5 Langkah & 7 Tips Mencuci Motor Sendiri,”Hasil Tidak Kalah Dengan Jasa Pencucian Motor Berbayar”

OTOSPEEDMAGZ.COM – Cucilah motor dengan menggunakan rekomendasi sabun motor terbaik untuk mendapatkan hasil maximal serta terlihat mengkilap.Pasalnya saat memasuki musim penghujan pastinya motor kesayangan akan lebih mudah dan sering kotor.Jika mencuci motor harus selalu ke jasa pencucian motor tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit,maka bisa kita siasati dengan mencuci motor sendiri dengan langkah mudah.( Sumber foto : pixabay.com )

tips-dan-langkah-cuci-motor-sendiri-menggunakan-sabun-cuci-motor-terbaik

5 Langkah Mudah & 7 Tips Mencuci Motor Sendiri Menggunakan Sabun Cuci Motor Terbaik,”Hasil Tidak Kalah Dengan Jasa Pencucian Motor Berbayar”

Dengan kita mencuci motor sendiri,sobat juga bisa mendeteksi beberapa kerusakan ringan seperti rantai kendor,baut yang tidak terpasang kencang,dan masih banyak lainya.Belum lagi dengan kebiasaan jasa pencucian motor yang membersihkan motor kita secara terburu-buru ( tidak semua penyedia jasa cuci motor ) hasil akan kurang optimal.Padahal jika kita mencuci motor sendiri dengan langkah yang benar  dan menggunakan sabun cuci motor terbaik,hasilnya juga tidak akan kalah dengan tempat pencucian motor.

Oleh karenanya kali ini kita akan berbagi tips dan beberapa langkah mudah cara mencuci motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus selalu ke tempat jasa pencucian motor berbayar.Selain itu dana yang seharusnya kita keluarkan untuk membayar di tempat cuci motor bisa kita gunakan untuk membeli sabun cuci motor terbaik dan alat-alat cuci motor lainya yang bisa setidaknya bisa digunakan untuk beberapa kali.


5 Langkah Mencuci Motor Sendiri Dengan Mudah & Benar Menggunakan Sabun Cuci Motor Terbaik ,Motor Bisa Bersih Maximal & Mengkilap

1.Biarkan Mesin Dingin Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus sobat lakukan sebelum mencuci motor sendiri yakni menunggu agar kondisi mesin motor dalam keadaan dingin dulu.Jangan terbiasa menyemprotkan air saat kondisi mesin motor masih panas yang bisa merusak blok mesin karena perubahan suhu yang terlalu drastis.

Selain itu jika sobat mencuci motor dalam keadaan mesin sudah dingin juga akan mengurangi resiko kulit sobat terkena panas mesin dan panas knalpot motor.Maka pastikan sebelum mulai mencuci motor sendiri ,pastikan suhu mesin sudah dingin.

2.Cuci Rantai Terlebih Dahulu Dengan Degreaser ( Jika motor menggunakan rantai )

Rantai merupakan salah satu bagian motor yang biasanya banyak mengandung minyak dan kotoran debu akan mudah menempel.Biasanya kotoran yang menempel pada rantai berwarna hitam,berminyak cukup sulit dihilangkan.

Untuk membersihkan rantai motor sebaiknya sobat juga menggunakan pembersih khusus rantai atau degreaser.Cairan ini biasanya bisa sobat beli di bengkel-bengkel terdekat khusus otomotif.Harga degreaser ini bisa sobat beli mulai dengan harga 30 ribu hingga 100 ribu-an.

Degreaser adalah sebuah larutan kimia yang mampu melunakan dan membersihkan kotoran.Setelah cairan ini disemprotkan lalu usap menggunakan kain lap.Dengan kita membersihkan rantai motor yang kotor terlebih dahulu maka kotoran yang mengandung minyak tidak akan terciprat ke area lain di motor yang sedah dibersihkan.

3.Bersihkan Bagian Mesin & Kaki- Kaki Motor

Setelah bagian rantai bersih selanjutnya kita membersihkan bagian mesin hingga ke celah-celahnya.Untuk membersihkan celah blok mesin bisa menggunakan sikat gigi bekas yang digosok secara perlahan.

Membersihkan mesin motor bisa dilakukan dengan mudah dan menggunakan sabun yang murah pula.Alat dan bahan yang perlu disiapkan yakni sikat gigi bekas,lap,dan sabun untuk mencuci blok mesin seperti sabun deterjen,sabun cuci piring,atau campuran bensin,sabun cuci piring atau blau yang merupakan  bahan aktif baking soda mengandung natrium bikarbonat ( pilih salah satu ) dan sedikit amplas.

Sikat bagian blok mesin dengan hati-hati / pelan dengan campuran bahan sabun yang sudah disebutkan,namun pastikan jangan sampai terkena ke bagian bodi motor karena bisa rusak.Jika bagian mesin sulit disikat maka bisa sobat gunakan amplas secara pelan untuk menghilangkan kotoran yang membadel menempel dibagian blok mesin motor.Sedangkan untuk membersihkan bagian kaki-kaki motor sobat bisa menggunakan sabun cuci piring.

4.Bersihkan Bodi Motor Dengan Sabun Motor Terbaik

Setelah bagian-bagian terkotor dan tersulit yakni rantai dan mesin sudah bersih maka selanjutnya kita membersihkan bagian bodi motor.Gosoklah bagian bodi motor menggunakan spons halus atau bisa juga kain yang lembut.

Caranya cukup mudah,celupkan spons atau kain lembut ke dalam air didalam ember lalu usapkan secara perlahan ke semua bagian bodi motor.Jangan lupa usap bagian lekukan bodi motor secara pelan dan cermat.Gunakalah sabun cuci motor terbaik seperti KIT,WAXCO,SABUSA,dll untuk mendapatkan hasil cuci terbaik.

Dengan sabun cuci motor yang tepat maka cat bodi akan lebih awet,cat tidak pudar dan warna motor tentunya akan lebih terlihat mengkilap.

5.Lap Sisa Air & Pastikan Motor Kering

Dengan menggunakan kain mikrofiber atau chamois atau bisa juga canebo kering sobat usapkan dengan perlahan dan lembut ke bagian bodi motor.Cara ini untuk menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel di bagian motor yang bisa meninggalkan bekas jika motor sudah kering.

tips-dan-langkah-mudah-cuci-motor-sendiri-menggunakan-sabun-cuci-motor-terbaik
Sumber foto : pixabay.com
Ilustrasi Bagian Motor Yang Mudah Kotor & Berminyak


Hindari 7 Kesalahan Berikut Ini Saat Mencuci Motor Sendiri ,Agar Motor Semakin Awet dan Bersih Mengkilap

1.Hindari Mencuci Motor Dengan Kondisi Mesin & Knalpot Masih Panas

Mencuci motor saat mesin dan knalpot masih panas maka bisa mengakibatkan komponen ini cepat rusak karena perubahan suhu yang terlalu cepat dan signifikan.Tidak hanya itu saja,hal ini juga bisa membahayakan sobat karena mempunyai resiko kulit terkena komponen yang masih panas dan bisa melepuh.

2.Hindari Rantai Motor Di Semprot Menggunakan Air Bertekanan Tinggi

Jangan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke bagian rantai motor karena bisa merontokan / menghilangkan pelumas rantai yang bisa membuat kinerja kurang maximal.Bersihkan bagian rantai dengan air yang mengalir pelan dan biarkan kotoran hilang dengan sendirinya.

Selain itu jika rantai terkena air dan pelumas sampai hilang maka bisa menyebabkan rantai cepat berkarat dan bisa menyebabkan mudah putus.Jika dirasa rantai sudah bersih dan pelumas kurang maka bisa sobat tambahkan pelumas khusus rantai motor.

3.Hindari Air Berlebihan Saat Menyiram Blok Mesin

Memang terlihat sepele untuk hal ini,namun juga harus diperhatikan agar tidak menyiram air secara berlebihan ke bagian blok mesin saat mencuci motor.Karena sifat air yang mampu menembus celah sekecil apapun bisa juga mengakibatkan air bisa masuk ke dapur pacu,alhasil motor bisa menyebabkan motor mudah mogok.

4.Hindari Mengawali Mencuci Motor Pada Bagian Bodi Terlebih Dahulu

Mencuci motor yang benar yakni dahulukan membersihkan dahulu pada bagian bawah seperti ban,pelek,mesin dan knalpot kemudian baru bagian bodi.Semprotkan air secara perlahan dengan tekanan sedang ke sisi bodi motor.Jika membersihkan bodi di awal mencuci bisa beresiko tergoresnya bodi.

5.Bedakan Spons atau Canebo atau Kain Lap Saat Mencuci / Membersihkan Bagian Bawah dan Bodi

Sebaiknya saat mencuci bagian bodi gunakan spons atau canebo atau kain halus yang berbeda dengan yang digunakan untuk mencuci / mengelap mesin.blok dan pelek.Dengan membedakan canebo atau kain untuk sisi bodi dan mesin maka akan terhindar dari goresan akibat kotoran yang masih menempel pada lap pencuci.

6.Hindari Mencuci Bodi Motor Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Sabun pencuci piring mempunyai bahan cleaning agent yang mampu merontokan kotoran dan minyak membandel.Jika ada pertanyaan diatas maka jawabanya yakni sabun cuci piring bisa digunakan untuk mencuci motor namun untuk bagian mesin,velg, spraket gear dan juga kaki-kaki.

Hindari menggunakan sabun cuci piring untuk memcuci bagian bodi karena bisa mengakibatkan white spot ( bintik putih ),cat motor akan terlihat kusam dan juga akan beresiko merusak lapisan cat.

7.Hindari Mencuci Bodi Motor Menggunakan Shampo Rambut

Banyak yang mengira jika shampo rambut bisa digunakan untuk untuk mencuci motor dengan hasil baik,namun sebenarnya itu salah.Hal ini dikarenakan shampo tidak mempunyai bahan berteknologi proteksi wax yang mampu melindungi bodi motor dari pengaruh paparan sinar matahari.

Shampo juga bisa menyebabkan bodi motor tidak mengkilap atau menjadi kusam,hal ini karena lapisan pernis pada cat bodi akan mudah terkikis.Maka sebaiknya gunakan sabun cuci motor terbaik yang memang diformulasikan khusus untuk mencuci motor.


Kendaraan akan nyaman dan juga enak dipandang jika kondisinya bersih dan mengkilap.Tentunya hal ini membutuhkan perawatan yang benar dalam hal mencuci kendaraan.Mencuci motor dengan langkah yang benar serta mengetahui apa yang harus dihindari maka motor akan terlihat bersih,mengkilap dan lebih awet ( baik bodi,kaki-kaki hingga bagian blok mesin ).

Dengan mencuci motor sendiri maka sobat akan lebih menghemat keuangan dan dana yang seharusnya diberikan ke jasa pencucian bisa dialihkan untuk membeli sabun cuci motor terbaik dan alat pendukung lainya.Namun jika sobat tidak mempunyai waktu dan tenaga maka barulah bisa bawa motor kesayangan ke jasa tempat pencucian motor terbaik agar kendaraan tetap bersih dan nyaman.

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah & 7 Tips Mencuci Motor Sendiri,”Hasil Tidak Kalah Dengan Jasa Pencucian Motor Berbayar”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel