Cara Pasang Aki Mobil Yang Benar & Mudah,Jika “TERBALIK” Beresiko “MERUSAK” Komponen Mobil & “MEMBAYAKAN”

OTOSPEEDMAGZ.COM – Cara pasang AKI mobil dengan benar tentunya wajib diketahui setiap pemilik kendaraan.Pasalnya komponen AKI adalah satu penyimpan dan juga cadangan listrik utama pada kendaraan untuk memenuhi semua kebutuhan arus kelistriktrikan pada kendaraan.Jika AKI mengalami kerusakan tentunya akan menghambat kelancaran dan kenyamanan dalam mobilitas saat berkendara.

Dengan kita mengetahui cara pasang AKI mobil yang benar,jika kita harus mengganti AKI sendiri maka setidaknya kita sudah paham.Misalkan saja kita mengalami AKI tekor dan mobil tidak bisa dinyalakan,maka setidaknya kita bisa membongkar AKI sendiri untuk dilakukan pengecekan ataupun Re-Charge AKI dibengkel terdekat ataupun dilakukan penggantian AKI baru sendiri.

Langkah-langkah melepas dan memasang AKI mobil sebenarnya cukup mudah dan sederhana,namun ada beberapa tahapan yang tidak boleh sobat dilakukan terbalik.Jika tahapan melepas dan memasang AKI mobil terbalik,maka akan ada kemungkinan beresiko merusak komponen dalam kendaraan hingga membahayakan.

Mengingat pentingnya fungsi dari AKI mobil,maka kali ini kita akan membahas tentang tahapan cara lepas AKI lama untuk dilakukan penggantian AKI baru,membersihkan karat  pada kutub AKI,dan cara memasang AKI baru.( Sumber foto : wikimedia.org )

cara-pasang-aki-mobil-dengan-benar-dan-aman

Berikut 3 Tahapan Cara Pasang AKI Mobil dengan Benar,Aman & Mudah


1.Cara Lepas AKI Mobil Yang Benar  “ Jangan Sampai Terbalik Saat Melepas Kabel AKI,Beresiko Bahaya & Merusak

Langkah pertama yang harus sobat lakukan jika ingin mengganti AKI lama atau Re-Charge AKI yakni melepas dahulu AKI yang bermasalah / lama.Melepas kabel AKI di setiap kutub juga tidak boleh asal,karena ada langkah yang benar agar tidak berpotensi merusak komponen elektrik lainya.

Lepaslah kabel KUTUB NEGATIF terlebih dahulu dengan mengendorkan baut,kemudian baru melepaskan kabel KUTUB POSITIF ( jangan sampai terbalik ).Hal yang harus diingat yakni “setiap melepas AKI maka kabel NEGATIF dahulu” agar komponen kendaraan lainya aman.

Karena jika melepas kabel POSITIF dahulu,dan dengan tidak sengaja menjatuhkan alat kerja kebagian tersebut maka bisa mengakibatkan konsleting atau hubungan arus pendek dan tentunya berbahaya.Karena kondisi AKI masih tersambung dan masih ada arus / belum terputus.

Namun jika kabel NEGATIF yang di lepas terlebih dahulu,maka aliran arus listik otomatis akan terputus.Jika sudah terlepas semua baut dan klem dari kutub AKI,baru angkat AKI secara perlahan dan tegak,untuk menghindari tumpahnya cairan AKI.


2.Lakukan Pembersihan Ujung Kabel & Kutub AKI yang Berkarat / Kotor

Jika AKI sudah diangkat,maka selanjutya cek keadaan klem / baut kabel AKI,jika terjadi karat atau terdapat kotoran maka segera lakukan pembersihan ( jika berkarat bisa menggunakan cairan pembersih karat  atau alat tambahan lain untuk menghilangkan karat pada kabel ).

Jika AKI lama masih bisa di Re-Charge lagi dengan menambah air AKI dan arus,maka keadaan kutub AKI yang juga harus bersih.Namun hal ini harus dipastikan dengan alat yang valid agar output tegangan AKI benar-benar sesuai dengan kebutuhan arus untuk kendaraan.

cara-ukur-tegangan-aki-mobil

sumber foto : bacabrosur.blogspot.com

Jika AKI dilakukan Re-Charge maka harus diperhatikan besar tegangan yakni : “AKI normal mempunyai VOLTASE sebesar 12 – 12,5 Volt,untuk menstarter mobil diperlukan minimal 11,5 Volt”.

Jika karat atau kotoran pada kabel AKI tidak dibersihkan maka akan menghambat aliran arus listrik ke semua perangkat elektronik dalam kendaraan ( seperti motor starter,AC,dll ).Hal juga bisa memungkinkan turunnya performa kendaraan dan berkurangnya kenyamanan saat berkendara.


3.Cara Pasang AKI Baru Mobil dengan Benar

Setelah Memastikan apakah AKI lama mau dipakai kembali ( setelah dicek dengan benar ) atau mengganti AKI lama dengan baru,maka selanjutnya sobat harus melakukan langkah memasang AKI mobil dengan benar.

cara-mengganti-aki-baru-mobil

sumber foto : common.wikimedia.org

Cara memasang kembali AKI mobil cukup mudah,pertama letakan AKI pada tempat-nya dengan posisi  tegak lurus.Setelah dipastikan tepat dan tidak goyah ( biasanya ada pengunci AKI ),maka selanjutnya tinggal memasang kabel positif dan negative.

Memasang kabel AKI langkahnya kebalikan dengan melepas kabel AKI,yakni pasang terlebih dahulu KABEL KUTUB POSITIF dahulu baru kemudain KABEL KUTUB NEGATIF.Hal ini untuk menghindari resiko bahaya jika ada potensi percikan api terutama di Kutub Positif.

Setelah semua terpasang ( baik kabel positif & negative ) selanjutnya pastikan semua klem dan baut sudah terkunci dengan tepat dan benar.Maka langkah selanjutnya sobat menyalakan mesin kendaraan ( dengan kondisi kap mesin jangan ditutup terlebih dahulu ).

Jika semua sudah lancar dan tidak ada hal yang mengganjal maka barulah tutup kap mesin,maka kendaraan telah siap dikendarai lagi.

Itulah 3 tahapan cara pasang aki mobil dengan benar,aman dan mudah dilakukan,bisa sobat lakukan jika mengalami permasalahan pada AKI mobil.Dengan sobat bisa paham yang benar cara melepas,membersihkan / mengganti,hingga memasang AKI mobil maka setidaknya kita tidak perlu membawa mobil ke bengkel untuk penggantian AKI.

Pasalnya AKI merupakan komponen vital yang harus selalu normal dalam mensuplay arus listrik.AKI yang bermasalah juga bisa membuat mesin tidak optimal / kurang stabil,performa mesin menurun,hingga menyebabkan mesin kendaraan tidak bisa dinyalakan.


Sumber referensi : daihatsu.co.id & gridoto.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Aki Mobil Yang Benar & Mudah,Jika “TERBALIK” Beresiko “MERUSAK” Komponen Mobil & “MEMBAYAKAN”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel