyai batas usia penggunaan,namun lampu kendaraan juga mempunyai jangka waktu batas penggunaan.

servis-berkala-lampu-sepeda-motor

sumber foto : pixabay.com

Tanda lampu motor harus segera dilakukan penggantian yakni jika pencahayaan lampu sudah mulai redup atau bahkan sudah tidak bisa menyala.Maka jika tanda kerusakan lampu ini sudah ada maka sebaiknya secepatnya bohlam lampu motor harus diganti dengan baru.

Dengan kondisi lampu yang masih baik maka kenyamanan saat berkendara di malam hari akan terasa nyaman.Tentunya perjalanan akan semakin nyaman dan aman saat melewati jalan gelap.

Apalagi  untuk lampu REM dan lampu sein yang harus selalu dalam kondisi prima sebagai tanda juga jika kita sedang melakukan pengereman dan saat kita berbelok.Maka resiko terjadinya kecelakaan atau tabarakan motor akan semakin diminimalisir.


5. Kampas rem  

Kampas rem merupakan salah satu komponen keselamatan dalam berkendara.Apa jadinya jika kondisi rem motor sobat blong atau tidak berfungsi,maka resiko kecelakaan parah menjadi lebih besar.Maka jika kampas rem sudah muali aus ( ditandai dengan tidak pakemnya saat melakukan pengeraman ) maka sebaiknya segera untuk diganti dengan kampas rem motor yang baru.

servis-berkala-kampas-rem-sepeda-motor

sumber foto : pixabay.com

Kampas rem motor dilakukan penggantian secara berkala setiap motor sudah menempuh jarak +- 20.000 Km.Dengan kinerja rem motor yang tetap optimal maka keselamatan saat berkendara akan lebih baik.


6. Kampas kopling

Tidak semua motor menggunakan komponen ini terutama untuk motor jenis matic.Karena komponen ini digunakan oleh motor yang mempunyai perpindahan gigi secara manual yakni kopling,seperti pada motor Yamaha R15,Yamaha Vixion,CBR250R,CB150R,dan sejeninsya.

servis-berkala-kampas-kopling-sepeda-motor

sumber foto : gridoto.com

Maka jika motor sobat menggunakan kopling alangkah baiknya jika kampas kopling diganti secara berkala saat melakukan servis rutin dengan mengganti kampas kopling baru.Pasalnya jika kampas koping sudah aus maka sobat akan kesulitan saat melakukan perpindahan gigi.


7. Filter Udara 

Filter udara pada motor mempunyai fungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang bakar dan banyak ditemukan dimotor-motor saat ini.Udara yang masuk kedalam ruang bakar mesin harus benar-benar dalam kondisi bersih agar mesin bekerja optimal.

servis-berkala-filter-udara-sepeda-motor

sumber foto : pxfull.com

Filter udara sendiri sebenarnya bisa digunakan hingga 16.000 Km atau dengan standar pemakaian antara 8.000 Km – 10.000 Km.

Jika filter udara kotor dan tidak maximal maka kemungkinan besar akan mengganggu pembakaran di dapur pacu yakni penyumbatan pada sistem injeksi ataupun karburator.Maka komponen filter udara ini tidak boleh di copot dari motor dan lakukan penggantian secara berkala.


8.Ban Motor

Yang terakhir komponen penting yang harus diganti secara berkala yakni ban kendaraan,apalagi jika sobat sering melewati medan yang kurang baik atau berat.Jika kondisi ban sudah terlalu tipis maka kemungkinan besar akan terjadi resiko ban meledak hingga mudah kempis.

servis-berkala-ban-sepeda-motor

sumber foto : pixabay.com

Biasanya penggantian ban kendaraan dilakukan setiap 1,5 tahun hingga 2 tahun pemakaian bahkan ada yang lebih ( tergantung jarak yang di tempuh,kondisi jalan dan beberapa faktor lain yang mempercepat usia ban ).

Jika penggunaan ban kendaraan sudah aus dan tidak segera dilakukan penggantian maka akan berakibat resiko bahaya saat berkendara,terutama saat sobat berkendara dengan kecepatan tinggi.


Dengan selalu memperhatikan komponen-komponen kendaraan bermotor yakni dengan melakukan servis rutin dan penggantian spare part secara berkala maka tingkat kenyamanan dan keamanan saat berkendara akan semakin baik.Tidak hanya itu saja,performa kendaraan juga akan terjaga secara optimal selalu.Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat sobat otomotif semua.

Sumber referensi : Ahass Honda motor 

Belum ada Komentar untuk "8 Komponen Motor Yang Harus diGanti Secara Berkala : Berkendara Aman & Nyaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel