Perbedaan Mobil Jenis SUV & MPV,Jangan KELIRU ya..?

OTOSPEEDMAGZ.COM – Mobil Low-MPV & SUV di Indonesia saat ini sangat digemari oleh masyarakat,karena kedua model mobil ini mempunyai kelebihan yang bisa menjawab apa yang dibutuhkan konsumen.Maka tidak salah jika penjualan mobil seperti Xpander,Avanza,Xenia hingga Fortuner & Pajero masih sangat potensial.

SUV atau Sport Utility Vehicle yang berari Kendaraan Utilitas Sport yang tentunya akan mampu menjelajah banyak tipe medan.Sedangkan MPV adalah Multi Purpose Vehicle,sebagai kendaraan yang memang dirancang untuk mobil keluarga.Yang paling menarik yakni,kedua model ini sama-sama mampu menampung 5 hingga 7 orang penumpang.

Bukan hanya desain dan spesifikasi saja yang handal,namun SUV & MPV keluaran terbaru 2022 sudah banyak mengalami perubahan yang sangat baik.Secara desain kini lebih modern,fitur lebih canggih dan performa mesin juga makin tangguh dan efisien.

Perbedaan Mobil Jenis SUV & MPV Beserta Kategori

Perbedaan-&-kategori-Mobil-Jenis-suv-&-mpv

Lalu apa perbedaan dari kedua model ini,berikut Perbedaan mobil jenis SUV dan MPV yang tentunya sangat perlu sobat ketahui.Namun sebelumnya sobat perlu ketahui dulu kategori dari masing-masing mobil SUV dan MPV.


Kategori SUV ada 3 macam yakni :

Compact SUV adalah mempunyai kursi 4 penumpang dengan desain crossover yang sangat kental,sebagai contoh adalah Honda HR-V.

Medium SUV adalah model kedua ini biasanya sudah menggunakan kursi penumpang yang lebih banyak,sebagai contoh Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Big SUV adalah mobil yang biasanya digunakan untuk melewati banyak medan berat dan juga mempunyai ukuran bodi yang besar,sebagai contoh Pajero Sport dan Fortuner.

Contoh mobil SUV diantaranya :

  • Suzuki Grand Vitara
  • Toyota Fortuner
  • Mitsubishi Pajero Sport
  • Honda CR-V
  • Toyota Land Cruiser
  • Toyota Rush
  • Mazda CX-9
  • Mercedes-Benz Kelas-GLE


Kategori MPV ada 3 macam :

Low-MPV adalah mobil dengan bodi tidak terllau besar dengan berbekal fitur yang standard an tidak terlalu tinggi.Namun mobil ini mampu mendukung aktivitas harian dengan konsumsi BBM yang irit,sebagai contoh Calya,Xenia dan Avanza.

Medium MPV adalah mobil yang mampu menampung banyak penumpang dengan level lebih tinggi dari Low-MPV.Biasanya akan dibekali dengan fitur yang lebih canggih dan bodi yang lebih besar seperti Toyota Innova,Honda BR-V,dan Mobilio.

Premium MPV adalah mobil keluarga kelas paling tinggi ,dengan berdimensi besar dan mempunyai interior yang kelas wahid.MPV ini juga mempunyai banderol harga yang tinggi hingga milyaran rupiah,seperti Toyota ALphard dan Hyundai H-1.

Contoh Mobil MPV :

  • Toyota Alphard
  • Toyota Kijang Innova
  • Mitsubishi Xpander
  • Toyota Calya
  • Honda Mobilio
  • Wuling Confero
  • Suzuki Ertiga
  • Toyota Avanza
  • Nissan Serena


Perbedaan Mobil Jenis SUV dan MPV

Desain yang semakin maju dan sama-sama gagah,membuat perbedaan mobil SUV dan MPV tentunya tidak mudah bagi sebagian orang.Kedua kini sama-sama bisa menampung 7 orang penumpang.

Secara sederhana,mobil SUV kebanyakan mempunyai desain sporty ,baik dari desain body,performa mesin hingga ketinggian ground.Mobil ini secara umum dirancang lebih tangguh untuk bisa menjelajah berbagai macam medan.


Bentuk Body Mobil 

Dari bentuk saja sebenarnay sudah cukup kelihatan.SUV mempunyai tampilan lebih sporty dan tangguh,serta tentunya mempuyai ukuran ground clearance yang cukup tinggi yakni +- 200 mm.

Begitu juga dengan ukuran ban yang bisasanya juga lebih besar,yang didukung dengan ukuran velg yang lebih besar pula.Dengan ukuran velg berkisar 15 inc,tentunya juga akan semakin menambah kesan kuat.

Sedangkan untuk MPV biasanya juga hampir sama,Cuma desain bodi mempunyai aura lebih halus dan elegan.Mobil MPV mempunyai sosok kendaraan yang bisa memberikan kenyamanan bagi keluarga saat berkendara.

Mobil MPV dengan ukuran velg dan ground clearance standar,maka akan cocok jika dipergunakan sebagai mobil perkotaan.


Jumlah Kursi Penumpang

SUV biasanya memang hanya menawarkan kursi 2 baris atau 4 seat saja.Berbeda dengan MPV yang memang didesain bisa menampung hingga 3 baris penumpang,serta ruang interior yang lebih lapang.Namun saat ini juga banyak SUV yang sudah menawarkan kursi hingga 7 seat.


Performa Tenaga dan Konsumsi Bahan Bakar

Mobil SUV akan dibekali dengan kapasitas mesin yang lebih besar dan gahar.Hal ini untuk mendukung saat pengendara melaju di medan berat.Kapasitas mesin mobil SUV biasanya lebih dari 1500cc,hal ini untuk mendapati keluaran tenaga yang lebih besar.

Maka jangan heran jika mesin SUV mempunyai konsumsi BBM yang lebih boros dibandingkan MPV.Penggerak mesin pada SUV juga turut menyumbang kenapa bahan bakar menjadi boros dibandingkan MPV.


Fitur Fasilitas

Karena SUV banyak digunakan pada medan berat dan ekstrem,maka biasanya perusahaan akan lebih banyak memberikan fitur canggih.Fitur ini sangat berguna untuk lebih meningkatkan keselamatan dan keamanan pengguna SUV.

Sedangkan untuk mobil keluarga atau MPV ,akan lebih diprioritaskan untuk meningkatkan kenyamanan keluarga. 


Harga

Secara harga,mobil SUV dan MPV juga tentunya berbeda karena memang SUV biasanya akan mempunyai banyak fitur unggulan dan biasanya masuk ke daftar mobil premium.


Sekian beberapa ulasan singkat tentang beberapa perbedaan antara mobil model SUV dan MPV yang tentunya sebaiknya sobat ketahui.Semoga bisa menambah wawasan sobat otomotif semua,dari mulai kategori MPV dan SUV hingga perbedaan dari keduanya.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Mobil Jenis SUV & MPV,Jangan KELIRU ya..?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel