Tren Mobil Listrik Murah Di Indonesia,Simak Dulu 7 Kelebihan & 5 Kekuranganya.!

OTOSPEEDMAGZ.COM – Tren Otomotif 2020 – Menuju akhir tahun 2020 dengan kondisi masih diselimuti pandemi Covid-19,perusahaan otomotif tidak lekas berhenti untuk mengembangkan dan menciptakan berbagai inovasi terutama di bidang teknologi otomotif.Hal ini dilakukan untuk mendukung menciptakan lingkungan yang bersih dan lebih ramah untuk kehidupan manusia khususnya kesehatan.Dan salah satu solusi untuk mengurangi dampak polusi dari udara kotor yakni dengan beralih ke kendaraan listrik atau hybrid.

mobil listrik murah indonesia-dan-kelebihan mobil listrik

Dengan adanya surat sertifikasi uji tipe atau ( SRUT) untuk kendaraan berbasis listrik yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) (sampai September 2020,referensi Kompas.com ),tentunya impian untuk bisa mempunyai mobil listrik murah Indonesia telah didepan mata.Desain dan spesifikasi mobil listrik memang cukup menarik di mata masyrakat.Bentuk bodi mobil listrik lebih terlihat futuristik dengan banyak fitur berteknologi canggih serta performa mesin yang tidak kalah handal dan sangat ramah linkungan.

Bisa dibilang untuk tren mobil 2020 sudah akan dimulai berpindah dari kendaraan BBM ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan yakni hybrid dan mobil listrik sepenuhnya.Mobil yang sepenuhnya digerakan dengan tenaga dari listrik tanpa mengeluarkan emisi gas buang.Sedangkan untuk mobil type hybrid masih menggunakan BBM dengan kadar emisi gas buang yang lebih sedikit,dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien tentunya.


Kelebihan dan Kekurangan Tren Mobil Listrik Murah Di Indonesia 

Memang untuk mobil listrik masih mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan selain yang sudah dibahas diatas.Lalu apa saja plus minus jika kita menggunakan mobil listrik yang akan menjadi tren mobil 2020 dan kedepanya,simak ulasan berikut ini.


7 Kelebihan Dari Mobil Listrik


1.Minim Akan Emisi CO2 & CO

Mobil listrik dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil konvensional ( berbahan bensin ataupun solar ).Pasalnya mesin kendaraan yang menggunakan suplay bahan bakar jenis petrol ataupun solar akab cenderung lebih banyak menghasilkan emisi gas buang yakni CO & CO2.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan tenaga listrik karena tidak akan mengeleuarkan emisi gas buang CO & CO2 yang beresiko buruk dan tidak ramah lingkungan.


2.Hemat Biaya

Mobil listrik akan cenderung lebih hemat biaya dalam perawatan dan juga biaya bahan bakarnya.Pasalnya untuk mobil litrik tidak memerlukan untuk membeli BBM namun hanya mengisi Baterai saja.Sedangkan untuk perawatan mobil listrik yang efisien yakni pada pelumas mesinnya,karena mobil listrik tidak memerlukan minyak pelumas pada mesinnya.

Memang untuk banderol harga mobil listrik untuk saat ini masih terhitung mahal dibandingkan harga mobil konvensional.Namun jika dihitung secara jangka panjang,maka dengan membeli mobil listrik merupakan salah satu keputusan tepat karena akan lebih hemat biaya kedepanya.


3.Suara Mesin Lebih Tenang

Kelebihan yang paling ketara yakni dari suara mesinnya.Mobil konvensional biasanya mempunyai suara mesin yang cukup keras apalagi untuk mesin mobil jenis diesel.Berbeda dengan mobil listrik yang hanya menggunakan motor listrik,sehingga akan menciptakan suara mesin yang lebih halus dan tenang.

Maka akan sangat mendukung sekali kenyamanan baik saat pertama kali menyalakan mesin hingga untuk keperluan perjalanan jauh,tentunya dengan kondisi mesin yang lebih tenang tanpa suara bising.


4.Konversi Energi Lebih Baik

Mobil listrik mampu mengkonversi energy hingga +-60%  dari energy listrik ke roda kendaraan.Sedangkan untuk mobil jenis konvensional hanya mampu mengkonversi energy  berkisar +-20% dari energy yang didapat dari bahan bakar ( bensin / solar ) menjadi energy listrik hingga ke roda.

Dari situlah terlihat jika besar tenaga yang bisa dihasilkan oleh mobil listrik akan lebih besar dibandingkan mobil konvensional.Dan tentunya proses pembakaran tenaga pada mesin akan lebih efisien dan optimal.


5.Penggunaan Teknologi Terbaru

Telah dibahas diatas jika energy mobil listrik terkonversi lebih baik,selain itu teknologi baru yakni Intelligent Transport System (ITS) telah ditanamkan untuk mendukung performa mobil.Maka dari itu jika bermanuver dan melaju dengan kecepatan tinggi,mobil listrik akan lebih bertenaga karena memang didukung dengan hasil torsi yang baik.


6.Kemanan Berkendara Semakin Terjamin

Mobil listrik memang untuk Negara Indonesia masih dianggap kendaraan dengan penerapan teknologi baru.Namun meskipun dianggap sebagai mobil jenis baru,sudah banyak rangkaian pengujian telah dilakukan oleh beberapa merk kendaraan yang sama dengan pengujian mobil konvensional.

Salah satu contoh fitur keamanan pada mobil listrik yakni pada fitur airbag,jika kantong udara ini terbuka karena kecelakaan maka secara otomatis aliran listrik akan terputus dari Baterai mobil.Dengan terputusnya sumber daya listrik mobil ( Baterai ),maka resiko kecelakaan yang lebih parah akan minim.

Tidak hanya itu saja,dengan adanya penggunaan Intelligent Transport System (ITS),maka sistem keamanan juga semakin mantap karena mobil akan berhenti sebelum terjadi benturan / kecelakaan.


7.Kemudahaan Mengisi Daya

Mobil listrik menggunakan baterai untuk pendukung daya lajunya / penggeraknya.Nantinya pasti akan ada kemudahaan dalam pengisian baterai di pos bahkan bisa dilakukan dirumah sendiri ( dengan menyesuaikan besar daya listrik dan tipe kabel+port-nya.


Baca Juga : 6 Pilihan Asuransi Mobil Terbaik Paling Rekomended



5 Kekurangan Dari Mobil Listrik


1.Membutuhkan Waktu Cukup Lama Untuk Pengisian Baterai

Mengisi daya baterai dengan dengan listrik memang membutuhkan waktu dan tidak bisa instans secepat sobat mengisi tangki BBM kendaraan di POM Bensin.Hal ini terlihat dari salah satu contoh mobil besutan Nissan,pengisian daya hingga mencapai 80% pada Nissan LEAF membutuhkan waktu +- 40 menit ( dengan kondisi stasiun untuk Pengisian Cepat 480V DC ,hitungan isi baterai 40kWh ).

Apalagi jika baterai mobil listrik mempunyai daya yang lebih besar hingga 62 kWh,tentunya akan memerlukan waktu isi daya yang lebih lama lagi.Belum lagi jika rumah kita menggunakan daya listrik standar 120V,maka waktu pengisian mungkin membutuhkan semalam-an untuk bisa terisi penuh baterai-nya.


2.Harga Baterai Mahal

Memang untuk biaya perawatan dan juga kebutuhan bahan bakar lebih terjangkau,namun untuk banderol harga baterai mobil listrik masih cenderung dipatok harga mahal.Namun untuk daya tahan atau masa usia baterai mobil listrik diklaim mampu bertahan hingga +- 1 dekade atau +- 10 tahun.

Maka tidak heran jika harga komponen penting ini dilabel dengan harga tinggi,karena memang mempunyai daya tahan dan usia lama.Namun ada juga masa baterai mobil listri hanya berkisar +- 3 tahun saja,tergantung dari pabrikan yang memproduksinya.


3.Berpenumpang Sedikit

Kebanyakan mobil listrik Indonesia masih berukuran atau berdimensi kecil,sehingga untuk kapasitas penumpang atau jumlah tempat duduknya hanya diperuntukan untuk 2 orang saja.Maka mobil listrik masih kurang maximal jika digunakan sebagai kendaraan keluarga.


4.Jarak Tempuh dan Kecepatan Terbatas

Kecepatan dan juga jarak yang bisa ditempuh mobil listrik masih terbilang terbatas.Mobil listrik kebanyakan hanya mampu menempuh jarak sejauh 50 hingga 100 KM ( 80 Km sd 160 Km ) dan harus diisi ulang / charge baterai lagi.Maka untuk perjalanan jauh mobil listrik kurang direkomendasikan,namun ada kemungkinan kedepan akan perbaikan teknologi sehingga mampu menempuh jarak yang jauh seperti mobil konvesional.


5.Stasiun Pengisian Baterai Masih Jarang / Kurang

Meskipun nantinya Pos pengisian baterai mobil listrik bisa dilakukan dirumah,namun untuk saat ini masih kurang banyak atau jarangnya stasiu pengisian baterai.Dan dimungkinkan juga ,jika kedepan mobil listrik sudah menjadi mobil masal dan dipakai banyak orang,tidak khayal untuk stasiun pengisian baterainya akan diperbanyak seperti halnya POM Bensin saat ini.


Baca Juga : 10 Juta Dapat 10 Pilihan Mobil Bekas Ini


Itulah beberapa uraian mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang menjadi salah satu tren kedepan di bidang otomotif. Meskipun mobil listrik syarat akan teknologi canggih dan terbaru,namun tentunya tidak akan lepas dari kekurangan.Semoga bisa bermanfaat dari artikel mobil listrik ini,sekian dan terima kasih.

Sumber referensi : otosia.com,seva.id,carsome.id,kompas.com,carmudi.co.id

Belum ada Komentar untuk "Tren Mobil Listrik Murah Di Indonesia,Simak Dulu 7 Kelebihan & 5 Kekuranganya.!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel